Apa Arti Kuluwedhus Dalam Bahasa Jawa Viral di Tiktok

Seperti yang kita semua tahu Tiktok menjadi sosial media yang memilik banyak pengguna, baik dari Indonesia maupun luar negeri.

Tidak heran kalau kamu sering menjumpai istilah baru dari vt atau video Tiktok yang membuat kita bingung dengan artinya.

Berbicara mengenai istilah atau kata viral, belakangan ini pengguna Tiktok tengah dihebohkan dengan kata Kuluwedhus.

Ternyata kata ini berasal dari bahasa Jawa sehingga tidak heran kalau banyak pengguna Tiktok yang berasal dari daerah luar Jawa tidak mengetahui arti kata tersebut.

Jika kamu salah satu pengguna Tiktok yang penasaran dengan apa arti kata “Kuluwedhus” bisa membaca ulasan yang akan Calonpengangguran berikan dibawah ini.

Alasan Kuluwedhus Viral di Tiktok

Sebelum membahas lebih jauh terkait kata viral ini, tentu kamu juga ingin tahukan kenapa kata kuluwedhus bisa viral.

Kata ini pertama kali digunakan pada kreator Tiktok bernama Jessica Effenndy dengan judul konten “Nyari Orang Jawa”.

Dalam konten tersebut mencerita seorang wanita atau pemilik akun Tiktok sedang mencari orang Jawa untuk belajar bahasa Jawa.

Ia mencari orang Jawa sampai datang langsung ke daerah Jawa atau tepatnya di Semarang dengan menaiki pesawat. Setelah sampai di Semarang Jessica langsung bertanya keseorang wanita, apakah kamu orang Jawa? Iya

Lalu ditanya lagi apa bahasa Jawanya aku sangat mencintai mu, jawaban dari orang Jawa ini adalah Kuluwedhus atau Kulowedhus.

Setelah mengetahui bahasa Jawanya aku mencintah mu, dengan bangganya dia mengucapkan ke orang orang yang dia temui dijalan pulang, orang yang mengerti arti kata itu meresponnya sambil tertawa, karena arti sebenarnya bukanlah aku mencintaimu.

Apa Arti Kuluwedhus Viral?

Arti kuluwedhus dalam bahasa jawa

Kata ini berasal dari bahasa Jawa, kalau diartinya dengan kamus bahasa Jawa berarti Domba atau Kambing.

Dari yang sangat dengar dari vt Jessica ini penulisan katanya adalah Kuluwedhus, kalau tulisannya begitu orang Jawa sendiri pasti bingung karena tidak ada kata atau istilah Jawa yang seperti itu.

Kuluwedhus terbagi atas dua kata yakni kulu dan wedhus, kulu sendiri saya tidak tahu artinya apa, jadi ada kemungkinan si Jessica salah penulisan atau typo, sementara wedhus adalah domba atau kambing.

Pendapat saya yang dimaksud oleh Jessica adalah Kulowedhus yang terdiri dari dua kata juga, yaitu kulo artinya saya dan wedhus artinya kambing. Maka diketahui kuluwedhus atau kulowedhus memiliki arti saya domba atau saya kambing.

Kata ini tentu bertolak belakang dengan apa yang ditanyakan oleh Jessica ke orang Jawa yang ia temui di Semarang, Jessica bertanya apa bahasa Jawanya Aku Mencintaimu yang seharunya dalam bahasa Jawa Kulo Tresno Karo Sampean, bukan Kulowedhus.

Mungkin hanya itu yang bisa Calonpengangguran jelaskan kepada kamu semua mengenau Apa Arti Kuluwedhus atau Kulowedhus dalam bahasa Jawa viral di Tiktok. Semoga informasi singkat ini bisa bermanfaat, sekian dan terima kasih.

Baca Juga:

5 Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *