Apa Arti Kata Telasota Dalam Bahasa Bugis? Ini Dia Penjelasannya!

Apa Arti Kata Telasota Dalam Bahasa Bugis – Belakangan ini, arti telasota menjadi topik pembahasan netizen yang banyak dicari di internet karena viral di media sosial. Apakah kamu adalah salah satu orang yang saat ini sedang mencari informasi mengenai arti telasota ? Jika benar, maka kamu bisa simak ulasan lengkapnya pada artikel yang akan Mimin bagikan kali ini.

Kamu pasti sudah tahu kalau Indonesia merupakan salah satu negara yang kaya akan keberagaman sosial dan budayanya. Hal tersebut dibuktikan dari banyaknya suku, ras, bahasa dan budaya yang berbeda-beda dan tersebar secara luas luas mulai dari Sabang hingga ke Merauke.

Banyaknya suku dan ras yang ada di berbagai wilayah Indonesia juga berdampak pada banyaknya bahasa daerah dan budaya yang beraneka ragam. Tercatat di tahun 2021, Indonesia memiliki lebih dari 718 bahasa daerah yang tersebar di 34 provinsi di Indonesia.

Tahukah kamu kalau saat ini ada salah satu bahasa daerah tepatnya di daerah Sulawesi yang sedang viral dan menjadi perbincangan warganet di media sosial yaitu kata Telasota. Kata yang satu ini sangat terkenal dan biasa digunakan di daerah Sulawesi tepatnya di kota Makassar. 

Karena kata yang satu ini berasal dari daerah Sulawesi, banyak orang yang berasal dari luar daerah tersebut yang merasa bingung karena belum mengetahui arti kata telasota yang viral tersebut. 

Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini Mimin akan membagikan informasi yang menarik untuk kamu mengenai arti dari kata telasota yang belakangan ini viral dan menjadi perbincangan oleh para warganet di media sosial.

Tentang Kata Telasota Dalam Bahasa Bugis

Perlu kamu tahu, setiap bahasa tentu memiliki kata yang berfungsi sebagai umpatan yang ditujukan kepada seseorang, tidak terkecuali bahasa daerah. Salah satu kata yang akan kita bahas kali ini yaitu telasota termasuk dalam kategori kata umpatan yang dikenal oleh masyarakat di wilayah Sulawesi khususnya Makassar.

Pada era teknologi yang semakin berkembang saat ini membuat bahasa daerah dapat dengan mudah dijumpai dan dipahami lewat bantuan internet maupun media sosial. Tidak jarang, bahasa daerah di Indonesia kerap kali menjadi daya tarik tersendiri bagi para warganet untuk menjadi topik pembahasan di media sosial.

Daya tarik tersebut membuat masyarakat sangat mudah untuk mempelajari bahasa daerah melalui sapaan, pujian, bahkan umpatan di media sosial. Salah satu kata yang tergolong umpatan dan saat ini tengah viral serta dicari oleh banyak warganet yaitu kata telasota yang merupakan salah satu bahasa daerah dari Sulawesi.

Lantas, Apa arti kata telasota yang sedang viral dan menjadi perbincangan warganet saat ini dan bagaimana penggunaannya dalam kalimat ? Mari kita lanjutkan pembahasannya berikut ini agar kamu lebih paham mengenai arti kata tersebut.

Apa Arti Kata Telasota?

arti kata telasota

Nah, giliran membahas arti kata telasota nih sob ! Berdasarkan inti yang diambil dari bahasa daerah besar di Sulawesi seperti Bugis, Melayu, Makassar, Manado, Kaili, dan Gorontalo, kata telasota ini biasa digunakan sebagai umpatan yang diucapkan kepada seseorang.

Ditinjau dari bahasanya, arti dari kata telasota dalam bahasa Sulawesi berasal dari dua suku kata yaitu te atau tai yang memiliki arti kotoran. Kemudian, kata laso atau lacu yang berarti alat kelamin laki-laki, serta akhiran ta yang menunjukkan kata kepunyaan dari kamu.

Sehingga, dalam istilah atau terminologi, telasota dapat diartikan sebagai kotoran kelamin laki-laki (kamu). Berdasarkan arti yang telah kami jelaskan di atas, dapat dilihat bahwa kata telasota tergolong salah satu kata umpatan yang dan kasar dalam Bahasa daerah Sulawesi.

Kata ini tentu kurang pantas apabila diucapkan kepada seseorang, karena termasuk kata yang sangat kasar untuk diucapkan. Namun, bagaimana penggunaan kata ini di daerah asalnya, berikut pembahasan lebih lanjut.

Baca Juga:

Penggunaan Kata Telasota yang Wajib Kamu Pahami !

Jika kamu lihat dari penjelasan mengenai arti dari kata telasota di atas, tentu kamu sudah bisa menilai bahwa kata ini memiliki konotasi yang negatif. Penggunaan kata telasota ini sendiri bisa kamu temukan di daerah Sulawesi seperti Makassar, palu, Manado, Mamuju, Kendari, dan juga Gorontalo serta masyarakat Sulawesi yang merantau di berbagai wilayah di seluruh Indonesia.

Biasanya, penggunaan kata ini dilakukan secara spontan ketika seseorang meluapkan amarah yang berada di luar batas. Jika kamu sedang berada di kota Makassar atau di daerah sekitar Sulawesi, sebaiknya hindari menggunakan atau menyebutkan kata ini. Karena telasota sendiri memiliki makna yang buruk dan kasar sehingga tidak boleh diucapkan juga kepada orang yang lebih tua.

Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk menggunakan kata ini secara bijak agar tidak menyinggung pihak lain dan tetap menjaga kesopanan kepada orang lain.

Akhir kata, itulah informasi yang bisa kami bagikan untuk kamu mengenai arti kata telasota dalam bahasa Sulawesi yang saat ini sedang viral di media sosial, semoga informasinya bermanfaat dan bisa menambah wawasan kamu seputar bahasa daerah di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *