Apa Arti Kata Paper Dalam Bahasa Indonesia? Cek Penjelasannya!

Pernahkah kamu mendengar istilah paper? Kata paper memang sering muncul di kalangan mahasiswa atau kegiatan akademik. Namun sebenarnya apa maksud dan arti paper dalam bahasa Indonesia, mengingat paper merupakan serapan dari bahasa asing yang berarti kertas secara garis besar. Paper juga bisa menjadi pengganti istilah dari makalah, tugas, rangkuman, dan masih banyak lagi.

Sehingga paper berisi pembahasan atau penjelasan tertentu tentang pengetahuan yang dimiliki oleh mahasiswa atau akademisi. Pertanyaannya Apakah paper juga bisa diterapkan dalam sekolah? Jawabannya meskipun bisa namun jarang ada sekolah yang menerapkan sistem paper kepada muridnya karena biasanya paper berisi suatu topik tertentu yang kompleks.

Jadi penggunaan kata paper tidak hanya secara umum namun saat ini sudah bergeser maknanya sehingga semua kertas memang disebut paper namun belum tentu kertas karena saat ini banyak paper yang ditulis di Microsoft office pada laptop dan PC namun menggunakan istilah paper meskipun tidak ditulis diatas kertas. Untuk mengetahui lebih jauh tentang arti kata paper yuk simak artikel yang akan kami rangkum sebagai berikut.

Arti Paper Dalam Bahasa Indonesia

Arti Kata Paper

Maksud dari kata paper merupakan sebuah tulisan yang yang berisi penjelasan dan pembahasan topik tertentu yang didukung oleh data serta argumen yang kuat dan valid.

Istilah paper juga digunakan sebagai ringkasan dari sebuah penelitian yang sedang dilakukan, memang secara bahasa arti paper hanyalah kertas namun kini paper digunakan dalam berbagai macam istilah dalam unsur pendidikan. 

Ada juga yang menyebut paper sebagai tugas akhir yang padat dan jelas serta memiliki halaman yang yang bisa dibilang sangat sedikit dibandingkan makalah.

Hal ini cukup unik karena paper sudah memiliki cakupan arti yang luas dibandingkan arti yang sebenarnya. Seringkali orang-orang sulit membedakan antara paper dan makalah, pada dasarnya paper memang memuat ide-ide serta memiliki perspektif dan argumen kuat.

Makalah biasanya sebagai susunan dari hasil laporan penelitian yang memiliki struktur yang sudah ditentukan serta memberikan informasi yang apa adanya tanpa argumen atau hal-hal kompleks lainnya.

Inti dari perbedaan keduanya yaitu adanya perspektif pada paper yang wajib ditonjolkan dan bukan hanya sebuah kumpulan tulisan yang mungkin sudah semua orang ketahui seperti makalah.

Melihat arti kata paper yang seperti ini tentu saja membuat istilah paper digunakan dalam merepresentasikan salah satu jenis karya ilmiah. Nah, makalah pun termasuk karya ilmiah sehingga seringkali seorang murid dan mahasiswa bingung tentang paper dan makalah.

Tidak heran saat diinstruksikan untuk membuat paper makalah yang ditulis adalah format makalah karena sudah terbiasa untuk membuat makalah sebelumnya saat sekolah.

Maksud dan arti paper sebenarnya jauh lebih fleksibel meskipun berisi tentang tulisan-tulisan yang kompleks dan dan memiliki argumen yang kuat. Selain itu paper juga memiliki penjelasan dan pembahasan yang lebih singkat serta fokus pada analisa masalah. Paper juga biasanya berisi pengembangan suatu masalah dan bisa berkembang ke arah yang lebih spesifik.

Baca Juga:

Tujuan Adanya Kata Paper dan Sistematikanya

Setelah membahas tentang kata paper tentunya akan sayang sekali jika kita tidak membahas tentang tujuan dan sistematikanya.

Kata paper ternyata memiliki tujuan tersendiri disamping dari arti sebenarnya yaitu kertas ternyata paper digunakan untuk melatih mahasiswa maupun akademisi untuk mengungkapkan dan menjelaskan pemikiran secara ilmiah. Dengan menulis paper dapat melatih kemampuan menulis secara metodologis dan sistematis.

Dapat disimpulkan tujuan kata paper sebagai alat untuk mengukur dan mengetahui pemahaman mahasiswa atau akademisi terkait suatu topik atau permasalahan tertentu. Paper memang lebih menonjolkan argumen dan pemikiran sehingga dapat menunjukkan tingkat kerangka berpikir mahasiswa atau akademisi.

Sebagai informasi, paper juga memiliki sistematika yang mencakup judul, abstrak, pendahuluan, metodologi, pembahasan serta penutup. Jangan lupa juga pada akhir paper harus melampirkan daftar pustaka, perhatikan juga ukuran an-nur dan kertas serta jenis font yang digunakan sesuai dengan aturan penulisan. Meskipun paper memiliki sistematikanya namun tetap bersifat fleksibel sesuai dengan aturan yang ditentukan.

Oleh karena itu, pada akhirnya paper terbagi dalam berbagai macam jenis sehingga saat menulis paper kamu harus menentukan terlebih dahulu apa yang ingin kamu tulis. Namun, secara umum paper merupakan ringkasan dari sebuah pembahasan dengan jelas dan padat sehingga pembaca tidak merasa bosan melihat informasi yang ingin kamu sampaikan.

Akhir kata, sekian informasi yang dapat kami sampaikan tentang apa arti kata paper sehingga dapat menambah kosakata dalam berbahasa kamu. Semoga artikel kali ini dapat bermanfaat dan terimakasih sudah membaca sampai habis. Matikan selalu update artikel dari situs kami selanjutnya ya!

3 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *