Kenapa Yandex Tidak Bisa Memutar Video? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Banyak orang-orang yang kini memanfaatkan Yandex sebagai sarana untuk menikmati beragam konten video. Aplikasi ini juga menyediakan banyak sekali konten video yang menarik sehingga banyak orang yang tertarik untuk mencobanya.

Meski demikian, tak jarang pengguna menghadapi kendala ketika mencoba memutar video di Yandex, mulai dari pesan error hingga ketidakmampuan untuk memutar video tersebut. Ada beberapa faktor yang dapat menjadi penyebab utama kenapa Yandex tidak bisa memutar video dan cara mengatasinya sebagai berikut.

Penyebab Yandex Tidak Bisa Memutar Video

kenapa yandex tidak bisa memutar video

Masalah koneksi internet

Ketidakstabilan dan kelemahan koneksi internet seringkali menjadi penyebab utama timbulnya pesan error pada Yandex, yang mengakibatkan kesulitan dalam memutar video.

Aplikasi Yandex tidak dapat berfungsi dengan baik serta tidak dapat memuat data video. Akibat hal ini video pada aplikasi ini tidak dapat diputar.

Mengingat Yandex adalah aplikasi streaming atau nonton video yang memerlukan koneksi internet, ketika perangkat yang digunakan untuk membuka aplikasi Yandex tidak terkoneksi internet stabil tentu perintah yang Anda berikan akan mengalami masalah.

Solusinya:

Langkah pertama yang harus Anda lakukan untuk mengatasi penyebab ini adalah memastikan koneksi internet yang terhubung di perangkat stabil atau tidak.

Terdapat dua cara, pertama Anda bisa kunjungi situs Speedtest melalui aplikasi browser dan klik mulai. Maka secara otomatis situs akan mengecek kecepatan internet yang terhubung di perangkat berdasarkan ping atau Packet Internet Gopher.

Sementara cara kedua, Anda bisa tes manual dengan membuka aplikasi lain seperti Tiktok, Youtube dan Instagram. Apabila aplikasi bisa dibuka dengan lancar menandakan koneksi mu baik baik saja, sebaliknya apabila proses memuat data lambat berarti koneksi internet mu bermasalah.

Data cache menumpuk

Data sementara aplikasi atau yang sering disebut sebagai cache yang menumpuk dapat berdampak pada proses  pemutaran video di Yandex. Cache yang menumpuk ini akan membuat aplikasi menjadi berat sehingga perangkat akan kesulitan dalam memuat data video sehingga fitur menampilkan keterangan gagal.

Cache sendiri ada data sementara yang disimpan perangkat setelah mengakses aplikasi Yandex, data ini berguna untuk mempercepat proses loading atau akses selanjutnya. Tapi, karena terlalu banyak cache yang tersimpan membuat perangkat kesulitan harus melanjutkan data yang mana sehingga terjadi penurunan performa.

Solusinya:

Cara paling mudah mengatasi penyebab ini adalah menghapus semua cache yang dihasilkan oleh aplikasi Yandex. Langkah pertama, buka pengaturan perangkat, cari dan klik aplikasi/kelola aplikasi, cari aplikasi Yandex, lalu klik penyimpanan dan hapus cache.

Selain itu, Anda bisa hapus cache menggunakan aplikasi pihak ketiga yang bisa diinstall melalui Play Store atau App Store. Cara ini lebih efektif dibandingkan cara diatas, karena Anda tidak hanya menghapus cache dari aplikasi Yandex tapi semua cache yang dihasilkan dari aplikasi yang terinstall di perangkat.

Format File Video Tidak Mendukung

Format file video yang tidak didukung oleh aplikasi dapat menjadi penyebab video tidak dapat diputar dengan lancar. Aplikasi ini biasanya mendukung beberapa format populer seperti MP4, AVI, FLV, dan lainnya.

Jika video yang ingin ditonton memiliki format yang tidak kompatibel, ini dapat mengakibatkan kesulitan dalam pemutaran atau bahkan ketidakmampuan untuk memutar video tersebut.

Solusinya:

Untuk mengatasi penyebab format tidak didukung aplikasi Yandex tidaklah sulit, karena secara teknis Anda hanya perlu memastikan format video tersebut sebelum memutarnya di aplikasi Yandex.

Apabila format tersebut masuk daftar whitelist aplikasi Yandex berarti tidak akan ada masalah saat Anda memutarnya, sebaliknya kalau format video masuk blacklist berarti akan ada masalah saat proses memutar video nanti.

Perangkat Tidak Kompatibel

Kelancaran pemutaran video di aplikasi juga dipengaruhi oleh sistem perangkat yang digunakan. Sistem yang tidak mendukung dapat menyebabkan ketidaksesuaian dengan persyaratan aplikasi, mengakibatkan pemutaran video tidak berjalan dengan optimal.

Perlu Anda semua ketahui, aplikasi Yandex hanya bisa digunakan pada perangkat seluler yang menggunakan sistem android versi 7.0 keatas, artinya perangkat kelas bawah tidak akan mengakses aplikasi ini, apalagi untuk menonton video.

Solusinya:

Tidak ada cara lain yang bisa Anda coba, selain harus upgrade perangkat yang digunakan dan paling tidak harus menyematkan sistem android versi 7.0.

Adanya Hak Cipta dan Pembatasan Wilayah

Video yang tidak dapat diputar di Yandex dapat memiliki berbagai penyebab, dan salah satu di antaranya terkait dengan masalah hak cipta dan pembatasan wilayah. Hal ini memang jarang terjadi, namun bisa saja terjadi pada beberapa video.

Beberapa video mungkin memiliki pembatasan berdasarkan hak cipta dan hanya dapat diputar di negara tertentu. Hal ini dapat menjadi penyebab ketidakmampuan untuk memutar video tersebut di lokasi pengguna yang berbeda.

Solusinya:

Pastikan video yang hendak Anda tonton support di daerah mu, karena batasan wilayah dan hak cipta menjadi faktor penentu apakah Anda bisa menonton video tersebut atau tidak.

Server Utama Aplikasi Yandex Error

Masalah pada server utama memang sering kali terjadi pada penggunaan aplikasi Yandex, mengingat aplikasi ini menyediakan beragam video yang tentunya rawat dari serangan virus dan bug.

Sehingga pihak developer atau pengembang akan melakukan pemeliharaan dan upgrade kapasitas server agar pengguna bisa merasa nyaman dan aman saat menggunakan aplikasi ini untuk menonton video.

Keberadaan bug dan virus memang sering menimbulkan kesalahan dalam aplikasi ini. Bug tersebut mungkin timbul dari pembaruan perangkat lunak atau penyempurnaan fitur yang tidak selalu berjalan mulus.

Masalah bug ini dapat terjadi pada aplikasi apa saja, termasuk pada aplikasi Yandex. Dengan adanya bug maka dapat membuat fungsinya menjadi terganggu sehingga pemutaran video juga tidak dapat dilakukan.

Berkaitan dengan server utama Yandex yang sedang bermasalah atau gangguan, tentu akan mempengaruhi proses pengoperasian. Seperti yang kita semua tahu server utama berperan penting dalam banyak hal, diantaranya pusat pengoperasian, pusat lalu lintas data, pusat penyimpanan data pengguna dan aplikasi.

Solusinya:

Kalau memang ada masalah pada server utama karena pihak Yandex sedang melakukan pemeliharaan atau upgrade kapasitas, Anda tidak perlu melakukan apapun karena pihak teknisi lah yang akan memperbaikinya. Anda cukup tunggu sampai proses perbaikan ini selesai.

Versi Aplikasi Tidak Sesuai

Penyebab Yandex tidak bisa memutar video mungkin terkait dengan ketidaksesuaian versi aplikasi dengan format atau pembaruan terbaru.

Salah satu alasan utama bisa karena aplikasi Yandex tidak diperbarui secara reguler oleh pengguna. Ketika pembaruan baru dirilis untuk mendukung format video terkini atau memperbaiki bug, versi lama mungkin tidak lagi kompatibel.

Solusinya:

Silahkan update aplikasi Yandex ke versi terbaru agar semua fitur didalamnya bisa beroperasi dengan normal, selain itu juga proses ini dibutuhkan untuk menghapus bug dan virus yang tertinggal karena proses pemeliharaan yang dilakukan oleh developer atau pengembang

Perangkat Bermasalah

Penyebab selanjutnya dari masalah ini adalah adanya masalah pada performa perangkat seluler, mengingat perangkat bisa dibilang sebagai alat penghubung antara Anda dan aplikasi Yandex.

ketika perangkat yang digunakan untuk mengakses Yandex mengalami masalah, bisa dipastikan perintah yang Anda berikan juga mengalami masalah sehingga tidak bisa memutar video sangat wajar terjadi.

Ada banyak hal yang bisa menyebabkan performa perangkat menurun, diantaranya cache menumpuk, ruang penyimpanan penuh, tidak rutin update aplikasi yang terinstall, dan tidak rutin update sistem OS atau perangkat lunak.

Solusinya:

Adapun beberapa hal yang harus Anda lakukan untuk mengatasi beberapa hal yang menyebabkan perangkat seluler bermasalah, diantaranya:

  • Hapus Cache, pertama kamu harus hapus semua cache yang ada di perangkat seluler, disini kamu bisa hapus secara manual melalui pengaturan atau bisa menggunakan aplikasi tambahan.
  • Hapus file dan aplikasi tidak penting, terkait ruang penyimpanan penuh kamu harus menghapus beberapa file dan aplikasi dari perangkat mu.
  • Update OS, seperti yang kalian ketahui OS atau perangkat lunak adalah otak ponsel, jika kita tidak pernah update atau telat update akan mempengaruhi performa perangkat. Oleh karena itu mulai sekarang kamu harus rutin update perangkat lunak melalui pengaturan dan masuk ke tentang ponsel.
  • Update semua aplikasi, terakhir adalah update semua aplikasi yang terinstall di ponsel mu melalui Play Store atau App Store.
  • Muat Ulang Perangkat, ini menjadi cara terakhir setelah Anda melakukan 4 perawatan diatas. Kenapa perlu dilakukan? dengan memuat ulang perangkat Anda secara langsung membantu perangkat menghilang bug virus sehingga kinerja bisa kembali pulih.

Nah, itulah beberapa penyebab kenapa Yandex tidak bisa memutar video. Untuk mengatasi masalah ini, kamu terlebih dahulu harus mengetahui penyebabnya sehingga dapat mengatasinya dengan cara yang tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *