Jika IMEI iPhone Terblokir Apakah Masih Bisa Digunakan? Ini Penjelasannya

IMEI atau International Mobile Equipment Identity adalah nomor unik yang dimiliki oleh setiap perangkat seluler yang berfungsi sebagai nomor identitas untuk informasi resmi atau tidaknya sebuah perangkat seluler yang sedang kamu gunakan. Umumnya semua perangkat seluler, baik itu android maupun iPhone pasti memiliki nomor IMEI ini.

IMEI ini sangat penting bagi pengguna ponsel, karena ketika sebuah ponsel sudah terdaftar pada IMEI maka secara otomatis ponsel tersebut akan terhubung dengan layanan operator seluler yang ada di seluruh Indonesia. Selain itu, nomor unik tersebut bisa juga digunakan untuk melacak jika ponsel kamu hilang.

Namun, bagaimana jika IMEI tersebut terblokir? Apa yang akan terjadi ketika sebuah IMEI terblokir? Artikel kali ini akan khusus membahas apa bila IMEI pada iPhone kamu terblokir. Simak penjelasan nya di bawah ini.

Cara Status IMEI iPhone

Sebelum memasuki pembahasan mengenai apakah jika IMEI iPhone terblokir masih bisa digunakan atau tidak? kamu harus tahu dulu bagaimana mengecek status IMEI iPhone kamu. Pengecekan bisa dilakukan pada halaman web bea cukai. Ikuti langkah-langkah dibawah ini untuk cek statusnya.

  1. Buka browser pada iPhone kamu
  2. Pada kolom pencarian ketikan Cek IMEI
  3. Pilih web yang bertuliskan cek IMEI Bea Cukai
  4. Masukkan nomor IMEI iPhone kamu pada kolom yang tersedia di web tersebut
  5. Pilih cari
  6. Jika memang sudah terdaftar secara resmi makan akan muncul disitu

Cara diatas bisa kamu ikuti untuk mengecek status IMEI iPhone kamu. Kamu bisa melakukan pengecekan tersebut setelah membeli iPhone kamu untuk jaga-jaga bila pihak konter tempat kamu membeli iPhone menjual iPhone yang belum terdaftar. Selamat mencoba.

Jika IMEI iPhone Terblokir Apakah Masih Bisa Digunakan?

Jika IMEI iPhone Terblokir Apakah Masih Bisa Digunakan

Pertanyaan ini mungkin sering muncul pada para pengguna ponsel, khususnya iPhone. Apa lagi jika status IMEI iPhone kamu memang sudah terblokir.

Kamu pasti bertanya-tanya apakah iPhone tersebut masih bisa digunakan atau tidak? Baiklah sebelum menjawab pertanyaan tersebut, kamu harus tahu dulu beberapa masalah yang akan muncul apabila status IMEI iPhone kamu terblokir. Berikut ini bermacam masalah yang akan kamu dapati tersebut.

Tidak Ada Sinyal

Ketika IMEI sebuah iPhone terblokir maka secara otomatis sinyal pada ponsel tersebut akan menghilang. Hal ini dikarenakan salah satu fungsi IMEI adalah untuk menghubungkan ponsel kamu ke layanan seluler pada berbagai operator yang ada. Maka ketika statusnya terblokir, hubungan tersebut akan terputus sehingga akan muncul keterangan “tidak ada layanan”.

Tidak Bisa Menggunakan Layanan SMS Dan Telepon

Sudah jelas kamu tidak akan bisa melakukan SMS dan Telepon, status layanan seluler kamu saja tidak ada layanan. Karena kartu SIM yang kamu miliki tidak akan berfungsi pada iPhone tersebut.

Terbatasnya Jaringan Internet

Kamu memang tidak bisa menggunakan data seluler sebagai jaringan internet kamu, namun kamu masih bisa menggunakan wifi sebagai gantinya. Sehingga kamu tetap bisa mengakses berbagai platform dengan menggunakan jaringan wifi tersebut.

Jadi, ketika nomor identitas iPhone kamu terblokir kamu tetap masih bisa mengakses internet, namun hanya dengan menggunakan jaringan wifi.

Beberapa fungsi yang menggunakan layanan operator memang tidak bisa kamu gunakan, seperti untuk SMS maupun untuk telepon karena kartu SIM pada ponsel kamu tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Sehingga kamu hanya bisa mengandalkan jaringan wifi untuk tetap terhubung dengan dunia maya.

Itulah pembahasan mengenai Jika nomor IMEI iPhone Terblokir Apakah Masih Bisa Digunakan? Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *