Kenapa Lightroom Tidak Bisa Dibuka? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Saat ini mengedit foto dengan menggunakan bermacam filter memang sudah menjadi sebuah tren bagi banyak orang. Hasil editan pun sudah semakin bagus dengan bantuan aplikasi-aplikasi editing yang makin canggih.

Berbagai aplikasi edit foto hadir dengan banyak pilihan dan keunggulan nya masing-masing. Salah satu aplikasi edit foto yang sudah pasti banyak dikenal oleh orang-orang adalah aplikasi lightroom.

Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan aplikasi yang satu ini. Selain karena hasil edit nya tampak berkualitas, juga karena aplikasi ini bisa digunakan secara gratis meskipun terdapat versi premium dengan kualitas filter yang jauh lebih bagus.

Ada banyak pilihan filter menarik yang bisa kamu coba dan bisa meningkatkan kekreatifitasan kamu. Namun, terkadang terdapat kendala yang ditemukan oleh para pengguna aplikasi lightroom.

Kendala yang paling umum ditemukan adalah tidak bisanya membuka aplikasi ini. Kenapa hal tersebut bisa terjadi? Simak penjealasan lengkapnya di artikel ini.

Kenapa Aplikasi Lightroom Tidak Bisa Dibuka?

Kenapa Lightroom Tidak Bisa Dibuka

Ada banyak faktor yang menjadi penyebab aplikasi Lightroom tidak bisa dibuka dan cara mengatasinya. Berikut ini beberapa faktor penyebab tersebut.

Penyimpanan Penuh

LR merupakan salah satu aplikasi edit foto yang bisa dibilang berat. Jadi, pastinya aplikasi ini membutuhkan banyak ruang penyimpanan pada ponsel atau PC kamu.

Ketika RAM dan penyimpanan perangkat kamu penuh, akan muncul beberapa kendala bila kamu ingin mengedit foto menggunakan aplikasi ini.

Kendala umum yang sering terjadi adalah tidak bisanya dibuka aplikasi lightroom ini, atau ketika sudah terbuka tiba-tiba keluar sendiri dari aplikasi tersebut.

Solusinya:

Untuk mengatasi penyebab ini tidaklah sulit, karena kamu hanya perlu mengosong ruang penyimpanan agar aplikasi Lightroom bisa diakses atau dibuka.

Cara paling mudahnya adalah menghapus beberapa file dan aplikasi tidak penting dari perangkat, kalau dirasa semua aplikasi penting kamu bisa pindahkan file tersebut ke perangkat lain atau upload ke Google Drive.

Versi Aplikasi yang tidak Cocok Dengan Perangkat

Ketika ingin mendownload aplikasi ini pastikan ponsel yang kamu gunakan cocok dengan versi aplikasinya. Karena tidak semua handphone cocok dengan versi aplikasi ini.

Ketika terdapat ketidakcocokan antara perangkat dan aplikasi Lightroom, maka kamu pasti tidak akan bisa membuka aplikasi atau terjadi masalah saat mengaksesnya.

Hal ini tidak hanya terjadi pada aplikasi Lightroom saja, tapi hampir disemua aplikasi editing lainnya, pihak developer atau pengembang aplikasi memberi syarat pada spesifikasi perangkat yang bisa dan tidak bisa mengakses Lightroom.

Solusinya:

Agar bisa lancar mengakses dan mengoperasikan aplikasi Lightroom di perangkat seluler, kamu harus pastikan bahwa perangkat sudah memenuhi syarat dan ketentuan yang dibutuhkan, terutama pada penggunaan sistem android yakni paling tidak harus menyematkan sistem android versi 5.0 keatas.

Prosesor Tidak Memadai

Lightroom termasuk aplikasi dengan hasil edit yang sangat bagus, jadi tidak heran jika kamu membutuhkan prosesor yang juga bagus untuk bisa memiliki aplikasi ini.

Jika prosesor ponsel yang kamu miliki pas-pasan atau bahkan buruk, maka kamu akan menemukan beberapa kendala ketika ingin menggunakan aplikasi ini. Bisa saja ketika menggunakan nya malah berjalan lelet, bahkan sampai tidak dapat dibuka.

Solusinya:

Untuk mengatasi penyebab ini tidak jauh berbeda dengan penjelasan diatas, kamu harus memastikan bahwa perangkat yang digunakan sudah memenuhi syarat dan ketentuan pihak Lightroom, terutama pada prosesor yang digunakan.

Kenapa? karena prosesor akan menentukan seberapa cepat perangkat dapat mengakses atau menjalankan suatu aplikasi, jika versi prosesor yang digunakan rendah bisa mengakibatkan masalah ini.

Terlalu Banyak Membuka Aplikasi Lain

Ketika kamu ingin menggunakan lightroom pada laptop atau perangkat seluler, tapi pada saat yang sama kamu juga sedang membuka berbagai aplikasi lain, maka kendala yang satu ini mungkin saja akan kamu alami.

Banyaknya aplikasi yang berjalan di latar belakang bisa saja menjadi penyebab LR tidak bisa dibuka atau pun digunakan.

Solusinya:

Silahkan kamu tutup dulu beberapa aplikasi yang sedang berjalan di belakang layar, ini dilakukan agar perangkat bisa lebih fokus untuk mengakses aplikasi Lightroom.

Aplikasi Sedang dalam Perbaikan

Untuk memberikan performa yang baik dan memberikan kepuasan kepada pengguna nya, berbagai aplikasi pasti akan melakukan pemeriksaan berkala.

Pemeriksaan ini bisa saja untuk memperbaiki jika saja ada bug pada aplikasi tersebut. Ketika sebuah aplikasi sedang dalam perbaikan atau pun sedang ada update terbaru, maka salah satu masalah yang akan kamu temui adalah tidak bisa terbukanya aplikasi tersebut.

Begitu pula dengan aplikasi lightroom. Jadi, ini juga bisa menjadi penyebab kamu tidak bisa membuka palikasi lightroom. Mengingat perbaikan seperti memerlukan server netral sehingga akses akan ditutup sementara waktu sampai proses perbaikan selesai.

Solusinya:

Sebagai pengguna, kamu tidak perlu melakukan hal apapun selain menunggu karena secara teknis perbaikan dan update kapasitas server hanya bisa dilakukan oleh pihak Lightroom.

Terdapat Pembaruan Aplikasi

Jika terdapat sebuah pembaruan yang mengharuskan kamu untuk mengupdate versi aplikasi lightroom yang kamu miliki, maka sebelum kamu melakukan update bisa saja kamu tidak bisa membuka aplikasi tersebut.

Hal ini biasa terjadi pada banyak aplikasi yang sering kamu gunakan, berarti tidak hanya terjadi pada aplikasi Lightroom saja melainkan aplikasi lain.

Ini hampir sama dengan perbaikan pada server utama, hanya saja ini tahap selanjutnya atau finishing. Sebagai pengguna kamu diharuskan untuk segera update aplikasi ke versi terbaru.

Kenapa? karena pada dasarnya developer atau pengembang menghadirkan versi terbaru memiliki tujuan utama yakni memperbaiki masalah pada versi lama dan menambah beberapa fitur baru.

Solusinya:

Satu satunya caranya adalah update aplikasi Lightroom ke versi paling baru melalui Play Store atau App Store agar performa aplikasi bisa kembali normal.

Baca Juga:

Data Aplikasi Rusak

Selain karena beberapa hal diatas, penyebab lain dari masalah ini adalah ada data aplikasi Lightroom yang rusak atau hilang.

Seperti yang kita semua tahu, ketika menginstall aplikasi ini dari Play Store perangkat akan menyimpan beberapa data penting, data tersebut sangat penting terutama dalam hal pengoperasian aplikasi.

Ketika ada beberapa data yang terdeteksi rusak atau hilang, maka wajar kalau tiba tiba aplikasi Lightroom tidak bisa diakses.

Solusinya:

Untuk mengatasi penyebab ini tidaklah sulit, kamu bisa hapus data aplikasi dengan cara buka pengaturan perangkat, cari dan klik kelola aplikasi, klik aplikasi Lightroom, klik kelola penyimpanan, dan klik hapus data.

Setelah itu, buka kembali aplikasi Lightroom, biasanya perangkat akan mendownload ulang data yang dibutuhkan sehingga data yang sebelumnya rusak atau hilang bisa tersimpan kembali.

Apabila cara ini tidak berhasil, kamu bisa uninstall aplikasi Lightroom dan install kembali melalui Play Store, cara ini hampir sama dengan penjelasan diatas hanya saja hasilnya lebih maksimal.

Menggunakan Aplikasi Lightroom Mod

Beberapa dari kalian pasti ada yang menggunakan aplikasi Lightroom mod bukan? Memang sih, jika dibandingkan dengan versi asli versi mod lebih menggoda karena menyediakan lebih banyak fitur yang bisa diakses secara gratis.

Hanya saja kembali lagi, server utama Lightroom versi mod dan asli terhubung menjadi satu sehingga apabila developer mendeteksi adanya aktivitas mencurigakan, maka pihak mereka akan menutup akses aplikasi mod yang kamu gunakan.

Hal inilah yang sering kali membuat kamu tiba tiba tidak bisa menggunakan apliaksi Lightroom, meski sudah menginstall aplikasi versi asli. Pihak Lightroom sudah memblokir akses perangkat yang kamu gunakan sehingga perangkat tidak akan bisa membuka aplikasi Lightroom.

Perangkat Bermasalah

Penyebab terakhir dari masalah ini adalah perangkat yang digunakan bermasalah, seperti yang kita semua tahu perangkat berperan sebagai alat penghubung antara kamu dan aplikasi Lightroom.

Apabila ada masalah pada perangkat yang digunakan, maka akan berdampak juga pada perintah yang berikan untuk mengakses aplikasi tersebut.

Berkaitan dengan hal tersebut, ada banyak hal yang bisa menjadi penyebabnya yakni ruang penyimpanan penuh, cache menumpuk, tidak rutin update aplikasi yang terinstall, dan sistem OS bermasalah.

Solusinya:

Adapun beberapa hal yang harus dilakukan untuk mengatasi beberapa hal yang menyebabkan perangkat seluler bermasalah, diantaranya:

  • Hapus Cache, pertama kamu harus hapus semua cache yang ada di perangkat seluler, disini kamu bisa hapus secara manual melalui pengaturan atau bisa menggunakan aplikasi tambahan.
  • Hapus file dan aplikasi tidak penting, terkait ruang penyimpanan penuh kamu harus menghapus beberapa file dan aplikasi dari perangkat mu.
  • Update OS, seperti yang kalian ketahui OS atau perangkat lunak adalah otak ponsel, jika kita tidak pernah update atau telat update akan mempengaruhi performa perangkat. Oleh karena itu mulai sekarang kamu harus rutin update perangkat lunak melalui pengaturan dan masuk ke tentang ponsel.
  • Update semua aplikasi, terakhir adalah update semua aplikasi yang terinstall di ponsel mu melalui Play Store atau App Store.
  • Muat Ulang Perangkat, ini menjadi cara terakhir setelah Anda melakukan 4 perawatan diatas. Kenapa perlu dilakukan? dengan memuat ulang perangkat Anda secara langsung membantu perangkat menghilang bug virus sehingga kinerja bisa kembali pulih.

Itulah penjelasan yang bisa Calonpengangguran sampaikan kepada kamu semua mengenai kenapa aplikasi lightroom tidak bisa dibuka beserta cara mengatasi. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *