Apa Arti Kata Estetika Sendiri, Ketahui Penjelasan Lengkapnya Disini!

Akhir-akhir ini kata aesthetic sering digunakan oleh warganet untuk menunjukkan sesuatu yang memiliki makna dan keindahan yang anti mainstream. Namun bagi sebagian orang kata ini masih terdengar asing dan terkadang penggunaannya tidak sesuai dengan kata yang sebenarnya sehingga banyak warganet yang mencari arti aesthetic. 

Sebenarnya aesthetic merupakan sebuah kata atau istilah yang muncul dari kata estetika, bisa dibilang estetika adalah kata dasar dari istilah estetik yang saat ini populer. Lalu sebenarnya apa itu arti dari kata estetika sendiri? Kenapa saat ini orang-orang banyak mengaitkan kata estetik atau estetika dengan sesuatu yang sifatnya justru kekinian dan modern serta memberikan kesan vintage. 

Padahal jika dikaji ulang, arti dari kata estetika sendiri yaitu lebih cenderung menunjukkan keindahan sebuah benda yang memiliki nilai seni. Agar tidak salah paham, pada artikel ini kami akan memberikan pembahasan yang mungkin bisa membantu kamu untuk memahami arti kata estetika, berikut ulasannya!

Arti Kata Dari Estetika Sendiri

Arti Dari Kata Estetika Sendiri

Secara garis besar, estetika sendiri berasal dari bahasa Yunani yaitu aesthesis yang menunjukkan perasaan atau sensitivitas terhadap sesuatu, seiring dengan waktu arti kata estetika bergeser dan bisa diartikan sebagai ilmu pengetahuan yang memiliki sifat filosofis mengenai seni. 

Ternyata kata aesthetic yang banyak digunakan oleh warganet saat ini merupakan bahasa latin dari kata aslinya yaitu estetik. Aestheticus merupakan bahasa latin yang memiliki makna merasa, estetika juga dapat diartikan sebagai susunan yang berupa bagian dari sesuatu yang mengandung pola. Pola ini mempersatukan bagian-bagian lain yang membentuknya yang kemudian menciptakan keselarasan.

Hasil dari keselarasan bagian-bagian yang disatukan tersebut akan membentuk suatu keindahan dimana keindahan tersebut sangat dipengaruhi oleh perasaan seseorang individu. Jadi bisa dibilang arti kata dari estetika sendiri tidak hanya tentang bentuk tetapi juga menyangkut tentang keindahan dari sebuah makna yang tersirat.

Jadi sudah jelas ya kenapa tren aesthetic misalnya dari foto-foto Instagram atau efek dan filter yang digunakan saat ini dinilai indah bagi mayoritas warganet. Hal tersebut dikarenakan mereka menganggap sesuatu yang dilihat tersebut memiliki makna yang mempengaruhi perasaan untuk dikagumi. Perasaan kagum tersebut merupakan suatu keindahan yang tidak ternilai bahkan tidak bisa dideskripsikan.

Baca Juga:

Bagaimana Penggunaan Estetika Sendiri?

Perlu kamu tahu bahwa penggunaan kata estetika sendiri biasanya diungkapkan sebagai apresiasi untuk suatu bentuk keindahan serta perasaan atau kekaguman. Nilai dari sebuah estetika tidak bisa ditentukan karena sifatnya sangat relatif sehingga setiap orang tentunya memiliki pengalaman masing-masing dalam menanggapi suatu keindahan atau estetika.

Dengan kata lain pengalaman estetis seseorang cenderung menekankan pada hal-hal untuk sesuatu yang alami, bisa dibilang bahwa kate estetika menunjukkan keindahan yang akan menjadi sempurna jika diciptakan bukan ditiru ataupun dimanipulasi oleh hal lainnya. Oleh karena itu seringkali hal yang tidak terduga bisa saja disebut indah karena sifatnya yang orisinil atau anti mainstream. Berikut adalah contoh penggunaan kata estetika atau aesthetic:

  • Kita perlu mencari tempat aesthetic untuk foto prewedding besok
  • Guci ini benar-benar memiliki nilai estetika 
  • Efek Instagram yang aesthetic bisa menambah bagus hasil foto
  • Lukisan ini benar-benar memberikan kesan yang aesthetic
  • Ternyata membuat karya dengan estetika itu cukup sulit ya
  • Apakah kamu bisa melihat nilai estetika dari kesenian ini?
  • Dan masih banyak lagi

Dari contoh penggunaan kata estetika sendiri yang sudah kami sebutkan diatas, apakah kamu sudah memiliki gambaran dari cara menggunakan kata ini sebagai bahasa sehari-hari atau mengoperasikan sesuatu? Intinya adalah penggunaan kata estetika biasanya melekat pada hal-hal yang sifatnya kesenian dan lebih identik kepada nilai dari sebuah benda.

Sedangkan kata aesthetic bisa dibilang sangat fleksibel dan kekinian karena kata estetika mungkin agak formal digunakan dalam kehidupan sehari-hari namun kata aesthetic sudah cukup akrab di telinga masyarakat. Kamu bisa menggunakan kata-kata ini sebagai ekspresi untuk menyampaikan keindahan benda yang memiliki makna tersendiri.

Akhir kata, itulah informasi tentang arti dari kata estetika sendiri atau yang lebih sering kita dengar saat ini yaitu aesthetic. Semoga artikel kali ini dapat memberikan kamus bahasa baru yang mungkin bisa bermanfaat kedepannya, jangan lupa di-share jika ini bermanfaat bagi orang lain serta nantikan update artikel kami selanjutnya ya!

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *