Kenapa Gojek Tidak Bisa Pesan Antar? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Hadirnya Gojek sangat membantu aktivitas transportasi masyarakat Indonesia, karena peran utama dari perusahaan ini adalah melayani angkutan melalui jasa ojek.

Gojek sendiri sudah menemani kita sejak  tahun 2009 di Jakarta oleh Nadiem Makarim dan sudah tersedia di 50 kota di Indonesia.

Berbicara mengenai Gojek, pasti kamu semua tahukan kalau Gojek memiliki banyak layanan unggulan. Ternyata Gojek sudah memiliki 5 layanan unggalan diantaranya GoFood, GoMart,  Gopay, GoSend, dan GoTix.

Diantara 5 layanan tersebut, saya rasa GoFood adalah layanan paling menonjol karena menerapkan sistem pesan antar makanan.

Kehadirnya GoFood ini tentu membantu banyak masyarakat Indonesia yang malas keluar tapi ingin makan macam-macam.

Penyebab dan Cara Mengatasi Gojek Tidak Bisa Memesan Pesan Antar

Kenapa Gojek Tidak Bisa pesan antar

Seperti yang kita semua tahu Gojek mempunyai satu layanan antar makanan atau lebih dikenal dengan nama GoFood. Sayangnya tak jarang pengguna aplikasi ini menerima notifikasi tidak bisa memesan makanan pesan antar di restorant tertentu.

Ternyata masalah seperti ini tidak terjadi satu atau dua kali, tapi sudah beberapa kali sehingga banyak pengguna yang tidak tahu penyebabnya berusaha mencari tahu informasi tersebut melalui Google.

Secara umumnya, masalah tidak bisa pesan antar di layanan GoFood terjadi karena beberapa sebab, pertama kondisi cuaca yang tidak menentu dan jumlah driver yang terbatas.

Selain dua itu, masih ada beberapa penyebab lain yang bisa saja menyebabkan hal ini terjadi dan tidak kamu sadari.

Adapun beberapa penyebab dari masalah tidak bisa memesan makanan pesan antar di GoFood yang perlu Anda semua ketahui, diantaranya:

Koneksi Internet Tidak Stabil

Perlu kamu semua ingat, Gajek berbasis aplikasi atau website adalah layanan yang memerlukan koneksi internet untuk bisa terhubung dan mengakses fitur didalamnya.

Jadi, untuk bisa menggunakan fitur pesan antar di Gojek perangkat yang kamu gunakan harus terhubung dengan koneksi internet stabil.

Apabila ada masalah pada jaringan internet yang terhubung dengan perangkatmu, maka wajar saja akan ada masalah pada saat kamu memberi perintah pada perangkat untuk memesan makanan di Gojek.

Solusinya:

Hal pertama yang harus kamu lakukan untuk mengatasi penyebab ini adalah memastikan apakah koneksi mu benar bermasalah atau tidak.

Caranya tidaklah sulit, pertama kamu bisa memastikan kecepatan internet dengan membuka aplikasi lain yang terinstall di perangkat seperti Tiktok, Shopee, Instagram dan lain sebagainya. Jika bisa terbuka dengan lancar bisa dipastikan koneksi mu stabil, sebaliknya jika proses loading lama kemungkinan koneksi mu tidak stabil.

Selain mengecek dengan cara diatas, kamu juga bisa menggunakan situs Speedtest untuk membantu proses pengecekan kecepatan internet yang terhubung di perangkatmu. Bagaimana caranya? Pertama buka aplikasi browser apa saja, kemudian ketik di kolom pencarian dengan kata kunci Speedtest, dan klik mulai.

Setelah itu, situs akan merespon perintah kamu untuk mengecek kecepatan internet yang saat ini perangkat mu gunakan. Apabila hasilnya ping tinggi berarti koneksi internet sedang bermasalah, sebaliknya apabila ping rendah berarti koneksi stabil.

Bagi kamu yang hasil pengecekannya koneksi tidak stabil, saya saran untuk mengganti provider seperti menggunakan jaringan wifi atau kamu bisa tunggu sampai koneksi kembali normal.

Tidak Menggunakan Aplikasi Gojek Versi Terbaru

Selain karena koneksi internet bermasalah, hal lain yang bisa saja menyebabkan terjadinya masalah ini adalah kamu menggunakan aplikasi Gojek versi lama atau tidak rutin update aplikasi Gojek.

Sekali lagi saya kasih tahu ya, pihak pengembang atau developer semua aplikasi termasuk Gojek menghadirkan versi terbaru dengan tujuan menambah fitur baru dan memperbaiki masalah pada fitur lama yang bisa saja tidak bekerja dengan normal.

Jika kamu sebagai pengguna tidak rutin update aplikasi Gojek ke versi terbaru, maka wajar kalau aplikasi ini tidak mampu bekerja maksimal. Kenapa? Karena bisa saja ada masalah pada fitur lama sehingga diperlukan update.

Solusinya:

Satu satunya cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi penyebab ini adalah dengan mengupdate aplikasi Gojek ke versi terbaru melalui Play Store atau App Store terganting tipe perangkat mu.

Akun Gojek Bermasalah

Tidak jauh berbeda dengan layanan online lainnya, Gojek juga memiliki aturan yang harus dipatuhi oleh pengguna agar mereka tetap bisa menggunakan layanan ini.

Tapi sangat disayangkan tidak semua pengguna Gojek paham dengan ketentuan yang dibuat oleh Gojek, tanpa sadar cara yang mereka lakukan salah sehingga pihak Gojek memberi peringatan bahkan memblokir akun tersebut.

Berkiatan dengan hal tersebut, perlu kamu semua ketahui beberapa hal yang menyebabkan akun diblokir diantaranya data diri tidak valid, login dibanyak perangkat, nomor telepon tidak aktif dan masih banyak lagi

Tidak hanya diblokir saja, masalah pada akun Gojek sering kali membuat pengguna tidak bisa memesan makanan pesan antar, adapun beberapa notifikasi yang muncul ketika akun Gojek bermasalah, yaitu:

  • GoPay tidak tersedia
  • Gojek mendeteksi pemakaian yang tidak biasa
  • Gojek menemukan suatu masalah di akunmu
  • Dompet terkunci
  • Silakan hubungi layanan pelanggan
  • Kamu tidak dapat menggunakan akun kamu saat ini
  • Kamu tidak dapat menggunakan fitur ini

Solusinya:

Sebenarnya untuk mengatasi masalah pada akun tidaklah sulit, karena secara teknis kamu hanya perlu mengisi ulang data diri yang valid agar pihak Gojek bisa mendeteksi ulang data dirimu.

Hanya saja perlu diperlu diingat Gojek memiliki banyak pengguna, mungkin saja pengguna lain juga mengalami hal yang sama sehingga diperlukan waktu lebih lama untuk mengecek data diri yang kamu kirim.

Untuk mempercepat proses ini, kamu bisa hubung CS atau Help Center Gojek melalui menu Hubungi Kami di aplikasi Gojek, atau kamu bisa cari linknya di Google. Disini saya tidak bisa menyematkannya karena sedang ada kendala teknis.

Baca Juga:

Perangkat Seluler Bermasalah

Pasti diantara kalian semua tidak ada yang menyangka kalau perangkat bermasalah bisa menjadi penyebab kamu tidak bisa memesan di Gojek?

Memang sih, kebanyakan pengguna perangkat seluler hanya tahu cara menggunakannya tapi sangat jarang yang tahu cara merawarnya.

Alhasil perangkat bermasalah sering kali tidak disadari, padahal perangkat seluler bisa dianggap sebagai alat penghubung antara kamu dan aplikasi Gojek atau aplikasi lain yang terinstall.

Ketika perangkat mengalami masalah, tentu perintah yang kamu berikan untuk mengirim pesanan di Gojek akan bermasalah juga.

Berbicara mengenai perangkat bermasalah, perlu kamu tahu ada beberapa hal yang sering kali menyebabkan perangkat tidak mampu bekerja maksimal seperti cache menumpuk, ruang penyimpanan penuh, tidak rutin update aplikasi yang terinstall dan tidak rutin update sistem OS atau perangkat lunak.

Solusinya:

Adapun beberapa hal yang harus Anda lakukan untuk mengatasi beberapa hal yang menyebabkan perangkat seluler bermasalah, diantaranya:

  • Hapus Cache, pertama kamu harus hapus semua cache yang ada di perangkat seluler, disini kamu bisa hapus secara manual melalui pengaturan atau bisa menggunakan aplikasi tambahan.
  • Hapus file dan aplikasi tidak penting, terkait ruang penyimpanan penuh kamu harus menghapus beberapa file dan aplikasi dari perangkat mu.
  • Update OS, seperti yang kalian ketahui OS atau perangkat lunak adalah otak ponsel, jika kita tidak pernah update atau telat update akan mempengaruhi performa perangkat. Oleh karena itu mulai sekarang kamu harus rutin update perangkat lunak melalui pengaturan dan masuk ke tentang ponsel.
  • Update semua aplikasi, terakhir adalah update semua aplikasi yang terinstall di ponsel mu melalui Play Store atau App Store.

Server Utama Aplikasi Gojek Down

Penyebab lain dari masalah ini adalah server utama aplikasi Gojek sedang gangguan atau down, ini bisa terjadi karena teknisi sedang melakukan pemeliharaan atau upgrade kapasitas pengguna.

Apabila server utama sedang gangguan, maka wajar saja timbul masalah saat pengguna hendak memesan makan di platform ini. Kenapa? Karena server utama berperan penting dalam pengoperasian aplikasi Gojek.

Adapun beberapa fungsi utama dari server Gojek yakni pusat pengoperasi, pusat lalu llintas, pusat penyimpanan data pengguna, pusat penyimpanan data aplikasi dan website dan masih banyak lagi.

Solusinya:

Jika masalah tidak bisa pesan antar di Gojek disebabkan oleh server utama gangguan, satu satunya hal yang bisa kamu lakukan hanyalah menunggu, karena teknisi Gojek yang akan memperbaiki problem ini.

Cuaca Hujan

Tadi sudah saya sampaikan bahwa kondisi cuaca yang tidak bisa ditebak menjadi penyebab utama kamu tidak bisa pesan makanan di Gojek.

Ketika kamu memesan makanan sedang dalam kondisi hujan, maka sangat sedikit driver motor mau menerima pesanan kamu tersebut, kecuali kamu memberi keterangan bisa dikirim setelah hujan reda.

Solusinya:

Jika kamu tetap ingin memesan makanan pada saat ini juga atau dalam kondisi hujan, cara paling mudah mengatasi penolakan atau pembatalan dari driver adalah memilih metode pickup, tapi restorant tersebut harus sudah mengaktifkan fitur pickup.

Tidak Ada Driver di Sekitar Restorant

Gojek sangat mengandalkan fitur GPS atau deteksi lokasi, sehingga aplikasi ini bisa memilih driver terdekatdari restorant yang dipesan oleh pengguna.

Ketika kamu memesan makanan di restorant a, sementara driver yang berada di wilayah restorant a sedang tidak ada, maka proses pemesan akan sulit bahkan bisa gagal.

Solusinya:

Untuk mengatasi penyebab ini, Anda bisa coba ganti restorant lain yang sekiranya lebih ramai dan banyak driver GoFood yang berada disekitarnya.

Tapi, kalau kamu tetap ingin memesan makanan di restorant a itu, maka kamu harus sabar menunggu sampai ada drivernya.

Silahkan cek berskala untuk memastikan sudah ada driver atau belum disekitar restorant a terebut, jika sudah ada maka kamu bisa melanjutkan pemesanan.

Demikian ulasan singkat yang bisa Calonpengangguran jelaskan kepada kamu semua mengenai kenapa Gojek tidak bisa pesan antar beserta cara mengatasinya. Semoga informasi singkat ini bisa bermanfaat, sekian dan terima kasih.

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *