Apa Arti Parno Dalam Bahasa Gaul, Ini Penjelasan Lengkapnya!

Belum lama ini, banyak netizen yang sedang mencari apa arti kata parno dalam bahasa gaul. Apakah Anda juga seperti itu? Atau sudah tau, maksud dan arti dari kata tersebut? Bagi Anda yang belum tau, silahkan simak penjelasan yang akan saya berikan diartikel ini.

Dalam berbincang dengan teman atau kekasih, pastinya kita memiliki bahasa dan arti masing-masing. Tetapi, pastinya diantara Anda pastinya pernah mendengar kata Parno bukan? Kata tersebut, sering terucap saat kita melakukan sesuatu yang tidak disadari,

Lantas apa si maksud dan arti kata Parno tersebut? Jika penasaran, silahkan simak penjelasan yang akan Calonpengangguran berikan dibawah ini.

Sekilas Tentang Bahasa Gaul

Bahasa gaul memang sudah tidak bisa dilepaskan pada saat berkomunikasi dalam kehidupan sehari-hari. Penggunaan bahasa gaul tersebut sudah menjamur pada saat melakukan komunikasi baik secara langsung ataupun di sosial media. Bahasa gaul sendiri tercipta dari istilah-istilah di sosial media ataupun diserap dari bahasa asing.

Melakukan komunikasi dengan campuran bahasa gaul memang lebih nyaman untuk didengar dibandingkan dengan menggunakan bahasa baku, apalagi komunikasi yang dilakukan dalam ranah informal.

Pada saat ini kemunculan bahasa gaul semakin banyak dan menjamur di sekitar kita. Salah satu bahasa gaul yang sering kita dengar yaitu kata parno. Apa makna dari kata parno yang sebenarnya?

Arti Kata Parno Secara Umum

Kata parno adalah istilah yang berkaitan dengan paranoid atau paranoid. Dalam bahasa gaul sendiri warna menandakan seseorang yang berlebihan memperlihatkan rasa takut curiga cuma khawatir.

Orang yang mengalami paranoid biasanya cenderung sulit atau bahkan tidak bisa mempercayai orang lain dan mempunyai pola pikir yang berbeda dari kebanyakan orang.

Biasanya digunakan untuk menggambarkan keadaan seseorang yang merasa ketakutan karena hal-hal yang menyeramkan ataupun mengerikan sehingga hal ini memicu hiperbolis atau berlebihan terhadap hal menakutkan tersebut bisa dibilang parno adalah sikap seseorang yang berlebihan dalam menanggapi sesuatu.

Pengertian Parno Menurut KBBI

Hingga pada saat ini arti kata parno dalam kamus besar bahasa Indonesia belum tersedia. Namun jika dikaitkan dengan istilah paranoid arti kata parno menurut bahasa KBBI adalah ditandai atau menyerupai peranannya merupakan penyakit jiwa yang membuat penderitanya berpikir aneh-aneh yang bersifat khayalan.

Arti Kata Parno Menurut Wikipedia

Sama dengan pengertian sebelumnya arti kata parno dalam kamus besar bahasa Indonesia dan Wikipedia hampir sama yaitu dikaitkan dengan istilah paranoid.

Arti Kata Parno Dalam Bahasa Gaul

Apa arti kata parno dalam bahasa gaul? Apakah istilah tersebut sama artinya dengan penjelasan sebelumnya? Ternyata, karena mempunyai arti yang sama dengan penjelasan sebelumnya yaitu suatu ketakutan atau rasa ragu yang muncul saat berhadapan dengan sesuatu pada saat kondisi tertentu.

Orang yang yang mempunyai sifat Parman disebut dengan parnoan titik parnoan adalah rasa atau rasa takut yang terus-menerus hadir dan datang berulang kali ketika berhadapan pada saat kondisi tertentu.

Makna Kata Parno Secara Detail

Kata parno sering kita dengar dalam kehidupan sehari-hari, namun tidak sedikit orang yang belum mengetahui apa makna dari kata parno yang sebenarnya.

Kata parno merupakan salah satu istilah populer yang digunakan anak zaman sekarang di sosial media dan juga komunikasi secara langsung untuk mengetahui apa itu arti kata parnoberikut penjelasannya.

Parno dapat diartikan sebagai sesuatu perasaan takut ataupun curiga yang berlebihan. Kata parno sendiri berasal dari kata paranoid namun kata parno lebih gampang untuk diucapkan dan lebih mudah untuk dipahami.

Paranoid diartikan sebagai kondisi yang tidak percaya kepada orang lain secara realistis ataupun merasa dianiaya. Hal tersebut memang bisa dibilang wajar namun jika hal ini berada pada tingkatan yang lebih ekstrim dapat menjadi tanda-tanda penyakit jiwa.

Jika di bahas lebih dalam Paranoid berasal dari bahasa Yunani kuno yaitu Paranoia, Paranoia adalah sebuah gangguan mental yang diderita seseorang yang meyakini bahwa orang lain ingin membahayakan dirinya.

Dapat dikatakan bentuk gangguan dari para yaitu berperilaku seperti irasional, menetap, mengganggu dan juga membuat stress.

Namun seseorang tidak dikatakan mengalami paranoid jika disebabkan oleh Skizofrenia, gangguan polar ataupun gangguan psikotik lainnya.

Secara ilmiah paranoid lebih cenderung diartikan sebagai gangguan jiwa namun semakin lama penggunaan kata parno yang sering digunakan oleh para pengguna sosial media dan ABG pun mempunyai makna yang ringan.Seseorang yang yang mempunyai rasa takut yang kecil saja sudah bisa dikatakan sebagai parno.

Selain itu orang-orang pada umumnya sudah tidak merasa tersinggung lagi dengan penyebutan kata parno tersebut karena kesannya kata ini menjadi gaul ataupun keren saja dibandingkan dengan menggunakan kata takut.

Akhir Kata

Itulah arti dari kata parno, kata parno sendiri berasal kata paranoid yang berarti menunjukkan sikap atau rasa takut yang berlebihan. Namun semakin lama artinya semakin ringan dan orang yang mempunyai rasa takut sedikit saja sudah bisa dibilang sebagai parnoan.

Baca Juga:

3 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *