Apa Arti Kata Binasa dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)? Ini Penjelasannya!

Saat ini, penggunaan bahasa Indonesia semakin meluas seiring dengan kemajuan teknologi yang berkembang pesat. Di beberapa negara, bahasa indonesia dijadikan sebagai mata pelajaran di sekolah, hal ini tentu menjadi kebanggaan tersendiri bagi bangsa Indonesia karena bahasanya yang sudah go internasional.

Namun, terkadang masih ada orang Indonesia yang yang tidak mengetahui arti dari beberapa kosakata yang dianggapnya asing dan jarang digunakan dalam kalimat. Kalau sudah begitu, orang-orang akan memilih mencarinya di Kamus Besar Bahasa Indonesia yang merupakan kamus resmi bahasa Indonesia yang disusun oleh tim penyusun kamus pusat bahasa dan diterbitkan oleh balai pustaka.

Seiring perkembangan teknologi yang semakin maju, Kamus Besar Bahasa Indonesia tersedia secara online dan hanya memerlukan fasilitas internet untuk menggunakannya. Hal tersebut tentu membawa kemudahan bagi banyak orang untuk mencari arti dari sebuah kata dalam bahasa Indonesia.

Salah satu yang banyak dicari saat ini yaitu arti binasa dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia. Untuk memberikan informasi mengenai arti kata dalam bahasa indonesia tersebut dengan cepat dan tepat, artikel kali ini akan membantumu untuk mencari arti kata binasa dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia dengan praktis dan mudah.

Arti Kata Binasa dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia

Arti Kata Binasa

Tahukah kamu, menurut KBBI kata binasa memiliki arti rusak sama sekali, hancur lebur, dan  musnah. Kata binasa ini termasuk kelompok kata adjektiva atau kata sifat yang bisa diberi imbuhan dan akhiran untuk membentuk kata lainnya. 

Beberapa kata yang berasal dari kata dasar binasa diantaranya yaitu kebinasaan (kata benda), membinasakan (kata kerja), dan pembinasaan (kata benda). Beberapa kata tersebut digunakan dalam kalimat yang berbeda tergantung dengan situasinya. 

Pada kalimat, kata kebinasaan termasuk jenis kata benda yang didefinisikan sebagai suatu keadaan rusak sama sekali. 

Sedangkan, pada kata membinasakan termasuk ke dalam jenis kata kerja yang berarti merusakkan sama sekali, memusnahkan, dan membunuh habis-habis.

Terakhir pada kata pembinasaan yang termasuk ke dalam jenis kata benda yang bisa berarti proses, cara, perbuatan membinasakan ; perusakan sama sekali; penghancurleburan; pemusnahan.

Tahukah kamu, kata binasa ini memiliki banyak sinonim atau persamaan kata yang bisa digunakan untuk menggantikan kata tersebut. Selain itu, kata binasa ini bisa kamu jumpai dalam berbagai kalimat seperti dalam peribahasa, kata bijak, cerita pendek, novel, puisi, lirik lagu, dan karya lainnya. 

Baca Juga:

Sinonim dalam Bahasa Indonesia untuk Menggantikan Kata Binasa

Setelah kamu mengetahui arti kata binasa beserta dengan bentukan kata lainnya yang menggunakan kata dasar tersebut. Kini kami akan menyajikan informasi mengenai sinonim dari kata binasa yang bisa digunakan untuk menggantikan kata tersebut jika digunakan dalam kalimat.

Sinonim kata binasa : Ambruk, ancai, bedah, bobol, bobrok, habis, hancur lebur, jahanam, hilang, jebol, kikis, jatuh, langis, lenyap, lebur, luluh lantak, musnah, pecah, punah, pupus, rapun, ranap, redam, remuk redam, rembas, roboh, runtuh, rubuh, rusak, sirna, tamat, tumpas, tandas, tumpur, bunuh, habis.

Peribahasa yang Mengandung Kata Binasa

Beberapa peribahasa populer yang menggunakan dan mengandung kata binasa di dalamnya yaitu sebagai berikut :

  1. Arang habis besi binasa (pekerjaan yang telah banyak menghabiskan tenaga dan biaya, tetapi tidak ada hasilnya)
  2. Ikut hati mati, ikut rasa binasa (jika hanya menuruti hawa nafsu, tentu akan celaka)
  3. Sama lebur sama binasa (Bersahabat sehidup semati)
  4. Karena mulut bisa binasa (mendapatkan celaka karena perkataannya)

Contoh Penggunaan Kata Binasa dalam Kalimat

Setelah kamu mengetahui arti kata binasa yang telah kami jelaskan di atas, Berikut ini akan kami bagikan informasi mengenai contoh penggunaan kata binasa dalam kalimat agar kamu lebih memahami mengenai penggunaan kata tersebut.

  1. Desa tersebut telah binasa karena dilanda bencana yang dahsyat.
  2. Pemburu itu dengan tega membinasakan seluruh hewan yang ada di hutan hingga hanya tersisa sedikit.
  3. Siapapun yang berurusan dengan orang itu akan binasa dan menemui ajalnya.

Akhir kata, itulah pembahasan mengenai arti kata binasa yang memiliki arti musnah, hancur lebur, dan rusak sama sekali. Semoga informasi yang kami bagikan berikut ini bisa menjadi sumber referensi yang bermanfaat untuk kamu. Untuk mendapatkan informasi lainnya yang bermanfaat, silahkan kunjungi situs kami ya!

3 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *