Apa Arti Kata Kiyowo Dalam Bahasa Gaul? Ini Penjelasannya

Mungkin kata Kiyowo sudah tidak asing lagi  khususnya bagi orang-orang yang mengikuti perkembangan hiburan Korea Selatan. Kata ini seringkali di dengar dalam percakapan sehari-hari baik itu dalam variety show dan juga drama khususnya drama yang mempunyai genre romansa.

Selain itu semakin lama ada banyak orang yang mengucapkan kata tersebut, beberapa diantara mereka mungkin sudah tahu arti kata kiyowo namun tidak sedikit diantara nya yang hanya ikut-ikutan saja. Bagi kalian yang ingin mengetahui apa arti kata kiyowo dalam bahasa gaul silakan simak penjelasan berikut ini.

Sekilas Tentang Penggunaan Kata Kiyowo

Arti Kata Kiyowo

Kiyowo merupakan sebuah kata yang yang berasal dari bahasa Korea, kata ini sering diucapkan di drama khususnya drama yang punya genre romansa. Selain itu kata Kiyowo juga sering digunakan dalam variety show dan percakapan sehari-hari .

Semakin lama penggunaan kata kiyowo pun semakin banyak digunakan. Ada banyak orang yang menggunakan kata ini tanpa mengetahui artinya terlebih dahulu, beberapa di antara mereka mungkin sudah mengetahui arti kata tersebut namun tidak sedikit diantara yang lainnya hanya ikut-ikutan saja.

Kiyowo merupakan salah satu bahasa gaul yang diserap dalam bahasa Korea, penggunaan bahasa gaul belakangan ini semakin meningkat,ada banyak bahasa gaul yang diserap dari bahasa asing salah satunya bahasa Inggris dan juga bahasa Korea serta bahasa gaul yang muncul akibat interaksi di sosial media.

Arti Kata Kiyowo Dalam Bahasa Gaul

Kiyowo atau gwieyowo (귀여워) adalah sebuah kata yang berasal dari bahasa Korea. Jika diterjemahkan secara langsung mempunyai arti imut dan lucu. Kata ini seringkali digunakan untuk memuji teman kencan hingga kekasih.

Jadi perlu diketahui kalau kata tersebut tidak bisa diucapkan kepada sembarangan orang, kata ini seharusnya dilontarkan kepada mereka yang sudah kenal dekat misalnya pacar. Selain Kiyowo, ada kata  lain yang mempunyai  makna hampir sama. Kata tersebut adalah Kyopta, Kyopta adalah bentuk lain dari kiyowo tersebut.

Kyeopta atau gwiyeopda (귀엽다) mempunyai arti yang sama dengan kiyowo, yang membedakan keduanya yaitu letak objek yang dipuji. Kiyowo biasanya diucapkan untuk memuji orang lain sedangkan kyeopta digunakan untuk memuji benda dan juga makhluk hidup selain manusia misalnya saja seperti kelinci, kucing, bunga, pakaian dan lain sebagainya.

Kyeopta dan kiyowo merupakan pujian yang menunjukkan sesuatu benda atau orang yang terlihat imut dan lucu, akan tetapi kata ini adalah kata yang biasanya diucapkan untuk hal-hal nonformal. Oleh sebab itu seperti yang dikatakan sebelumnya kata ini hanya digunakan untuk mereka yang sudah dekat dengan orang lain.

Namun jika seseorang ingin memuji orang lain menjadi bentuk yang lebih formal ataupun lebih sopan mungkin mereka bisa menggunakan kata gwiyeopsumnida (귀엽습니다). Kata ini merupakan bentuk formal dari kiyowo dan terdengar lebih sopan.

Baca Juga:

Apakah Warga Indonesia Menggunakan Kata kiyowo?

Indonesia merupakan salah satu negara yang menggunakan kata kiyowo dalam percakapan sehari-hari, tidak sedikit di antara mereka yang menggunakan kata tersebut setelah melihat kata ini di drama Korea dan lainnya.

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, kata kiyowo diartikan sebagai kata yang menunjukkan sesuatu imut atau lucu. Sehingga tidak sedikit di antara orang Indonesia khususnya para pecinta Korea yang memuji sesuatu dengan menggunakan kata tersebut.

Namun sayangnya mereka menggunakan kata kiyowo untuk semua hal baik itu memuji teman, benda, hewan dan lain sebagainya. Jika dilihat dari struktur bahasa penggunaan kata ini memang tidak dibenarkan akan tetapi jika dilihat dari tujuan kata tersebut dalam kehidupan sehari-hari  penggunaan kata tersebu bisa saja digunakan.

Akhir Kata

Itulah penjelasan mengenai apa arti kata kiyowo dalam bahasa gaul, kata yang berasal dari bahasa Korea mempunyai arti imut dan juga lucu.

Kata ini sering digunakan untuk memuji orang yang sudah dekat dengan kita. Sedangkan untuk memuji benda atau makhluk hidup selain manusia kita bisa menggunakan kata Kyopta. Kata kiyowo digunakan untuk memuji orang yang sudah akrab atau dekat.

3 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *