Kenapa Aplikasi Google Maps Tidak Bisa Dibuka? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Mengapa Google Maps tidak bisa dibuka? Pertanyaan ini sering muncul bagi mereka yang menghadapi masalah dengan aplikasi ini di ponsel. Padahal, Google Maps sangat penting bagi mereka yang sering berpergian ke lokasi baru.

Fungsinya sebagai penunjuk arah yang jelas membuat Google Maps sangat berguna untuk menemukan alamat. Namun, seringkali masalah muncul, salah satunya adalah ketidakberfungsian Google Maps. Berikut adalah beberapa penyebab umum dan cara mengatasi masalah tersebut.

Penyebab dan Cara Mengatasi Aplikasi Google Maps Tidak Bisa Diakses

Kenapa Aplikasi Google Maps Tidak Bisa Dibuka

Masalah tidak bisa mengakses aplikasi atau website Google Maps sering kali membuat pengguna bingung harus berbuat apa, ntah karena ketidaktahuan atau memang malas. Tapi, kalau masalah ini sudah sering terjadi, sebagai pengguna tentu saja harus melakukan sesuatu agar masalah seperti ini tidak terjadi lagi.

Berdasarkan hal tersebut, Calonpengangguran akan memberikan beberapa penyebab beserta cara mengatasi Google Maps error sebagai berikut.

1.    Koneksi Internet Bermasalah

Salah satu alasan mengapa Google Maps tidak berfungsi di ponsel adalah masalah dengan koneksi internet. Google Maps memerlukan koneksi internet yang stabil untuk beroperasi, dan kestabilan ini sangat memengaruhi akurasi penunjuk arahnya.

Jika jaringan internet tidak stabil, kinerja Google Maps menjadi terganggu. Google Map juga tidak dapat memberikan petunjuk arah yang tepat. Hal ini karena data yang akan ditampilkan juga akan mengalami masalah sehingga kinerja dan semua fitur di Google Map tidak bekerja semestinya

Dengan koneksi internet yang baik, Google Maps dapat memberikan petunjuk arah yang tepat. Untuk mengatasi masalah ini, pastikan bahwa kuota internet di ponsel Anda cukup dan tersedia.

Solusinya:

Seperti yang sudah saya sampaikan diatas, untuk mengatasi penyebab ini tidaklah sulit karena Anda hanya perlu mengganti koneksi internet atau menunggu sampai koneksi kembali normal.

Tapi, apakah benar koneksi mu bermasalah? Pasti Anda tidak tahukan, maka dari itu sebelum mengganti koneksi internet sebaiknya Anda pastikan lebih dulu kecepatan internet yang saat ini digunakan.

Bagaimana caranya? Anda hanya perlu buka aplikasi browser seperti Google Chrome, Mozila, Safari dan lain sebagainya, lalu ketik dikolom pencarian Speedtest. Masuk kesitus tersebut dan klik mulai, maka secara otomatis situs akan mengecek kecepatan internet yang terhubung ke perangkat mu.

2.    Server Down

Google Maps bisa tidak berfungsi karena server mengalami gangguan atau down. Ini sering kali terjadi dan menyebabkan aplikasi terhenti, mengakibatkan pengguna tidak dapat menggunakan Google Maps.

Meskipun mungkin masih dapat diakses, namun arah yang ditunjukkan mungkin tidak akurat, sehingga menghasilkan kesalahan dalam menentukan alamat yang dituju.

Masalah ini bisa saja disebabkan oleh pihak internal atau masalah lainnya. Masalah server down ini memang kerap terjadi termasuk pada aplikasi lainnya.

Perlu Anda semua ketahui, server utama memiliki peran penting dalam pengoperasian aplikasi atau website Google Maps. Kenapa? karena server utama berperan sebagai pusat pengoperasian, jalur lalu lintas data, tempat penyimpanan dan lain sebagainya.

Solusinya:

Jika ada masalah pada server utama Google Maps, sebagai pengguna kita tidak bisa melakukan hal apapun selain menunggu.

Namun untuk memastikan pendapat saya ini, Anda perlu memastikan kebenaran terkait penyebab platform Google Maps tidak bisa diakses karena server utama sedang gangguan atau down.

Untuk memastikannya, Anda bisa hubungi CS Google Maps melalui link ini https://support.google.com/maps/?hl=en#topic=3092425

Jika memang masalah ini disebabkan oleh server utama bermasalah, disarankan bagi pengguna untuk bersabar dan menunggu hingga perbaikan pada aplikasi selesai dilakukan oleh pihak teknisi Google Maps.

3.    Belum Update Aplikasi Google Map

Google Maps mungkin tidak berfungsi karena belum diupdate ke versi terbaru. Pengembang aplikasi secara berkala melakukan pembaruan untuk meningkatkan kinerja dan memperbaiki bug.

Aplikasi Google Map juga membutuhkan update secara berkala supaya dapat menambahkan fitur terbaru.

Jika pengguna tidak melakukan update terhadap aplikasinya maka dapat menyebabkan terganggunya aplikasi yang berdampak pada tidak bisa terbukanya aplikasi Google Maps saat diakses.

Solusinya:

Satu satunya cara yang bisa Anda lakukan adalah update aplikasi Google Maps ke versi terbaru melalui Play Store atau App Store.

Caranya tidaklah sulit, pertama Anda buka Play Store atau App Store, ketik Google Maps dikolom pencarian dan klik cari, klik update dan tunggu sampai proses pembaruan selesai.

Saya sarankan untuk melakukan pembaruan menggunakan Play Store atau App Store guna menghindari melakukan update melalui sumber lain di web. Hal ini dilakukan untuk mencegah kemungkinan virus atau software berbahaya yang dapat merusak aplikasi lain di ponsel Anda.

4.    Memori Internal Penuh

Keadaan memori internal yang penuh dapat menjadi penyebab Google Maps tidak berfungsi. Aplikasi ini membutuhkan ruang yang cukup untuk beroperasi dengan lancar, dan memori yang penuh dapat menyebabkan aplikasi mengalami error selama penggunaan.

Aplikasi error ini tentu saja akan berdampak pada pengguna, di mana pengguna tersebut tidak dapat menggunakan Google Map. Penuhnya memori internal ini dapat disebabkan oleh banyak hal, terutama karena dipenuhi oleh cache atau sampah.

Solusinya:

Untuk mengatasi penyebab ini, Anda harus menghapus beberapa file dan aplikasi yang dirasa tidak penting. Jika semua file dirasa penting, Anda bisa pindahkan file tersebut ke perangkat lain atau upload ke Google Drive.

5.    Data pada Aplikasi Google Map Menumpuk

Ketidakmampuan Google Maps untuk berjalan bisa disebabkan oleh penumpukan data pada aplikasi. Setiap pencarian alamat atau penggunaan aplikasi menyebabkan data masuk ke dalam histori pencarian, dan jika tidak dibersihkan secara berkala, dapat menyebabkan penumpukan data yang berlebihan.

Keberatan tersebut membuat aplikasi menjadi terlalu berat dalam menyimpan data, sehingga Google Maps mungkin tidak dapat dibuka meskipun ketersediaan kuota internet penuh dan jaringan yang kuat. Menumpuknya data pada aplikasi yang berlebihan ini tentu saja berdampak pada pengguna yang tidak bisa menggunakannya.

Solusinya:

Anda bisa hapus beberapa data dari perangkat yang dirasa tidak penting, selain itu Anda juga bisa hapus data tambahan dari aplikasi Google Maps dan aplikasi lain yang paling sering digunakan seperti Tiktok, Youtube, Instagram dan lain sebagainya.

6.    File Cache Menumpuk

Penyebab terakhir dari ketidak berfungsian Google Maps adalah penumpukan file cache. Ketika file cache mengalami penumpukan, aplikasi Google Maps dapat mengalami error dan tidak dapat dijalankan.

Kondisi ini seringkali menjadi permasalahan yang dihadapi pengguna ponsel Android. Solusinya adalah dengan melakukan penghapusan file cache yang menumpuk pada aplikasi Google Maps. Dengan langkah ini, Google Maps dapat dijalankan kembali dan berfungsi seperti biasa.

Solusinya:

Untuk membersihkan cache atau sampah penggunaan tidaklah sulit, karena ada dua cara yang bisa Anda gunakan, pertama cara manual dan cara otomatis.

Untuk cara manual, Anda bisa menghapus cache melalui pengaturan perangkat, kelola aplikasi atau penyimpanan, cari aplikasi Google Maps, dan hapus cache.

Sementara untuk cara otomatis Anda harus install aplikasi tambahan melalui Play Store, dengan menggunakan aplikasi ini proses penghapus cache akan lebih cepat dan mudah karena aplikasi akan menghapus secara keseluruhan pada cache yang ada diperangkat.

Sistem OS Perangkat Bermasalah

Perlu Anda semua ketahui, sistem OS atau perangkat lunak adalah bagian terpenting bagi perangkat, karena semua perintah yang diberikan akan dikerjakan ketika OS merespon perintah tersebut.

Jika ada masalah pada sistem OS, tentu saja perintah untuk mengakses aplikasi Google Maps akan mengalami masalah juga. Salah satu penyebab OS sering mengalami error dikarenakan pengguna tidak rutin update perangkat lunak sehingga membuat bug dan virus menumpuk.

Solusinya:

Cara paling mudah mengatasi hal ini adalah update sistem OS atau perangkat lunak ke versi terbaru. Bagaimana caranya? pertama buka pengaturan perangkat, klik tentang perangkat, klik pembaruan perangkat lunak atau OS, jika ada notif pop up update berarti Anda harus perbarui sistem OS, terakhir tunggu sampai proses update selesai.

Setelah proses pembaruan OS berhasil, Anda harus muat ulang lebih dulu perangkat. Ini dilakukan agar semua virus dan bug yang menggangu performa perangkat bisa dihapus.

Data Aplikasi Google Maps Terhapus

Penyebab terakhir dari masalah ini adalah sengaja atau tidak sengaja menghapus data pembentuk aplikasi Google Maps di File Manager perangkat.

Jika ternyata ada data dari aplikasi ini yang terhapus tentu akan menimbulkan masalah seperti tidak bisa mengakses atau membuat Google Maps.

Solusinya:

Cara paling mudah mengatasi hal ini adalah dengan install ulang aplikasi Google Maps melalui Play Store atau App Store, ini dilakukan agar data yang terhapus bisa kembali terdownload dan tersimpan ke file manager perangkat.

Inilah beberapa penyebab utama kenapa Google Maps tidak bisa dibuka dan cara mengatasinya. Menghindari dan mengatasi masalah-masalah tersebut dapat membantu pengguna agar aplikasi ini tetap beroperasi dengan lancar.

Baca Juga: 6 Cara Mudah Melihat Google Maps Tahun Lama di Smartphone dan Laptop

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *