Apakah Akun Dana Bisa Di Hack? Ini Penjelasan Beserta Tipsnya Agar Aman!

Dana menjadi platform penyedia layanan E-Wallet besar di Indonesia, Dana sendiri memiliki kantor pusat yang berada di Jakarta, Indonesia.

Hadirnya platform ini memberi dampak positif bagi banyak masyarakat Indonesia, karena mereka bisa membuka rekening tanpa harus repot ke Bank.

Selain itu, Dana dilengkapi banyak layanan pembayaran online sehingga pengguna bisa membayar tagihan listrik, air, motor dan masih banyak lagi melalui aplikasi satu ini.

Semakinn banyaknya orang yang kenal aplikasi ini, membuat Dana banyak dibicarakan oleh warganet, terutama dari segi keamanannya.

Mengingat, Dana adalah aplikasi berbasis uang digital yang tentu saja sangat sensitif. Diluar sana banyak yang bertanya mengenai akun Dana bisa tidak diretas atau dihack? Untuk menjawab hal tersebut Cp akan menjelaskannya sebagai berikut.

Apakah Akun DANA Bisa Di Hack?

Apakah Akun Dana Bisa Di Hack

Pertanyaan seperti sering kali saya dengar, terutama dari pengguna baru aplikasi DANA. Mengingat penggunaan aplikasi tidak hanya sebagai alat transfer, melainkan juga bisa sebagai tempat untuk menyimpan uang.

Dibandingkan harus menyimpan uang di Bank, banyak warganet diluar sana memilih menyimpan uang mereka di Dana karena tidak perlu khawatir saldo akan dipotong setiap bulannya.

Tapi banyak juga yang khawatir apakah penyimpan uang di Dana aman atau tidak ya, karena sudah banyak kasus kehilangan uang dikarenakan transaksi yang tidak jelas, seperti top up di platform tertentu.

Sebenarnya kalau berbicara aman atau tidaknya, saya pribadi bisa menjamin uang kamu akan aman disimpan di akun Dana, hanya saja sebagai pengguna kamu harus paham risiko menginstall aplikasi e-wallet seperti Dana di perangkat yang digunakan sehari-hari.

Kenapa? Karena masih banyak pengguna yang tidak paham terkait phishing, perlu kamu semua tahu phishing adalah tindakan atau upaya dari oknum tidak bertanggung untuk mendapatkan data sensitif korban, seperti kata sandi, kartu kredit dan lain sebagainya.

Phishing sendiri ada banyak sekali jenis dan caranya, mungkin beberapa waktu lalu kamu pernah mendengar kabar ada seseorang yang terkena phishing karena mengklik link undangan atau mengunjungi situs tidak jelas, itu salah satu jenis phishing yang sedang marak di sosial media.

Kembali ke pertanyaan diaatas, apakah akun Dana bisa di hack? Jawabannya tentu saja bisa, hal ini bisa terjadi karena 100%  kesalahan kamu sebagai pengguna bukan keteledoran atau lemahnya sistem keamanan Dana.

Pihak Dana sendiri sudah mengingatkan kamu semua perihal hacker atau aktivitas meretas akun di laman resmi mereka, kamu bisa baca ulasannya melalui link ini https://a.m.dana.id/danaweb/web/tips.html berhasil atau tidaknya oknum ppk itu meretas akun Dana kamu, semua kembali lagi ke bagaimana cara kamu bijak dalam menggunakan teknologi dan cara kamu mengamankan akun Dana tersebut.

Sekali lagi saya ingatkan, phishing menjadi penyebab paling utama banyaknya kasus akun Dana bisa di hack, ntah itu karena mengkli link tautan sembarang yang dikirim ke WhatsApp ataupun mengunjungi situs download ilegal.

Saya sendiri tidak bisa menjelaskan secara rinci ciri-ciri akun Dana terkena hack atau diretas, karena memang tidak ada ciri khususnya. Meski akun sudah diretas, Anda tetap bisa melakukan transaksi seperti kirim uang atau terima uang hanya saja pelaku juga memiliki akses yang sama seperti kamu dan umumnya akan melakukan aksi ketika Anda sudah tertidur atau dini hari nanti.

Tips Agar Akun Dana Tidak Di Hack

Setelah menjelaskan beberapa fakta terkait bisa atau tidaknya akun Dana dihack atau diretas, saya rasa beberapa tips untuk menghindari kejadian tersebut cukup penting dibahas dalam artikel ini.

Oleh karena itu, bagi Anda yang khawatir akun Dana nya akan diretas oleh oknum-oknum ppk itu, Anda bisa ikuti dan terapkan beberapa tips mengamankan akun Dana, diantaranya:

Sering Ganti PIN

Cara ini sebenarnya tidak mengharuskan kamu mengganti PIN atau kata sandi setiap seminggu sekali atau beberapa hari sekali. Ini lebih khusus dilakukan setelah kamu menyelesaikan transaksi menggunakan Dana, seperti kirim uang dan terima uang.

Selain itu, kamu juga bisa ganti PIN Dana setelah menelusuri atau mengakses website-website tidak jelas, umumnya website tidak jelas tidak memiliki keamanan akses seperti tidak menampilkan logo gembok dengan keterangan koneksi aman atau connection secure, link situs tidak diawali https://, loading lambat dan masih banyak lagi.

Amankan Kode OTP

Umumnya, setiap kali akun Dana masuk di perangkat baru kamu harus memasukan kode otp yang dikirim oleh sistem Dana ke nomor akun sekaligus nomor rekening.

Jika memang kamu yang meminta kode otp itu, saya sarankan untuk menjaga kerahasiaannya agar orang lain tidak tahu.

Rajin Rawat Perangkat Seluler

Seperti yang kita semua tahu, perangkat seluler atau hp bisa dibilang berperan sebagai alat penghubung antara kamu dan aplikasi Dana.

Salah satu tips yang harus dan wajib kamu lakukan adalah rutin merawat perangkat tersebut, kenapa? Karena banyak masalah timbul disebabkan oleh perangkat sudah terkontaminasi oleh virus dan bug.

Virus atau bug itu sendiri bisa muncul karena penggunaan kamu, seperti mengakses situs tidak jelas, install aplikasi ilegal, download film ilegal, dan lain lainya.

Agar bisa menghilangkan semua virus dan bug tersebut, kamu harus rutin melakukan perawatan ringat diantaranya membersihkan cache, menghapus file dan aplikasi ilegal, rutin update aplikasi yang terinstall dan rutin update sistem OS.

Baca Juga: Minimal Tarik Saldo DANA di Alfamart

Jangan Sembarang Klik Link

Cara selanjut yang wajib kamu lakukan adalah tidak sembarangan klik link tidak jelas, apalagi link yang dikirim di WhatsApp dari nomor tidak dikenal.

Kasus seperti ini sudah banyak sekali terjadi, terutama kepada orang tua yang awam soal teknologi. Sebagai orang yang lebih tahu, kamu bisa ingatkan orang tua agar tidak sembarangan klik link.

Disini kamu bisa memastikan apakah link tersebut aman atau tidak diakses melalui situs ini https://ic4.id/layanan/cek-data?kategori=url dengan mengeceknya lebih dulu, kamu tidak perlu merasa khawatir data diri akan diretas oleh pembuat link.

Langsung Hubungi Help Center Dana

Tips terakhir yang bisa kamu lakukan adalah langsung menghubungi cs Dana apabila ada hal hal yang mencurigakan, agar pihak Dana bisa segera memberi bantuan terhadap akun Dana milik mu.

Ada banyak cara yang bisa kamu gunakan untuk menghubungi pihak Dana, seperti Call center DANA 1500 445, Instagram DANA @dana.id, dan aplikasi Dana-Pusat Bantuan-Chat.

Mungkin hanya itu yang bisa Calonpengangguran jelaskan kepada kamu semua mengenai Apakah Akun Dana Bisa di Hack beserta tipsnya agar akun aman. Semoga informasi singkat ini bisa bermanfaat, sekian dan terima.

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *