Kenapa Lokasi Gojek Tidak Terdeteksi dengan Baik? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Kenapa lokasi gojek tidak terdeteksi? Mungkin sebagian dari kalian tengah merasakan permasalahan yang serupa dimana pada saat menggunakan aplikasi gojek, lokasinya tidak terdeteksi baik dari aplikasi Gojek milik Anda ataupun driver Gojek itu sendiri.

Lokasi yang tidak terdeteksi sudah pasti akan menyulitkan pengguna aplikasi gojek. Meski ini hal yang sering terjadi dan bahkan dialami oleh banyak pengguna, tapi pastinya Anda perlu segera mencari tahu penyebab dan solusinya.

Di era serba digital seperti sekarang ini, aplikasi gojek telah menjadi bagian yang tidak dapat dipisahkan dari aktivitas sehari-hari. hanya saja, tak jarang terdapat berbagai tantangan yang bisa mempengaruhi pengalaman pengguna.

Misalnya saja pada saat  lokasi di aplikasi gojek tidak terdeteksi. Ini adalah permasalahan yang banyak dialami oleh pengguna seehingga menimbulkan kekhawatiran.

Deteksi lokasi yang tepat dan akurat adalah hal yang sangat penting dalam aplikasi gojek sehingga tidak bisa dianggap remeh.

Aplikasi gojek sendiri menyediakan beberapa layanan mulai dari memesan makanan, memesan layanan transportasi dan banyak lagi yang lain.

Sehingga keampuan aplikasi dalam menemukan lokasi yang tepat merupakan kunci sukses pengguna kala menggunakan layanan tersebut.

Maka dari itu, di bawah ini kami akan memberikan informasi terkait beberapa penyebab kenapa lokasi gojek tidak dapat terdeteksi dengan baik sehingga Anda bisa segera menemukan solusinya.

Penyebab dan Cara Mengatasi Lokasi Gojek Tidak Terdeteksi 

Kenapa lokasi gojek tidak terdeteksi

Terdapat beberapa factor yang menyebabkan lokasi gojek tidak terdeteksi. Berikut beberapa diantaranya:

Setting lokasi pada hp tidak akurat

Alasan pertama lokasi gojek tidak terdeteksi adalah setting lokasi pada hp yang tidak akurat. Disini Anda perlu meperhatikan pengaturan lokasi pada perangkat yang akan digunakan. Pastikan jika GPS maupun lokasi sudah diaktifkan dengan benar.

Sebab apabila GPS tidak diaktifkan, tentu hal wajar apabila aplikasi gokek tidak dapat mendeteksi lokasi dengan baik. periksa kembali menu pengaturan GPS di perangkat Anda untuk dapat menemukan solusinya.

Usahakan pada saat mengatur lokasi, akurasinya tinggi sebab biasanya akurasi bawaan settingannya cukup rendah. Jadi disini Anda perlu mengaturnya terlebih dahulu sehingga keakuratannya menjadi lebih tinggi dan memungkinkan lokasi Anda untuk terdeteksi di aplikasi Gojek.

Solusinya:

Jika masalah ini disebabkan oleh fitur GPS pada perangkat tidak bisa bekerja secara mekasimal, maka satu satunya cara yang bisa Anda lakukan adalah memuat ulang aplikasi Gojek, lalu muat ulang perangkat, kemudian mati dan nyalakan kembali fitur GPS di perangkat, setelah itu Anda bisa coba kembali akses lokasi melalui aplikasi Gojek.

Koneksi Internet Tidak Stabil

Selain karena penyebab diatas, harus Anda semua ingat Gojek adalah website atau aplikasi online berarti memerlukan koneksi internet untuk bisa mengakses dan menjalankan fitur didalamnya.

Jika ada masalah pada koneksi internet yang terhubung di perangkat, maka tidak mungkin ada kesalahan saat menggunakan fitur GPS untuk mendeteksi lokasi Anda.

Solusinya:

Cara paling mudah mengatasi penyebab ini adalah dengan mengganti koneksi internet atau tunggu sampai koneksi kembali normal.

Tapi perlu diingat kembali, apakah benar koneksi mu bermasalah? Pasti Anda sendiri tidak tahukan, oleh karena itu diperlukan tahap pengecekan.

Tenang saja caranya tidak sulit kok, Anda bisa buka aplikasi browser apapun, ketik Speedtest dan klik masuk, setelah berhasil masuk klik mulai, maka secara otomatis situs akan mengecek kecepatan internet mu yang saat ini digunakan

Perlu Melakukan Pembaruan Apk

Selain itu, kebanyakan pengguna yang mengeluh lantaran lokasi tidak terdeteksi dikarenakan mereka tidak melakukan pembaruan aplikasi shopee secara berkala.

Padahal, aplikasi gojek harus  selalu diperbarui agar penggunaannya bisa lebih optimal. Anda perlu cek di google play store atau app store apabila ingin melakukan pembaruan aplikasi.

Silahkan cek apakah ada pilihan update aplikasi atau tidak. Bagi perangkat yang harus update aplikasi maka Anda perlu lakukan update dulu untuk bisa mendapatkan versi yang terbaru.

Solusinya:

Untuk update aplikasi Gojek ke versi terbaru tidaklah sulit, Anda bisa langsung buka aplikasi Play Store atau App Store, dikolom pencarian ketik kata kunci Gojek dan klik cari, setelah menemukan aplikasi Gojek cari menu update dan klik.

Jika ada menu update berarti aplikasi Gojek yang saat ini Anda install belum versi terbaru, sementara kalau tidak ada menu update ada dua kemungkinan, pertama memang aplikasi Gojek belum merilis versi terbaru dan kedua ada masalah pada aplikasi tersebut sehingga perangkat tidak bisa melakukan update.

Bagi Anda yang tidak menemukan menu update, saya sarankan untuk install ulang aplikasi. Kenapa ini perlu dilakukan? karena bisa saja ada masalah internal pada data aplikasi Gojek sehingga membuat fitur didalamnya tidak bisa bekerja.

Baca Juga:

Sinyal GPS Sedang Lemah

Alasan ketiga yang menyebabkan lokasi gojek di hp Anda tidak terdeteksi adalah sinyal gps yang lemah. Disini Anda harus perhatikan apakah sinyal GPS pada perangkat Anda dalam keadaan baik atau tidak.

Hal ini lantaran masalah sinyal gps akan mempengaruhi tepat atau tidaknya deteksi lokasi. Jika Anda berada di wilayah dimana sinyalnya baik, maka permasalahan seperti ini pasti tidak akan pernah terjadi.

Solusinya:

Ketika Anda mencoba menghubungkan fitur GPS perangkat dengan aplikasi Gojek pastikan bahwa fitur tersebut sedang dalam kondisi yang maksimal.

Seperti yang sudah saya sampaikan diatas, sinyal GPS bisa lemah dan bisa kuat tergantung kondisi wilayah Anda. Kenapa? Karena secara teknis GPS memerlukan pancaran sinyal dari satelit, jika dilokasi Anda sinyal satelit susah masuk maka berkemungkinan terjadi kesalahan.

Cara paling mudah mengatasi hal ini adalah dengan pindah ke lokasi lain atau coba keluar rumah, selain itu Anda bisa muat ulang perangkat lalu matikan dan nyalakan kembali fitur GPS.

Kalau cara ini tidak juga berhasil, Anda bisa meminta bantuan dari aplikasi pihak ketiga, aplikasi ini bisa diinstall melalui Play Store atau App Store.

Cache Menumpuk

Cache menumpuk atau data yang terakumulasi di dalam aplikasi tentu saja bisa menjadi penyebab kenapa lokasi gojek tidak bisa terdeteksi dengan baik.

Disini Anda perlu memperhatikan kembali apakah ada banyak cache maupun data di aplikasi gojek sebelum menggunakannya.

Jika terdapat banyak cache dan data maka hapus terlebih dahulu dan kemudian mulai ulang aplikasinya.

Solusinya:

Cara paling mudah mengatasi penyebab ini adalah dengan menghapus cache atau sampah penggunaan aplikasi Gojek.

Bagaimana caranya? Anda bisa masuk ke pengaturan perangkat, lalu cari penyimpanan atau kelola penyimpanan, cari aplikasi Gojek dan klik hapus cache.

Selain bisa menghapus cache secara manual, Anda bisa minta bantuan dari aplikasi penghapus cache yang bisa diinstall di Play Store. Cara ini terbilang lebih maksimal karena bisa menghapus semua cache dari aplikasi yang terinstall di perangkat Anda.

Perangkat Bermasalah

Tidak hanya karena cache menumpuk saja yang bisa menyebab aplikasi Gojek tidak bisa bekerja maksimal, tapi ada penyebab lain yakni perangkat bermasalah.

Perlu Anda semua ketahui, perangkat bisa dikatakan sebagai alat penghubung antara Anda dan aplikasi, jika ada masalah pada alat tersebut tentu akan ada masalah juga pada saat menggunakan aplikasi ini.

Ada banyak hal yang bisa menyebabkan masalah pada perangkat diantaranya, ruang penyimpanan penuh, tidak rutin update aplikasi yang terinstall, tidak rutin update sistem OS atau perangkat lunak dan lain sebagainya.

Solusinya:

Untuk memulihkan performa perangkat yang Anda gunakan, tentu ada langkah langkah yang harus dilakukan, diantaranya:

  • Hapus file dan aplikasi tidak penting, terkait ruang penyimpanan penuh kamu harus menghapus beberapa file dan aplikasi dari perangkat mu.
  • Update OS, seperti yang kalian ketahui OS atau perangkat lunak adalah otak ponsel, jika kita tidak pernah update atau telat update akan mempengaruhi performa perangkat. Oleh karena itu mulai sekarang kamu harus rutin update perangkat lunak melalui pengaturan dan masuk ke tentang ponsel.
  • Update semua aplikasi, terakhir adalah update semua aplikasi yang terinstall di ponsel mu melalui Play Store atau App Store.

Aplikasi Eror

Satu lagi penyebab yang mungkin saja mempengaruhi lokasi gojek tidak terdeteksi adalah aplikasi yang error. Aplikasi gojek tidak bisa mendeteksi lokasi dengan baik kemungkinan karena tengah eror atau masalah teknis.

Apabila masalah ini terjadi, Anda tentu saja harus menunggu terlebih dahulu. Biasanya masalah ini dialami ketika pengguna aplikasi gojek masih belum kunjung menemukan jawabannya. Jadi bisa saja hal tersebut lantaran factor teknis aplikasi yang tengah eror sehingga tidak bisa digunakan dengan baik.

Solusinya:

Kesalahan internal pada aplikasi Gojek bisa disebabkan oleh banyak hal, dari sekian banyak hal tersebut salah satu faktor paling sering terjadi adalah server sedang gangguan atau down.

Ketika server utama aplikasi Gojek mengalami gangguan atau down, maka semua aktivitas didalam aplikasi Gojek akan bermasalah. Kenapa? Karena server utama berperan penting dalam pengoperasian fitur.

Kalau memang ini penyebabnya, satu satunya cara yang bisa Anda lakukan adalah menunggu hingga teknisi Gejek memperbaiki server tersebut. Selain itu Anda bisa tanya ke pihak Gojek melalui link ini https://www.gojek.com/blog/gojek/call-center/

Itulah beberapa alasan kenapa lokasi gojek tidak terdeteksi dengan baik di dalam smartphone Anda. Setelah tahu factor penyebab, Anda pasti akan lebih mudah menemukan solusinya.

3 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *