Apa Arti Rungkad Dalam Bahasa Gaul? Ini Penjelasan Lengkapnya!

Bahasa gaul memang selalu memberikan kejutan dalam berkomunikasi sehingga banyak orang yang merasa heran dan tidak mengerti dari kata-kata yang sedang dibicarakan padahal kata tersebut sedang populer dan viral.

Salah satu istilah yang akan kita bahas kali ini yaitu arti rungkad dalam bahasa gaul. Istilah rungkad saat ini menjadi bahasa gaul yang cukup banyak digunakan oleh banyak orang. 

Bagi kamu yang pernah mendengar kata rungkad namun merasa istilah ini dinilai asing memang sangat wajar karena bahasa gaul rungkad berasal dari bahasa daerah Sunda.

Jadi bisa dibilang ini merupakan kata serapan dari bahasa daerah menjadi bahasa gaul, seperti yang kita tahu banyak sekali bahasa daerah di Indonesia mengingat Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki berbagai macam kebudayaan dan suku.

Secara umum, arti rungkad dimaknai sebagai suatu hal yang bisa dibilang buruk dalam kondisi tertentu. Jika kamu penasaran tentang penjelasan sebenarnya dari arti runkat yang saat ini digunakan dalam bahasa gaul, berikut kami akan mengulasnya dalam artikel ini jadi jangan lewatkan informasinya dan simak sampai selesai ya!

Arti Rungkad Dalam Bahasa Gaul

Arti Rungkad Dalam Bahasa Gaul

Kata rungkad berasal dari bahasa Sunda yang disebut juga rongkad, rungkad dalam bahasa gaul yang diartikan ke bahasa Indonesia berarti tumbang.

Kata tumbang dalam hal ini berarti akarnya tercabut, jadi dalam bahasa Sunda sendiri ada istilah lain yang bernama rubuh yang artinya pohon yang roboh namun jika pohon tersebut tercabut hingga akar-akarnya disebut rungkad. 

Kemudian jika kata rungkad diadaptasi ke dalam bahasa gaul memiliki arti sebagai perumpamaan atau kata konotasi yang digunakan untuk mengungkapkan ketidakberuntungan, kerugian, terjatuh.

Bahasa rungkad dalam komunikasi sehari-hari digunakan untuk menyebut seseorang yang sedang dalam kondisi tidak baik dan sedang mengalami suatu masalah sehingga membuatnya merasa sedih atau putus asa.

Kondisi ini bisa dalam bidang pekerjaan, hubungan, karir, dan masih banyak lagi sehingga saat seseorang tidak mengalami keberuntungan atau terjadi suatu hal yang tidak diinginkan akan disebut sebagai rungkad sayang. Memang arti dari rungkad yaitu roboh namun dalam bahasa gaul digunakan untuk menyebut orang yang sedang dalam suatu problem atau masalah.

Biasanya penggunaan kata rungkad disebutkan dalam kondisi-kondisi tertentu serta tidak semua kondisi bisa di umpamakan dengan kata rungkad.

Jadi Apakah kamu sudah mengerti arti dari kata rungkad sebenarnya dalam bahasa gaul? Mulai saat ini kau bisa menggunakan istilah ini sebagai bagai istilah dalam bahasa gaul untuk berkomunikasi dengan orang lain atau juga dengan orang Sunda yang mungkin sudah mengerti dasar dari arti kata ini.

Baca Juga:

Contoh dan Penggunaan Kata Rungkad Dalam Bahasa Gaul

Sudah kami singgung sebelumnya bahwa penggunaan kata rungkad bisa kamu letakkan atau ungkapkan pada kondisi diri kamu sendiri atau orang lain yang sedang mengalami masalah atau dalam kondisi yang kurang mendukung.

Misalnya dalam berbisnis dan mengalami kerugian maka kata rungkad digunakan untuk mengibaratkan kondisi ini, namun saat menggunakan kata rungkad kamu harus memahami dulu situasinya agar tidak menyinggung orang lain.

Hal tersebut dikarenakan orang yang sedang mengalami kesulitan akan menjadi lebih sensitif dan akan sering mengalami salah paham jika kamu sampai salah mengungkapkan kata-kata atau istilah tertentu.

Ada juga orang yang merasa sedang merugi atau tidak beruntung namun kamu tidak boleh sembarangan menggunakan istilah rungkad, mungkin kamu bisa mengutarakan rasa simpati kamu terlebih dahulu.

Jadi bisa dibilang penggunaan kata rungkad tidak semudah yang dibayangkan dan tidak bisa digunakan dalam sembarang tempat dan kondisi. Agar kamu lebih memahami arti kata rungkad dalam bahasa gaul berikut kami akan memberikan beberapa contoh penggunaan kata tanya dalam berkomunikasi di kehidupan sehari-hari:

  • Tidak apa bisnis itu rungkad, dari kegagalan ini kamu bisa mendapatkan pengalaman berharga
  • Pekerjaanku sudah rungkad sayang, aku tidak bisa bekerja lagi
  • Bisa dibilang ksmi sedang rungkad, tapi kami tidak menyerah begitu saja
  • Dan masih banyak lagi

Akhir kata, sekian artikel yang menjelaskan tentang apa arti rungkad dalam bahasa gaul yang bisa kamu gunakan saat berkomunikasi sehari-hari serta kamu juga akan memahami jika orang lain sedang mengatakan istilah rungkad. Semoga informasi kali ini dapat bermanfaat dan menambah kosakata dalam berbahasa, jangan lupa bagikan jika ini bermanfaat bagi orang lain serta nantikan update artikel dari situs kami selanjutnya!

3 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *