Kenapa Google Form Tidak Bisa Upload Foto? Ini Dia Cara Mengatasinya!

Google kali ini sudah menjadi sebuah perusahaan software yang sangat maju, dan bahkan membuat banyak sekali terobosan. Terbukti dengan banyaknya fitur Google seperti, google spreadsheet,docx dan lainnya.

Namun, diantara banyaknya fitur Google yang sangat terkenal jangan lupakan 1 fitur yang bernama google form. Fitur satu ini membantu kita dalam membuat list atau digunakan untuk sebuah pendaftaran tertentu, sehingga kita sebagai admin dapat dengan mudah melakukan pendataan.

Namun dalam pengaplikasian fitur Google Form, terdapat sebuah masalah bahwasanya kita tidak bisa mengupload foto sehingga hal ini menjadi sebuah pertanyaan. Maka artikel ini akan menjelaskan tentang kenapa Google Form Tidak Bisa Upload Foto.

Penyebab Google Form Tidak Bisa Upload Foto

kenapa google form tidak bisa upload foto

Sebenarnya kita dapat mengupload foto di google form, namun ada beberapa ketentuan yang harus diperhatikan dalam memilih file foto untuk dimasukan ke dalam google form. Biasanya hal ini yang dapat menjadi sebuah masalah jika kita tidak teliti. Namun, hal tersebut dapat diatasi sehingga kita sebagai pengguna Google Form tidak perlu panik.

Ada beberapa alasan yang menjadi penyebab mengapa google form tidak dapat mengupload foto berikut adalah penyebabnya:

1. Ukuran File Yang Terlalu Besar

Hal ini menjadi sebuah masalah jika foto yang kita upload terlalu besar bahkan melebihi kapasitas dari google form sendiri, biasanya google form hanya dapat memuat maksimal 1-10 MB foto. Memang untuk foto tersebut tidak hd, namun cukup untuk dijadikan data bukti untuk dijadikan sebuah format pendataan.

Pastikan bahwa kamu mengunggah foto tidak lebih dari 10 MB, karena hal tersebut akan membuat google form error atau mengalami bug. Alhasil foto tersebut tidak akan dapat terbaca oleh google form.

2. Koneksi Jaringan Yang Tidak Stabil

Koneksi jaringan yang tidak stabil ini menjadi sebuah permasalahan kedua, mengapa bisa begitu? Jika dalam google form tidak ada koneksi internet, maka  data yang kita masukan tidak dapat terhubung. Maka dari itu, pastikan bahwa kamu menggunakan koneksi Internet yang stabil, agar waktu mengunggah foto tidak terjadi kesalahan.

3. File Data Atau Foto Yang Corrupt

Setelah mengetahui permasalah pertama dan kedua, permasalah yang sering terjadi selanjutnya adalah data foto yang kamu miliki rusak atau error. Hal ini sering terjadi kepada semua orang dalam mengunggah foto di google form. Mereka tidak sadar bahwa foto yang akan mereka unggah mengalami Corrupt atau error.

Hal ini biasanya diakibatkan software yang kamu gunakan, biasanya software tersebut sudah terkena virus sehingga foto tersebut akan rusak dan tidak dapat digunakan. Satu-satunya hal yang dapat dilakukan adalah mengupload foto yang tidak korup atau rusak, sehingga foto tersebut dapat diupload di Google form.

4. Perangkat Bermasalah

Selain beberapa hal diatas, adanya masalah pada performa perangkat baik itu ponsel ataupun laptop tentu akan membuat terjadinya kesalahan saat mengupload foto ke Google Form.

Kenapa? Karena pada dasarnya perangkat adalah alat penghubung antara Anda dan platform Google Form, ketika ada masalah alat penghubung maka hubungan yang seharus terjadi terhambat atau terganggu.

Ada banyak hal yang bisa menyebabkan perangkat bermasalah, cache menumpuk, ruang penyimpanan penuh, tidak rutin update sistem OS atau perangkat lunak, dan tidak rutin update aplikasi yang terinstall.

5. Server Utama Google Form Gangguan

Penyebab terakhir dari masalah ini adalah server utama Google Form sedang gangguan atau down, hal bisa saja terjadi karena teknisi sedang melakukan pemeliharaan atau upgrade kapasitas server.

Kenapa server utama penting? Karena hampir semua hal didalam Google Form bisa beroperasi berkat peran server utama ini. Adapun beberapa fungsi utama server diantaranya sebagai pusat pengoperasian, pusat lalu lintas data, dan pusat penyimpanan data.

Cara Mengatasi Google Form Tidak Bisa Upload Foto

Dari tiga hal di atas, kita sudah dapat mengetahui bahwasanya setiap masalah pasti ada jalan keluarnya. Salah satunya dalam sebuah file atau foto, pastinya hal tersebut memiliki beberapa cara untuk kita dapat menguploadnya ke dalam Google Form. Ada beberapa cara yang dapat kita gunakan untuk mengatasi masalah tersebut yaitu adalah:

Pastikan Ukuran Sesuai

Hal yang perlu kita perhatikan adalah melihat berapa ukuran foto tersebut, sehingga foto tersebut cukup untuk di upload ke dalam Google form.

Dan pastikan bahwa foto yang akan kita gunakan harus dikompres terlebih dahulu menjadi ukuran yang kecil, sehingga foto tersebut dapat masuk ke dalam Google form.

Pastikan Koneksi Internet Stabil

Lalu hal yang kedua adalah bagaimana kita mengantisipasi kemungkinan hilangnya jaringan, atau tidak tersambungnya jaringan ke dalam handphone atau laptop kita.

Karena seperti yang sudah dijelaskan di atas, jika tidak ada jaringan maka data tidak akan sampai ke server.

Dan kita pun tidak dapat mengupload foto tersebut. Pastikan kita juga memiliki jaringan wi-fi atau data seluler yang sangat kuat, sehingga foto tersebut dapat kita upload dengan cepat dan mudah.

Untuk memastikan kecepatan internet yang saat ini terhubung ke perangkat mu, Anda bisa memanfaat situs Speedtest. Situs tersebut bisa membantu Anda dalam mengecek kecepatan internet yang digunakan oleh perangkat.

Baca Juga:

Muat Ulang Laman Google Form

Tidak lupa juga kita harus merefresh kembali halaman Google form, hal ini agar foto yang kita upload dapat kita lihat.

Sehingga tidak terjadi kesalahan seperti memasukkan data dua kali, karena jika memasuki data dua kali yang ada akan membuat data yang sampai ke admin bisa tidak teratur atau acak-acakan.

Pastikan File Foto Tidak Rusak

Langkah selanjutnya adalah kita harus mengetahui bagaimana file yang kita upload tidak rusak atau Corrupt.

Karena jika file tersebut rusak, maka memang tidak akan dapat diupload bagaimanapun caranya.

Pastikan bahwa kalian juga kita mempunyai backup data, sehingga dalam pengaplikasiannya pun foto kita jika satu rusak dapat kita upload yang lainnya.

Perbaiki Masalah Pada Perangkat

Adapun beberapa hal yang harus Anda lakukan untuk mengatasi beberapa hal yang menyebabkan perangkat seluler bermasalah, diantaranya:

  • Hapus Cache, pertama kamu harus hapus semua cache yang ada di perangkat seluler, disini kamu bisa hapus secara manual melalui pengaturan atau bisa menggunakan aplikasi tambahan.
  • Hapus file dan aplikasi tidak penting, terkait ruang penyimpanan penuh kamu harus menghapus beberapa file dan aplikasi dari perangkat mu.
  • Update OS, seperti yang kalian ketahui OS atau perangkat lunak adalah otak ponsel, jika kita tidak pernah update atau telat update akan mempengaruhi performa perangkat. Oleh karena itu mulai sekarang kamu harus rutin update perangkat lunak melalui pengaturan dan masuk ke tentang ponsel.
  • Update semua aplikasi, terakhir adalah update semua aplikasi yang terinstall di ponsel mu melalui Play Store atau App Store.
  • Muat Ulang Perangkat, ini menjadi cara terakhir setelah Anda melakukan 4 perawatan diatas. Kenapa perlu dilakukan? dengan memuat ulang perangkat Anda secara langsung membantu perangkat menghilang bug virus sehingga kinerja bisa kembali pulih.

Tunggu Perbaiki Server Utama

Jika ada masalah pada server utama, sebagai pengguna Anda tidak perlu melakukan hal apapun karena perbaiki ini hanya bisa dilakukan oleh teknisi atau developer Google Form. Anda cukup tunggu sampai proses perbaiki ini selesai, setelah itu coba upload ulang foto di Google Form.

Penutup

Itulah beberapa penjelasan tentang kenapa Google form tidak bisa upload foto, beserta penjelasan dan jalan keluarnya semoga artikel yang kami sampaikan dapat bermanfaat nantikan update dari kami selanjutnya untuk artikel menarik dari situs kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *