Apa Artinya Mukhaffaf? Ini Penjelasan dan Cara Pengucapan yang Benar!

Dalam Islam banyak sekali istilah yang selalu diucapkan oleh para ulama, biasanya hal ini memang sudah berasal dari bahasa Arab. Tidak bisa dipungkiri banyak sekali istilah Islam yang menggunakan bahasa Arab, dan untuk memaknai nya kita diwajibkan harus mengaji terlebih dahulu.

Bahasa Arab memang harus dipelajari apalagi yang menyangkut Al Qur’an dan Hadits terkadang hal tersebut harus dimaknai dengan makna yang tepat agar tidak terjadi salah arti dan perubahan yang bisa menimbulkan penyimpangan dalam sebuah ajaran Islam.

Bahasa Arab sudah menjadi bahasa yang sangat wajib kita pelajari apalagi agama Islam menganjurkan kita selalu membaca Al-Qur’an dan dapat memaknai dengan tepat. Bahasa Arab menjadi bahasa kesatuan bagi umat Islam agar makna dalam Al-Qur’an dapat terjaga dan tidak ada penyimpangan didalamnya.

Dalam artikel ini akan menjelaskan tentang sebuah arti bahasa Arab yang patut kita ketahui yaitu  Mukhaffaf artinya. Mungkin kita yang sudah sering mengaji mengetahui arti kata tersebut, namun dalam artikel ini akan membahas sedikit tentang Mukhaffaf artinya berikut penjelasannya berikut dibawah ini.

Arti Mukhaffaf?

Mukhaffaf Artinya

Kita mungkin yang sudah sering mengaji dan belajar ilmu fiqh mungkin sudah mengerti apa arti kata tersebut sehingga kita akan sedikit mengerti bahasa tersebut, namun yang belum mengerti arti kata ini mengarah pada sifat suatu hal yang artinya ringan. Arti ringan sendiri adalah suatu hal yang jika dikategorikan tidak terlalu berat dan sangat mudah atau ringan.

Mukhaffaf artinya memiliki sifat yang ringan atau mudah namun harus tetap diperhatikan dan tidak boleh diremehkan meskipun ringan, kita ambil 1 contoh najis Mukhaffaf, najis ini dikategorikan ringan dan sangat mudah untuk dibersihkan tetapi hal ini tidak boleh diabaikan karena akan membuat ibadah yang mewajibkan kita harus bersih akan batal sia sia karena hal yang mudah tersebut.

Mukhaffaf artinya juga dapat diartikan sebagai sesuatu hal yang mudah dikerjakan bukan hanya sifat suatu benda namun sebuah hal yang tidak memerlukan suatu hal yang banyak dipersiapkan lalu cukup mudah untuk dikerjakan. Namun harus tetap diperhatikan jika tidak akan menjadi hal yang sangat besar sehingga sulit untuk dikerjakan.

Baca Juga:

Cara Pengucapan Kata Mukhaffaf yang Benar

Dalam bahasa Arab untuk penyebutan kita harus sangat memperhatikan tajwid dan makhroj huruf agar tidak terjadi salah makna yang dapat mengakibatkan arti dan pengajaran yang menyimpang. Meskipun dapat kita mentranslate bahasa Indonesia namun kita tidak boleh asal dalam memaknai bahasa Arab. Maka inilah kita dalam mengaji harus memperhatikan apa yang dikatakan oleh pengajar ngaji kita. 

Mengaji menjadi hal yang sangat penting dan tidak boleh meremehkan, kita dalam mengaji juga harus serius meskipun kita hanya mempelajari sedikit demi sedikit tapi dari hal yang sedikit itu yang menjadi tolak ukur untuk kita menjadi orang yang dapat memahami Al-Qur’an. Artikel ini juga akan memberikan sebuah sedikit pemahaman agar kita dapat mengetahui apa arti dari Mukhaffaf. 

Untuk penyebutan Mukhaffaf ada beberapa ketentuan yang harus diperhatikan karena agar tidak terjadi kesalahan. Untuk penyebutan Mukhaffaf dalam lafadz nya tidak menggunakan Tasdid Dan Gunah pada tengah lafaz tersebut. Karena kata mukhaffaf sudah mempunyai arti sendiri yaitu ringan dan tidak memberatkan. Bukan hanya ringan dalam zat atau sifat namun dalam tindakan. 

Jadi dapat kita simpulkan Mukhaffaf memiliki arti ringan atau dapat dikatakan memudahkan namun harus selalu diperhatikan agar tidak menjadi besar masalah yang dihadapi akibat hal yang ringan tersebut. Lalu tidak ada Tasdid atau ghunah dalam lafaz tersebut meski mempunyai Mad didalamnya. Jika kita salah dalam penyebutannya akan membuat kita semakin Melenceng dari arti yang sebenarnya. Dan untuk penulisan huruf nya perlu diperhatikan.

Akhir Kata

Demikianlah artikel yang dapat kami sampaikan semoga bermanfaat bagi kita semua apalagi dengan apa arti Mukhaffaf yang sudah sedikit dijelaskan tadi semoga dapat bermanfaat nantikan update dari kami selanjutnya untuk artikel menarik dari situs kami.

3 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *