Kenapa Tidak Bisa Daftar Akun SNPMB? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Kenapa Tidak Bisa Daftar Akun SNPMB Terbaru – Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) merupakan salah satu jalur yang disediakan oleh pemerintah sebagai sarana untuk perguruan tinggi negeri di Indonesia.

Jalur ini dibuka setiap tahun nya dan sering kali menjadi momen yang ditunggu-tunggu oleh para siswa tingkat akhir. Selain itu, seleksi menggunakan jalur ini juga dibuka gratis untuk semua siswa tingkat akhir di seluruh Indonesia.

Namun, terkadang saat ingin melakukan pendaftaran SNPMB ini ada saja kendala yang dihadapi oleh para calon mahasiswa. Apa saja kendala tersebut dan bagaimana cara mengatasinya? Serta kapan jalur seleksi ini dibuka untuk tahun 2024? Temukan informasi lengkapnya pada artikel ini. Simak penjelasan nya berikut.

Jadwal Registrasi SNPMB 2024

Untuk mengikuti SNPMB kamu perlu melakukan registrasi sebagai langkah awal menuju perguruan tinggi negeri. Registrasi tersebut bisa dilakukan sesuai jadwal tertentu. Berikut ini jadwal penting yang harus kamu ingat dan kamu catat agar tidak ketinggalan informasi pendaftaran SNPMB 2024

  • Jadwal pembukaan SNPMB 2024 dimulai pada tanggal 8 januari 2024
  • Batas akhir registrasi untuk sekolah pada tanggal 8 februari 2024
  • Batas akhir untuk siswa pada tanggal 15 februari 2024

Cara Melakukan Registrasi

Ikuti langkah-langkah dibawah ini untuk melakukan registrasi SNPMB 2024 tersebut.

  1. Buka link registrasi melalui SNPMB Registration
  2. Daftar lah dengan memilih opsi untuk siswa atau sekolah, biasanya opsi sekolah akan diisi oleh pihak sekolah. Jadi kamu bisa memilih opsi siswa jika kamu seorang siswa
  3. Masukkan NISN, NPSN, dan tanggal lahir kamu. Khusus untuk siswa luar negeri non SRI akan menggunakan NPSN 69999999
  4. Periksa data diri dan sekolah kamu, pastikan semua data sudah terisi dengan benar
  5. Masukkan email aktif yang kamu miliki
  6. Cek pesan masuk di email kamu dan lakukan aktivasi akun memalui email tersebut
  7. Jika pesan aktivasi akun belum masuk selama 24 jam, ulangi proses registrasi yang sudah kamu lakukan tadi
  8. Setelah berhasil melakukan aktivasi akun, masukklah ke portal SNPMB dan lakukan verifikasi dan validasi data kamu
  9. Laporkan ke sekolah jika terdapat kesalahan pada data kamu, pihak sekolah akan memperbaiki nya
  10. Isi biodata diri dan unggah pas foto formal kamu
  11. Unduh dan simpan bukti registrasi akun kamu

Jika kamu sudah melakukan langkah-langkah diatas, maka kamu sudah berhasil melakukan registrasi maka kamu bisa mengikuti SNPMB 2024.

Kenapa Tidak Bisa Daftar Akun SNPMB?

Kenapa Tidak Bisa Daftar Akun SNPMB

Ada beberapa faktor penyebab yang menjadi alasan mengapa kamu gagal melakukan registasi akun tersebut. Berikut ini faktor umum yang sering kali ditemukan oleh para calon mahasiswa tersebut.

Kesalahan Pengisian Data Pribadi atau Sekolah

Seperti yang telah disebutkan diatas, kamu harus benar-benar teliti ketika melakukan pengisian data pribadi kamu. Jika terdapat satu saja kesalahan baik itu berupa huruf maupun angka, maka kamu akan gagal melakukan registrasi tersebut.

Selain itu juga terkadang meskipun data diri kamu sudah benar, data sekolah kamu yang terdapat kesalahan. Jadi pastikan data diri san sekolah kamu sudah benar semunya.

Masalah Pada Jaringan Internet

Untuk melakukan registrasi online kamu tentu harus memiliki jaringan internet yang stabil. Jika jaringan internet kamu tidak stabil, maka kamu pasti akan mengalami beberapa kendala seperti gagalnya registrasi yang ingin kamu lakukan.

Solusinya:

Untuk mengatasi penyebab ini tidaklah sulit, langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah memastikan kecepatan internet yang perangkat mu gunakan.

Kamu bisa kunjungi situs Speedtest melalui aplikasi browser dan klik mulai, maka secara otomatis situs akan mengecek kecepatan internet mu.

Jika proses memuat situs lambat, bisa dipastikan ada masalah pada jaringan internet mu. Kenapa? karena situs ini terbilang ringan sehingga bisa diakses dengan cepat.

Coba ganti jaringan internet mu dengan jaringan lain seperti wifi atau kamu bisa registrasi lagi setelah koneksi kembali normal.

Server Utama SNPMB Down

Masalah yang satu ini kerap kali terjadi setiap pembukaan SNPMB. Hal ini dikarenakan banyak nya orang yang mengakses link pendaftaran SNPMB setiap tahun nya sehingga server mengalami down atau eror.

Ini bisa terjadi karena banyak hal, seperti teknisi sedang melakukan pemeliharaan server karena terdeteksi ada virus atau bug yang menyerang dan juga sedang upgrade kapasitas server karena diakses secara bersamaan oleh siswa/siswi.

Jika masalah ini terjadi, kamu bukan hanya tidak bisa melakukan registrasi, namun kamu bahkan tidak dapat membuka portal pendaftaran.

Solusinya:

Apabila ada masalah pada server utama, kamu tidak perlu melakukan hal apapun selain menunggu, karena masalah ini akan diatas oleh teknisi yang bertugas.

Email Salah atau Tidak Aktif

Jika alamat email yang kamu masukkan salah atau tidak atif tentu kamu tidak akan dapat melakukan aktivasi akun, ketika hal ini sudah terjadi maka jelas kamu tidak akan bisa melakukan registrasi akun.

Kenapa begini? karena teknisnya pihak SNPMB akan mengirim kode verifikasi ke alamat email yang didaftar, jika alamat email tidak bisa menerima pesan berupa link verifikasi maka proses registrasi akan gagal.

Perangkat Bermasalah

Penyebab terakhir dari masalah ini adalah perangkat yang kamu gunakan tidak mampu merespon perintah yang diberikan, ini terkait pada performa perangkat yang menurun.

Seperti yang kita tahu, perangkat berperan sebagai penghubung antara perintah yang kamu berikan dan situs SNPMB. Jika ada masalah pada perangkat, bisa dipastikan akan ada masalah juga pada perintah yang diberikan.

Terkait hal ini, ada beberapa hal yang bisa saja menyebabkan perangkat bermasalah diantaranya cache menumpuk, ruang penyimpanan penuh, sistem OS error, dan tidak rutin update aplikasi yang terinstall.

Solusnya:

  • Hapus Cache, pertama kamu harus hapus semua cache yang ada di perangkat seluler, disini kamu bisa hapus secara manual melalui pengaturan atau bisa menggunakan aplikasi tambahan.
  • Hapus file dan aplikasi tidak penting, terkait ruang penyimpanan penuh kamu harus menghapus beberapa file dan aplikasi dari perangkat mu.
  • Update OS, seperti yang kalian ketahui OS atau perangkat lunak adalah otak ponsel, jika kita tidak pernah update atau telat update akan mempengaruhi performa perangkat. Oleh karena itu mulai sekarang kamu harus rutin update perangkat lunak melalui pengaturan dan masuk ke tentang ponsel.
  • Update semua aplikasi, terakhir adalah update semua aplikasi yang terinstall di ponsel mu melalui Play Store atau App Store.
  • Muat Ulang Perangkat, ini menjadi cara terakhir setelah Anda melakukan 4 perawatan diatas. Kenapa perlu dilakukan? dengan memuat ulang perangkat Anda secara langsung membantu perangkat menghilang bug virus sehingga kinerja bisa kembali pulih.

Cara Mengatasi Gagal Melakukan Registrasi SNPMB Terbaru

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah tersebut. Berikut ini caranya.

  • Minta bantuan pihak sekolah. Hal ini bisa kamu lakukan jika terjadi kesalahan pada data sekolah kamu. Pihak sekolah akan memperbaiki kesalahan tersebut.
  • Buat laporan pengaduan melalui helpdesk yang sudah disediakan. Buka atau cari di browser kamu kata kunci seperti ini “SNPMB Helpdesk”. Ajukan laporan masalah yang sedang kamu hadapi, maka pihak SNPMB akan memeriksa masalah tersebut dan segera memperbaiki nya untuk kamu.
  • Hubungi pihak SNPMB melalui layanan telepon. Kamu bisa menghubungi nomor 08041450450. Nomor tersebut merupakan layanan yang disediakan panitia SNPMB untuk membantu mengatasi berbagai masalah terkait pendaftaran SNPMB 2024.
  • Kunjungi situs resmi SNPMB. Kamu bisa mengunjungi situs resmi yang mereka miliki, seperti halaman web dan sosial medianya. Tanyakan mengenai masalah yang sedang kamu hadapi. Salah satu sosial media instagram nya adalah _snpmbbppp.

Itulah beberapa informasi penting mengenai SNPMB 2024 yang bisa calonpengangguran sampaikan kepada kamu semua yang sedang mengalami masalah saat mendaftar akun SNPMB. Semoga bermanfaat!

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *