Apa Arti Kata Ambis Dalam Bahasa Gaul? Ini Penjelasannya!

Pernahkah kamu mendengar kata ambis entah itu dalam percakapan atau media sosial? Memang kata ambis belakangan ini menjadi populer dan sering digunakan untuk itu dalam berkomunikasi secara formal atau dalam bahasa gaul.

Lalu sebenarnya apa arti kata ambis sebenarnya, kata ambis biasanya digunakan untuk seseorang yang nampak antusias dan terobsesi dengan suatu pencapaian.

Istilah ini pastinya sudah sering kamu dengar, mungkin kamu berpikir bahwa secara bahasa kata ambis bermakna baik untuk kemajuan seseorang namun tidak sedikit juga orang-orang yang melakukan stereotip dari kata ini menjadi negatif.

Seringkali orang yang memiliki sifat ini akan dijauhi oleh orang lain karena bisa dibilang tidak asik dan terlalu serius.

Sehingga banyak orang yang masih belum mengerti dan salah paham untuk memahami arti kata ambis dalam bahasa gaul ataupun dalam berkomunikasi sehari-hari. Untuk menjawab rasa penasaran tersebut, yuk kita simak bersama penjelasan dari arti dan makna kata ambis yang bisa membantu kamu untuk memahami penggunaan istilah yang satu ini.

Mengenal Kata Ambis Bahasa Gaul 

Arti Kata Ambis

Arti ambis bahasa gaul sebenarnya diambil dari potongan istilah dalam bahasa Indonesia yaitu ambisi atau ambisius. Ambis memiliki arti yang sama dengan kata dasarnya yaitu menjelaskan atau menunjukkan sifat yang melekat pada seseorang untuk mencapai satu tujuan dan terlihat sangat berusaha keras untuk mendapatkannya. Dalam KBBI sendiri, kata ambis memiliki definisi berkeinginan keras untuk mencapai sesuatu harapan atau cita-cita.

Misalnya kata ambisi dilekatkan kepada seorang siswa yang sangat memiliki keinginan untuk mendapatkan juara 1 sehingga berbagai cara terbaik akan dilakukan untuk mendapatkan apa yang diinginkan. Hal ini tentu saja sangat baik, namun seperti yang kita tahu tidak semua orang menyukai sifat ini terutama bagi orang-orang yang membenci pemilik sifat tersebut secara personal.

Padahal bisa dibilang bahwa orang yang ambis memiliki cara tersendiri untuk berhasil dan mencapai keinginan dengan berusaha keras. Tapi mengapa arti kata ambis saat ini memiliki kesan negatif? Sebenarnya kesan negatif tersebut bukan terletak pada arti katanya namun orang-orang yang memiliki sifat iri terhadap orang yang bisa mencapai sesuatu dengan sifat ambis karena dianggap sombong, sok pintar, monoton, cari muka, dan sebagainya.

Baca Juga:

Penggunaan dan Contoh Kata Ambis 

Seperti yang sudah kita singgung sebelumnya bahwa istilah ambis memiliki dampak yang sangat baik terutama bagi orang yang melakukannya. Ambis biasanya hampir dimiliki oleh setiap orang yang baru mengenal atau melangkah pada sesuatu hal yang baru namun memang level ambis pada setiap orang berbeda-beda. 

Hal tersebut disebabkan karena harapan dan pencapaian setiap orang memiliki usaha masing-masing sehingga tidak bisa disamakan. Ada yang ambis menjadi juara 1 dan ada yang ambil cukup menjadi juara dua saja, jadi bisa dibilang bahwa ambis merupakan pilihan setiap orang dan tidak ada yang bisa menyalahkan orang yang ambis. 

Penggunaan kata ambis tidak hanya dalam hal akademis  saja tetapi juga dalam hal pekerjaan, bisnis, politik, sosial, dan lain-lain. Meskipun banyak orang ambis yang dianggap fokus untuk mementingkan diri sendiri dan tidak peduli dengan orang lain, sebenarnya hal tersebut tergantung dengan karakter masing-masing dan tidak bisa digeneralisasi. Jadi kurang tepat melekatkan stereotip negatif dengan orang-orang yang bersifat ambis.

Untuk memahami lebih dalam tentang makna dari sifat ambis berikut adalah contoh yang bisa kami rangkum untuk penggunaan kata ambis dalam bahasa gaul atau kehidupan sehari-hari:

  • Itu lho yang kabarnya ambis banget saat mata kuliah matematika (kata positif)
  • Ambis banget sih, sampai guru aja dijemput ke kantornya (kata negatif)
  • Doni ambis banget ya sampai juara 1, jadi pengen kayak dia (kata positif)
  • Ambis banget sih biar diperhatiin dan dapat nilai bagus (kata negatif)

Akhir Kata

Sebagai penutup kami ucapkan terima kasih sudah membaca artikel ini hingga selesai terkait apa arti kata ambis dalam bahasa gaul yang sebenarnya memiliki makna positif namun seringkali juga digunakan untuk mengungkapkan kata negatif kepada orang lain.

Intinya penggunaan kata ini tergantung situasi dan kondisi, bagi kamu yang ambis jadilah diri kamu sendiri dan capai hal yang diinginkan dengan caramu. Tetap semangat dan update selalu artikel dari situs kami!

3 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *