Kenapa Aplikasi LinkAja Tidak Bisa Dibuka? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya!

LinkAja masuk dalam kategori dompet digital Fintech yang memberikan kemudahan bertransaksi secara digital karena saat ini ketertarikan masyarakat dengan dompet digital meningkat pesat.

Fitur yang diberikan LinkAja tidak kalah dengan aplikasi lainnya seperti OVO, Gopay, dan DANA.LinkAja di support oleh PT Fintek Karya Nusantara yang terdaftar di Bank Indonesia dan memberikan pengalaman terbaik dalam pembayaran dan layanan seperti membayar token listrik, membayar BPJS dan transaksi digital lainnya.

Namun, terkadang LinkAja mengalami error dan banyak yang mempertanyakan LinkAja tidak bisa dibuka atau diakses padahal internet telah tersambung dan kuota pun tersedia. Pada pembahasan kali ini kita akan membahas penyebab LinkAja tidak bisa dibuka dan bagaimana cara mengatasinya.

Seperti pada aplikasi umumnya, error maupun tidak bisa dibuka pun wajar terjadi karena banyak faktor dari masalah sistem hingga teknis. Berikut adalah penyebab LinkAja tidak bisa dibuka dan solusi yang bisa kamu lakukan.

Penyebab dan Cara Mengatasi Aplikasi LinkAja Tidak Bisa Dibuka 

Kenapa LinkAja Tidak Bisa Dibuka

Sebagai salah dompet digital dengan pengguna terbanyak, tentu saja LinkAja yang tidak bisa dibuka cukup membuat panik apalagi jika saldo kita di dalamnya cukup banyak.

LinkAja memberikan pelayanan transaksi yang cukup murah dengan biaya admin minimal, mengenai permasalahan tidak bisa dibuka kita harus tahu dulu penyebabnya lalu untuk solusi akan lebih mudah tentunya.

Permasalahan aplikasi seperti ini sudah biasa terjadi dan pastinya bisa diatasi berikut penyebab dan solusi kenapa LinkAja tidak bisa dibuka:

Koneksi Buruk

Hal pertama yang bisa saja menyebabkan kamu tidak bisa mengakses aplikasi LinkAja adalah perangkat terhubung dengan koneksi yang tidak stabil.

Seperti yang kita ketahui semua, LinkAja adalah platform berbasis online yang memerlukan koneksi internet untuk mengakses dan menjalan fitur didalamnya.

Ketika ada koneksi internet yang kamu gunakan bermasalah, maka wajar saja kalau perangkat tidak bisa merespon perintah yang kamu berikan untuk menjalankan aplikasi LinkAja.

Solusinya:

Cara paling mudah mengatasi penyebab ini adalah mengganti jaringan internet atau menunggu provider jaringan internet kembali normal.

Masalahnya, apakah benar koneksi internet mu bermasalah? Untuk memastikan hal ini, kamu harus mengecek kecepatan internet yang terhubung ke perangkat mu.

Bagaimana caranya? Pertama kamu bisa mengecek kecepatan internet dengan mengunjungi situs Speedtest melalui aplikasi browser dan klik mulai.

Situs akan secara otomatis mengecek kecepatan internet mu berdasarkan ping, apabila hasil pengecekan menunjukan ping tinggi menandakan bahwa jaringan internet mu bermasalah, sebaliknya jika hasilnya ping rendah berarti koneksi mu stabil.

Tidak Menggunakan Aplikasi LinkAja Versi Terbaru

Selain karena koneksi internet tidak stabil, hal lain yang bisa saja menyebabkan masalah ini adalah kamu masih menggunakan aplikasi LinkAja versi lama.

Kenapa bisa begitu? Karena aplikasi LinkAja versi lama akan banyak menyimpan bug dan virus sehingga performa aplikasi semakin berat dan membuat perangkat lebih lama memuat data.

Sederhananya begini, pihak developer atau pengembang aplikasi LinkAja merilis versi terbaru bertujuan menambah fitur baru dan memperbaiki masalah pada fitur lama. Ketika pengguna platform mereka tidak rutin update, maka pihak developer tidak bisa membantu memperbaiki masalah seperti tidak bisa mengakses aplikasi ini.

Solusinya:

Jika pendapat saya benar, maka satu satunya hal yang bisa kamu lakukan adalah memperbarui aplikasi LinkAja ke versi terbaru.

Caranya sangatlah mudah, kamu buka aplikasi Play Store atau App Store, setelah di halaman utama klik kolom pencarian, lalu ketika LinkAja dan klik cari, jika sudah klik saja menu update dan tunggu sampai proses selesai.

Akun LinkAja Diblokir

Untuk bisa menggunakan aplikasi LinkAja, pengguna diharuskan memiliki akun lebih dulu dan sudah upgrade akun dengan menginput data diri seperti scan KTP.

Jika ada masalah pada akun LinkAja, tentu akan ada masalah juga saat kamu mengakses platform ini untuk transaksi.

Kemungkinan akun milik mu telah diblokir oleh pihak LinkAja karena melanggar aturan dan kebijakan. Ada banyak alasan yang bisa saja membuat akun mu diblokir, diantaranya data diri tidak valid, akun lama tidak aktif dan lain sebagainya.

Apabila kamu ingin mengetahu detail terkait syarat dan ketentuan penggunaan LinkAja bisa akses melalui link ini https://www.linkaja.id/syarat-ketentuan

Solusinya:

Kalau ada masalah pada akun LinkAja milik mu karena sudah diblokir, maka satu satunya cara yang bisa kamu lakukan adalah membuat akun baru atau minta ke pihak LinkAja untuk mengaktifkan kembali akun mu.

Untuk menguhubungi CS LinkAja, kamu bisa kunjungi link ini https://www.linkaja.id/artikel/faq-layanan-pelanggan-linkaja silahkan hubungi CS LinkAja untuk peninjauan ulang pada akun mu.

Belum Upgrade Akun LinkAja

Masih berkaitan dengan akun LinkAja hanya saja ini lebih spesifik, yakni disebabkan oleh akun LinkAja belum di upgrade.

Jika akun LinkAja belum di upgrade maka akan membatasi penggunaan dan fitur apa saja yang bisa digunakan.

Solusinya:

Cara paling mudah mengatasi penyebab ini adalah upgrade akun LinkAja dengan menginput data diri, scan KTP dan informasi penting lain yang dibutuhkan.

Perangkat Bermasalah

Penyebab tidak bisa membuka aplikasi LinkAja bisa juga disebabkan ada masalah pada perangkat seluler yang kamu gunakan.

Kenapa? Karena pada dasarnya perangkat adalah alat untuk menghubungkan mu dengan platform atau aplikasi, ketika ada masalah maka akan membuat masalah juga pada perintah untuk mengakses aplikasi LinkAja.

Ada banyak hal yang bisa menyebabkan perangkat bermasalah, seperti cache menumpuk, ruang penyimpanan penuh, tidak rutin update aplikasi yang terinstall, dan tidak rutin update sistem OS atau perangkat lunak.

Solusinya:

Untuk mengatasi penyebab ini, saya sudah merangkum beberapa hal yang harus kamu lakukan, yaitu:

  • Hapus Cache, pertama kamu harus hapus semua cache yang ada di perangkat seluler, disini kamu bisa hapus secara manual melalui pengaturan atau bisa menggunakan aplikasi tambahan.
  • Hapus file dan aplikasi tidak penting, terkait ruang penyimpanan penuh kamu harus menghapus beberapa file dan aplikasi dari perangkat mu.
  • Update OS, seperti yang kalian ketahui OS atau perangkat lunak adalah otak ponsel, jika kita tidak pernah update atau telat update akan mempengaruhi performa perangkat. Oleh karena itu mulai sekarang kamu harus rutin update perangkat lunak melalui pengaturan dan masuk ke tentang ponsel.
  • Update semua aplikasi, terakhir adalah update semua aplikasi yang terinstall di ponsel mu melalui Play Store atau App Store.
  • Muat Ulang Perangkat, setelah melakukan 4 cara diatas kamu juga perlu memuat ulang perangkat agar semua bug bisa dihilangkan.

Data Aplikasi LinkAja Terhapus

Perlu diketahui, aplikasi LinkAja memiliki banyak file yang tersimpan ke perangkat ketika menginstallnya.

Sayangnya tidak semua pengguna mengerti seberapa penting file yang tersimpan tersebut, sehingga banyak dari pengguna dengan sengaja atau tidak sengaja menghapus data pembentuk aplikasi LinkAja. Karena hilangnya file ini membuat aplikasi LinkAja tiba tiba tidak merespon saat diakses.

Solusinya:

Apabila hal ini memang disebab oleh kamu menghapus file aplikasi LinkAja, cara paling mudah mengatasinya adalah dengan menginstall ulang aplikasi LinkAja melalui Play Store atau App Store agar file kembali tersimpan di file manager perangkat.

Baca Juga:

Server Utama LinkAja Gangguan

Penyebab lain yang bisa saja membuat kamu tidak bisa mengakses aplikasi LinkAja adalah server utama dari platform ini bermasalah atau gangguan.

Server utama gangguna bisa dikarenakan pengembang sedang melakukan pemeliharaan atau upgrade kapasitas user.

Kenapa server bermasalah bisa mempengaruhi kinerja aplikasi LinkAja? Karena pada dasarnya server menjadi pusat pengoperasian, pusat lalu lintas online, pusat penyimpanan data pengguna dan lain sebagainya.

Solusinya:

Satu satunya cara yang bisa kamu lakukan hanya menunggu sampai teknisi LinkAja memperbaiki masalah pada server.

Sembari menunggu, kamu bisa tanyakan kepada CS LinkAja terkait seberapa lama proses perbaikan server melalui link ini https://www.linkaja.id/artikel/faq-layanan-pelanggan-linkaja

Aplikasi LinkAja Tidak Kompatibel

Selanjutnya LinkAja tidak bisa dibuka karena aplikasi tidak kompatibel dengan smartphone kamu yang kemungkinan versinya masih KitKat ke bawah.

Memang awalnya aplikasi LinkAja terdownload namun tidak beroperasi dengan baik karena perangkatnya tidak mendukung penggunaan aplikasinya. Solusinya yaitu gunakan dompet digital lain yang lebih kompatibel dan mendukung perangkat kamu.

Solusinya:

Untuk mengecek apakah perangkat mu kompatibel atau tidak dengan aplikasi LinkAja bisa mengeceknya melalui Play Store dan ketik tentang aplikasi. Biasanya ada keterangan minimal versi android yang support menginstall aplikasi LinkAja.

Aplikasi yang berjalan secara online memang terkadang mengalami masalah error, pemblokiran, tidak bisa dibuka dan sebagainya.

Hal ini terjadi karena memang aplikasi online entah itu game, dompet digital, media sosial, dan lain-lain memiliki pemrograman khusus yang harus disesuaikan dengan perkembangan sistem dan perangkat yang digunakan. Oleh karena itu, kita wajib untuk memperbaharui aplikasi real time, hapus cache, koneksi stabil, dan sebagainya.

Sekian informasi tentang penyebab dan cara mengatasi LinkAja tidak bisa dibuka, error dan not found yang bisa kamu ikuti berbagai solusinya agar kamu dapat menggunakan kembali aplikasi LinkAja dengan lancar.

Jika ada kendala setelah kamu bisa login dan bisa dibuka misalnya saldo tidak ada atau hal lainnya silahkan untuk mendatangi kantor LinkAja agar masalah kamu bisa dapat segera terselesaikan. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *