Kenapa KAI Access Jadwal Tidak Ditemukan? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Belakangan ini masyarakat Indonesia, terutama pengguna KAI Access sedang bingung karena ketika ingin memesan tiket kereta dengan rute perjalanan tertentu, bukannya bisa membeli tiket pengguna malah tidak menemukan jadwal keberangkat ke rute tersebut.

Ini tentu saja membuat kita bingung bukan? Apalagi bagi kita baru saja bergabung ke platform KAI Access, pasti tidak tahu harus berbuat apa.

Mengingat platform ini mampu memberi banyak kemudahan bagi kita, terutama dalam hal memesan tiket kereta api secara online. Dengan memesan tiket online, kita tidak perlu takut kehabisan tiket karena bisa memesannya jauh jauh hari.

Namun, seperti yang sudah saya sampaikan diatas belakang pengguna platform KAI sedang bingung karena rute tujuan yang diinginkan tidak ditemukan. Sebenarnya kenapa sih aplikasi KAI Access Jadwal Tidak Ditemukan?

Untuk membantu kamu semua, calonpengangguran sudah menyiapkan beberapa hal yang bisa saja menyebabkan masalah ini beserta cara mengatasinya. Oleh karena itu, kamu bisa baca ulasannya dibawah ini.

Penyebab KAI Access Jadwal Tidak Ditemukan Beserta Cara Mengatasinya

Kenapa KAI Access Jadwal Tidak Ditemukan

Memang Tidak Ada Rute Perjalanan

Hal pertama yang bisa saja menyebab masalah ini adalah kereta memang tidak ada rute perjalanan ke tujuan yang kamu inginkan sehingga tidak masuk daftar jadwal pihak KAI.

Perlu kamu semua ingat, tidak semua kereta bisa berhenti di stasiun atau tujuan yang diinginkan, pihak KAI sudah menentukan tujuan rute dan pemberhentian kereta hari ini, oleh karena itu kereta hanya bisa berhenti di stasiun tertentu.

Jika tidak jadwal rute ke lokasi yang kamu ingin, maka wajar saja ketika kamu ingin memesan tiket dengan tujuan stasiun a tapi jadwal tidak ditemukan bisa saja karena rute kereta memang tidak ke arah stasiun tersebut.

Solusinya:

Untuk memastikan hal ini benar atau tidaknya, kamu bisa cek dan pastikan kembali jadwal ke rute yang diinginkan. Misalnya kamu cek rute atau jadwal keberangkatan hari ini, lalu cek juga rute atau jadwal keberangkat besok.

Apabila di hari ini tidak ada rute kearah tujuan yang kamu inginkan, sementara di hari berikutnya ada, bisa dipastikan bahwa memang hari ini kereta tidak ada jadwal ke stasiun tersebut.

Saya sarankan untuk memesan tidak hari ini, jangan pas dihari keberangkat, ini dilakukan agar mencegah kamu tidak terlewat jadwal dan kehabisan tiket.

Rute Kereta Mengalami Perubahan

Selain karena penyebab diatas, hal lain yang bisa saja menyebabkan jadwal tidak ditemukan di KAI karena adanya perubahan rute perjalanan atau gapeka (grafik perjalanan kereta api).

Bisa saja, ketika kamu melihat jadwal beberapa waktu lalu rute atau gapeka masih berhenti di stasiun yang diingikan, bisa saja beberapa waktu kedepan rute tersebut berubah.

Ada banyak hal yang bisa saja menyebab rute perjalanan kereta KAI berubah tiba tiba, diantaranya:

  • Pertama karena pihak KAI melakukan pengaturan pertemuan antara kereta api di lintas Yogyakarta – Kutoarjo, Purwokerto-Prupuk dan Tegal – Pekalongan, ini dilakukan agar kereta bisa bertemu di stasiun tujuan sehingga selisih waktu keberangkatan akan dipercepat sedikit.
  • Adanya pemanfaat jalur ganda lintas Purwokerto – Prupuk, lintas Pekalongan – Larangan dan lintas Serpong – Parung panjang serta perpanjangan sebagian relasi kereta rel listrik (KRL) ke Stasiun Maja.
  • Adanya perpanjangan relasi yaitu kereta Harina yang semula Bandung – Semarang Tawang menjadi Bandung – Surabaya Pasar Turi, serta pola operasi KRL yang semula hanya 36 loop menjadi 44 loop.
  • Terakhir, meningkatkan jumlah kereta barang yang dioperasikan baik kereta petikemas, kereta barang pengangkut pupuk, kereta barang pengangkut semen maupun pengangkut batubara di Jawa dan Sumatera.

Sumber: Penyebab Kenapa Jadwal kereta Api Berubah

Solusinya:

Untuk mengatasi penyebab ini tidaklah sulit, karena secara teknis kamu bisa mencari tahu informasinya dilaman resmi atau website resmi KAI.

Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah memastikan apakah memang ada perubahan jadwal keberangkat KAI. Silahkan klik link berikut ini https://www.kai.id/information/full_news/5605-gapeka-2023-waktu-perjalanan-ka-makin-singkat-dan-jadwal-keberangkatan-berubah

Melalui laman tersebut, kamu bisa mengetahui jadwal keberangkat terbaru KAI pada hari ini dan hari berikut.

Koneksi Internet Bermasalah

Tidak hanya penyebab teknis diatas saja, bisa saja jadwal KAI tidak ditemukan karena jaringan internet yang perangkat kamu gunakan bermasalah, ntah karena koneksi buruk ataupun kuota internet habis.

Seperti yang semua tahu, KAI menyediakan layanan berbasis aplikasi dan website sehingga memerlukan koneksi internet untuk mengaksesnya.

Jika ada masalah pada koneksi internet yang perangkatmu gunakan, maka wajar saja ada masalah pada saat mencari jadwal keberangkatan Kereta Api.

Solusinya:

Hal pertama yang harus dilakukan untuk mengatasi penyebab ini adalah mengecek apakah benar ada masalah pada jaringan internet yang saat ini terhubung di perangkat.

Caranya mudah kok, kamu bisa kunjungi situs Speedtest melalui aplikasi browser apapun, lalu klik mulai. Maka secara otomatis situs akan mengecek kecepatan internet yang saat ini terhubung ke perangkat mu.

Apabila dalam proses mengakses situs ada masalah atau proses loading lambat, bisa dipastikan jaringan internet yang digunakan bermasalah, karena situs tersebut terbilang ringan sehingga proses loading akan cepat.

Perangkat Seluler Bermasalah

Penyebab lain dari masalah ini adalah perangkat seluler yang kamu gunakan bermasalah, terutama pada kinerjanya sehingga mengalami kesalahan dalam merespon perintah yang diberikan.

Seperti yang kita semua tahu, perangkat seluler berfungsi sebagai penghubung antara kamu dan aplikasi KAI, ketika ada masalah pada perangkat bisa dipastikan akan ada masalah juga pada proses mengakses aplikasi tersebut.

Ada banyak hal yang bisa saja menyebabkan perangkat seluler bermasalah, diantaranya cache menumpuk, ruang penyimpanan penuh, sistem OS belum diupdate, dan banyak aplikasi yang belum diupdate.

Solusinya:

Adapun beberapa hal yang harus dilakukan untuk mengatasi beberapa hal yang menyebabkan perangkat seluler bermasalah, diantaranya:

  • Hapus Cache, pertama kamu harus hapus semua cache yang ada di perangkat seluler, disini kamu bisa hapus secara manual melalui pengaturan atau bisa menggunakan aplikasi tambahan.
  • Hapus file dan aplikasi tidak penting, terkait ruang penyimpanan penuh kamu harus menghapus beberapa file dan aplikasi dari perangkat mu.
  • Update OS, seperti yang kalian ketahui OS atau perangkat lunak adalah otak ponsel, jika kita tidak pernah update atau telat update akan mempengaruhi performa perangkat. Oleh karena itu mulai sekarang kamu harus rutin update perangkat lunak melalui pengaturan dan masuk ke tentang ponsel.
  • Update semua aplikasi, terakhir adalah update semua aplikasi yang terinstall di ponsel mu melalui Play Store atau App Store.
  • Muat Ulang Perangkat, ini menjadi cara terakhir setelah Anda melakukan 4 perawatan diatas. Kenapa perlu dilakukan? dengan memuat ulang perangkat Anda secara langsung membantu perangkat menghilang bug virus sehingga kinerja bisa kembali pulih.

Menggunakan Aplikasi KAI Access Versi Lama

Tidak jauh berbeda dengan aplikasi lain diluar sana, aplikasi KAI Access juga rutin melakukan pembaruan sistem mereka, ini dilakukan untuk memperbaiki masalah pada fitur lama dan menambah fitur baru.

Kebiasaan kita adalah tidak rutin cek apakah aplikasi KAI sudah rilis versi baru atau belum, karena memang tidak ada notifikasi khusus terkait hal ini.

Apabila aplikasi yang kamu gunakan masih versi lama, bisa saja ini menjadi penyebab tidak ditemukannya jadwal keberangkat kereta, karena sistem mengalami masalah terkait perintah yang diberikan.

Solusinya:

Satu satunya cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi penyebab ini adalah memperbarui aplikasi KAI Access ke versi paling baru melalui Play Store atau App Store.

Perangkat Tidak Kompatibel

Hampir sama dengan penjelasan perangkat bermasalah, tapi ini lebih khusus pada spesifikasi perangkat yang digunakan.

Perlu kamu tahu, aplikasi KAI tidak bisa diakses pada semua perangkat, terutama pada perangkat yang masih menyematkan sistem android versi lama.

Jika perangkat terdeteksi menggunakan sistem android lama, hal ini bisa saja membuat perangkat tidak bisa mengakses aplikasi KAI karena keduanya tidak saling support.

Solusinya:

Kamu perlu mengecek apakah perangkat kompatibel atau tidak menggunakan aplikasi ini, caranya buka Play Store, ketik KAI Access dikolom pencarian, klik tentang aplikasi, scroll kebawah temukan Requires Android, disana akan diperlihatkan keterangan perangkat yang saat ini digunakan kompatibel atau tidak.

Kalau hasilnya tidak kompatibel, mau tidak mau kamu tidak akan bisa mengakses platform KAI melalui aplikasi, tapi kamu tetap bisa mengaksesnya melalui webstite saja, meski tidak semudah mengakses melalui aplikasi tapi mau bagaimana lagi.

Server Utama KAI Bermasalah

Penyebab terakhir dari masalah ini adalah server utama bermasalah, ini bisa disebabkan oleh pengembang atau developer sedang melalukan pemeliharaan atau upgrade kapasitas server.

Seperti yang kita semua tahu, server utama memiliki banyak peran penting bagi website dan aplikasi KAI. Adapun beberapa peran penting tersebut, yakni sebagai pusat pengoperasian aplikasi dan website, pusat lalu lintas data, dan pusat penyimpanan data.

Dari sekian banyaknya peran penting server utama, bisa diketahui bahwa ketika ada masalah pada server utama tentu saja aplikasi atau website tidak akan bisa diakses atau beroperasin dalam beberapa waktu tertentu.

Solusinya:

Sebagai pengguna, kamu tidak perlu melakukan hal apapun selain menunggu karena masalah pada server utama hanya bisa diselesaikan oleh teknisi internet KAI Access.

Demikian ulasan singkat yang bisa Calonpengangguran jelaskan kepada kamu semua mengenai kenapa KAI Access jadwal tidak ditemukan beserta cara mengatasinya. Semoga informasi singkat ini bisa bermanfaat, sekian dan terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *