Kenapa Grab Tidak Bisa Bayar Tunai? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Kenapa Grab Tidak Bisa Bayar TunaiDi era yang serba canggih seperti sekarang ini, perusahaan transportasi berbasis aplikasi adalah solusi yang paling tepat untuk setiap orang yang tidak ingin kesulitan saat hendak bepergian. Salah satunya adalah aplikasi grab yang digunakan banyak orang karena menyediakan berbagai layanan di dalamnya. Para pengguna aplikasi grab bisa pesan makanan, pesan paket atau bepergian kapan saja dan dimana saja.

Para pengguna aplikasi grab di Indonesia saat ini sudah semakin banyak. Grab adalah perusahaan transportasi yang terus menerus mengembangkan aplikasinya sehingga bisa digunakan oleh semua orang. Grab juga menghadirkan berbagai metode pembayaran mulai dari tunai dan non tunai seperti ovo, link aja, kartu debit hingga kartu kredit.

Tapi bagi Anda yang ingin menggunakan metode pembayaran tentu harus memilih salah satunya terlebih dulu. Sebenarnya cara bayar di aplikasi grab sangatlah mudah. Hanya saja sebagian pengguna mengeluh karena mereka tidak bisa bayar tunai pada saat menggunakan aplikasi grab. Jadi grab hanya menyediakan metode pembayaran via non tunai yang tentu saja membuat sebagian pengguna kesulitan.

Tentu ada banyak orang yang menggunakan grab akan mengalami kesulitan dan bingung terkait langkah apa yang harus mereka lakukan. Tapi sebelum membahas terkait cara mengatasi masalah Grab tidak bisa bayar tunai, simak terlebih dahulu penyebabnya di bawah ini.

Penyebab Grab Tidak Bisa Bayar Tunai

Kenapa Grab Tidak Bisa Bayar Tunai

Grab menyediakan banyak layanan yang tujuannya adalah memudahkan para pengguna aplikasi. Hanya saja dibalik fitur-fitur grab yang memudahkan, ternyata sebagian pengguna masih mengeluh karena tidak bisa melakukan pembayaran dengan menggunakan uang tunai. Apalagi tidak semua pengguna aplikasi grab bisa melakukan pembayaran non tunai.

Bagi yang mengalami masalah seperti ini pasti akan bingung dan ingin segera menemukan solusi untuk mengatasi masalah tersebut. Maka dari itu, berikut ini kami berikan informasi terkait beberapa penyebab Grab tidak bisa menggunakan fitur bayar tunai yang akan membantu Anda dalam menemukan solusinya:

Nominal Yang Terlalu Besar

Alasan pertama adalah nominal pembayaran terlalu besar sehingga tidak bisa melakukan pembayaran dengan metode cash atau uang tunai. Pengguna yang melakukan pemesanan dalam nominal atau orderan melampaui batas yang ditentukan oleh Grab maka mau tidak mau harus melakukan pembayaran via non tunai.

Sumber dari laman resmi Grab menyatakan bahwa pengguna layanan mereka bisa memilih metode pembayaran tunai dengan maksimal pembayaran 100 ribu saja, artinya pengguna yang melebihi batas nominal tersebut harus menggunakan metode pembayaran non tunai.

Jadi tak heran apabila para pengguna yang ingin melakukan pembayaran via uang tunai akan ditolak secara otomatis oleh system. Hal ini menandakan penggunaplatform Grab harus memilih metode lain yang sudah disediakan.

Solusinya:

Apabila Anda tetap ingin menggunakan metode pembayara tunai, satu satunya cara yang bisa dilakukan adalah membatas jumlah orderan agar tidak melebihi nominal 100 ribu rupiah. Kalau ternyata jumlah yang harus dibayar lebih dari batas maksimal itu, maka sistem akan menolak pesanan Anda.

Kesalahan Pada System

Selain itu, grab tidak bisa bayar tunai bisa saja karena kesalahan yang terjadi pada system. System di aplikasi Grab tengah mengalami masalah seperti maintenance ataupun eror akan membuat proses pengoperasian gagal.

Kenapa begitu? karena server memiliki peran penting dalam pengoperasian website dan aplikasi Grab. Adapun beberapa fungsi utama server bagi platfor Grab diantara sebagai pusat pengoperasian data, pusat lalu lintas data, pusat penyimpanan data pengguna dan pusat penyimpanan data aplikasi dan website.

Masalah pada server utama Grab bisa terjadi karena pihak developer ata pengembang sedang melakukan pemeliharaan atau upgrade kapasitas server. Tujuan utama pihak Grab melakukan perbaikan supaya bisa memberikan pelayanan yang terbaik tidak hanya untuk konsumen tapi juga mitra dari grab itu sendiri.

Jika masalah yang Anda alami bersumber oleh server atau sistem bermasalah, maka dapat dipastikan pengoperasian fitur pembayaran tidak bisa digunakan melalui uang tunai ataupun non tunai sekalipun. Bahkan beberapa pengguna tidak bisa login ke dalam akun milik mereka ketika grab tengah melakukan perbaikan pada system aplikasi.

Solusinya:

Secara teknis, Anda tidak bisa melakukan hal apapun selain menunggu proses pemeliharaan server selesai. Tapi apakah benar server utama bermasalah? Pasti Anda sendiri tidak tahukan, oleh karena itu saya sarankan untuk menghubungi Help Center Grab melalui link ini https://help.grab.com/passenger/id-id/jelaskan masalah yang saat ini Anda alami dan minta solusinya agar bisa menggunakan fitur pembayaran tunai.

Tidak Memperbarui Aplikasi ke Versi Terbaru

Penyebab ketiga yang mungkin saja membuat pengguna tidak bisa menggunakan metode pembayaran tunai pada aplikasi Grab adalah karena Anda tidak memperbarui aplikasi Grab. Pastikan aplikasi Grab yang berjalan di smartphone Anda adalah aplikasi terbaru supaya dapat menikmati layanan super yang ada di dalam aplikasi ini.

Kenapa? Karena aplikasi versi hadirnya untuk memperbaiki masalah pada fitur lama dan menambah fitur baru. Sementara Anda sebagai pengguna tidak melakukan update, bagaimana caranya pihak Grab membantu perbaikan pada fitur tersebut?

Solusinya:

Cara paling mudah mengatasi penyebab ini adalah dengan update aplikasi Grab ke versi terbaru melalui Play Store atau App Store. Apabila setelah update masih terdapat kendala, maka Anda perlu hidupkan ulang ponsel.

Karena biasanya setelah pembaruan, penguna harus menunggu 30 sampai 60 menit untuk bisa menggunakan aplikasi Grab secara normal. Jadi coba perhatikan aplikasi Anda apakah sudah update ke aplikasi terbaru atau belum.

Baca Juga:

Perangkat Tidak Kompatibel

Selain beberapa hal diatas, tidak supportnya antara perangkat dan aplikasi juga bisa loh menjadi penyebab Anda tidak bisa menggunakan metode pembayaran tunai.

Kenapa? karena perangkat harus memenuhi syarat penggunaan yang diumumkan oleh pihak Grab, terutama dalam pengguna sistem android.

Perlu Anda tahu, perangkat yang mendukung penggunaan aplikasi Grab harus menggunakan sistem android versi 5.0 dan up, artinya perangkat yang menggunakan versi android bawah 5.0 tidak akan bisa mengakses aplikasi ini.

Ketika perangkat tidak kompatibel, masalah seperti tidak bisa menggunakan fitur bayar tunai akan sangat wajar terjadi, ini terjadi karena ada kesalahan dalam pembacaan data.

Solusinya:

Satu satunya cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi penyebab ini adalah upgrade perangkat, hal ini dilakukan agar perangkat masuk daftar whitelist aplikasi Grab.

Perangkat Bermasalah

Hampir sama dengan penjelasan diatas, hanya saja ini lebih spesifik pada performa perangkat. Masalah pada perangkat juga bisa menyebabkan Anda tidak bisa menggunakan fitur bayar tunai di Grab.

Perangkat bisa dikatakan sebagai alat penghubung antara Anda dan aplikasi Grab, ketika ada masalah pada perangkat perintah yang Anda berikan akan terhambat atau tidak sampai ke aplikasi Grab.

Ada banyak hal yang menyebabkan perangkat bermasalah, seperti cache menumpuk, ruang penyimpanan penuh, tidak rutin update aplikasi yang terinstall dan tidak rutin update sistem OS atau perangkat lunak.

Solusinya:

Adapun beberapa hal yang harus Anda lakukan untuk mengatasi beberapa hal yang menyebabkan perangkat seluler bermasalah, diantaranya:

  • Hapus Cache, pertama kamu harus hapus semua cache yang ada di perangkat seluler, disini kamu bisa hapus secara manual melalui pengaturan atau bisa menggunakan aplikasi tambahan.
  • Hapus file dan aplikasi tidak penting, terkait ruang penyimpanan penuh kamu harus menghapus beberapa file dan aplikasi dari perangkat mu.
  • Update OS, seperti yang kalian ketahui OS atau perangkat lunak adalah otak ponsel, jika kita tidak pernah update atau telat update akan mempengaruhi performa perangkat. Oleh karena itu mulai sekarang kamu harus rutin update perangkat lunak melalui pengaturan dan masuk ke tentang ponsel.
  • Update semua aplikasi, terakhir adalah update semua aplikasi yang terinstall di ponsel mu melalui Play Store atau App Store.

Koneksi Internet Tidak Stabil

Penyebab terakhir adalah koneksi internet yang terhubung di perangkat bermasalah, seperti yang kita semua tahu Grab merupakan aplikasi online yang memerlukan koneksi internet untuk mengakses fitur didalamnya.

Ketika ada masalah pada koneksi internet, tentu perangkat tidak bisa mendownload data dan proses memuat data terjadi kesalahan sehingga Anda tidak bisa menggunakan fitur bayar tunai pada order di Grab.

Solusinya:

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memastikan benar atau tidaknya koneksi internet mu bermasalah, cara mudahnya Anda bisa kunjungi situs Speedtest melalui aplikasi browser apapun dan klik mulai.

Maka secara otomatis situs akan mengecek kecepatan internet yang terhubung di perangkat mu, hasil yang ditampilkan berupa ping. Ping tinggi menandakan koneksi internet buruk, sebaliknya ping rendah menandakan koneksi stabil.

Itulah beberapa alasan kenapa aplikasi Grab tidak bisa bayar tunai dan cara mengatasinya. Jika Anda masih saja mengalami permasalahan yang serupa, silahkan hubungi pusat layanan bantuan yang tersedia pada aplikasi grab. Cs akan segera merespon dan memberikan solusi atas permasalahan yang terjadi. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *