Kasus Penipuan Tiktok Shop COD Harga Murah Beserta Cara Melaporkannya

Kasus Penipuan Tiktok Shop COD Harga Murah – Pada era digital ini banyak sekali bermunculan hal hal baru yang sering kali membuat kita harus siap dengan perubahan tersebut. Kalau tidak siap bagaimana mas? Ya siap siap aja tergusur.

Salah satu bidang yang paling berpengaruh berkat kemajuan era adalah proses belanja atau barang secara online. Kalau dulu, aktivitas belanja online hanya bisa dilakukan oleh kaum tertentu saja, tapi saat ini tidak demikian, hampir semua kalangan bisa belanja online karena bermodalkan ponsel dan koneksi internet saja.

Siapa disini yang suka belanja online? Pasti kalian semuakan haha, platform belanja online yang saat ini sedang naik daun adalah Tiktok Shop. Mudahnya mengakses layanan tersebut dan adanya metode cod atau bayar ditempat membuat pengguna lebih memilih belanja secara online.

Berbicara mengenai belanja online, tahukah kalian kalau saat ini banyak sekali kasus penipuan dengan iming-iming produk harga murah dan bisa cod? Keterangan harga murah dan cod menjadi faktor penarik minat warganet untuk berbelanja, tidak heran kalau banyak pembeli yang tertipu karena iming-iming tersebut.

Sebenarnya kasus seperti ini bukanlah hal yang baru, karena sudah banyak sekali kejadiannya. Terdapat beberapa platform yang sering kali digunakan untuk melancarkan aksi menipu, yakni Tiktok dan Telegram.

Penjual melakukan penipuan dengan modus operandi yang licik, ia akan mengirim barang atau produk tanpa persetujuan si pembeli dan meminta bayaran atas barang yang tidak dipesan.

Demi bisa memberantas aksi penipuan tersebut, calonpengangguran telah menyiapkan pembahasan lengkap terkait bagaimana cara melaporkan aksi penipuan barang cod harga murah di Tiktok Shop sebagai berikut.

Kasus Penipuan Tiktok Shop Cod Harga Murah

Kasus Penipuan Tiktok Shop COD Harga murah

Aksi penipuan yang dilakukan oleh oknum tidak bertanggungjawab melalui aplikasi Tiktok memang menjadi persoal yang perlu diperhatikan dan segera ditangani, ini dikarena semakin banyak orang pengguna yang terkena aksi ini.

Modus yang paling sering diterapkan adalah melakukan pengiriman barang menggunakan metode pembayar cod atau bayar ditempat tanpa persetujuan pembeli, dikarenakan harga barang yang dibayar sangat murah, membuat aksi sulit dipercaya dan sulit dberantas.

Kasus semacam ini sering kali membuat pengguna tidak sadar bahwa dirinya sudah terkena modus penipuan cod. Umumnya modus ini dilakukan dengan cara mengirim barang dengan harga murah dan metode pembayaran cod ke alamat korban, mau tidak mau korban harus membayar produk tersebut.

Dikarenakan harga yang murah, si korban tidak akan memiliki bukti sah bahwa dirinya tidak mengajukan pesanan tersebut, sehingga sangat sulit untuk diatasi secara sepihak.

Cara Melaporkan Penipuan Tiktok Shop COD Harga Murah

Meski sangat sulit diatas, bukan berarti tidak bisa ya, jadi saya akan memberikan beberapa tips yang bisa kalian lakukan agar terhindar dari modus penipuan kirim barang ini. Silahkan simak beberapa tipsnya sebagai berikut:

  • Minta Bantu Refund dari kurir: apabila kalian menerima produk atau barang yang tidak dipesan, cobalah untuk mendiskusikan dengan kurir yang mengirim. Mintalah bantuan kurir agar mau mengembalikan barang tersebut dan jelaskan juga bahwa kamu tidak pernah memesan produk tersebut.
  • Dokumentasi Video: selain itu, usahakan untuk mendokumentasi saat membuka produk atau barang, dengan adanya bukti ini bisa mempermudah proses pengembalian barang dan bisa menjadi bukti bahwa barang ini bukan pesanan mu.
  • Laporkan Ke Layanan Pelanggan Tiktok Shop: ketika kalian mengalami kejadian, tetap tenang. Silahkan masuk ke layanan pelanggan Tiktok Shop dan beri penjelasan terkait kasus yang saat ini kamu alami beserta bukti-bukti yang sudah dikumpulkan.

Langkah Pencegahan Modus Penipuan Tiktok Shop Cod Harga Murah

Tidak hanya bisa melaporkan modus penipuan dengan cara diatas, ada baiknya kalian mencegah agar tidak terjadi pada mu. Berikut beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk menghindari modus penipuan, diantaranya:

  • Jangan mudah percaya dan selalu waspada pada tawaran produk atau barang murah yang tidak wajar,
  • Pastikan reputasi dan rating toko tersebut sebelum memantapkan hati untuk belanja,
  • Gunakan metode pembayaran yang didukung oleh Tiktok resmi,
  • Pastikan ulasan yang diberikan valid, bukan dari bot.

Sekian informasi singkat yang bisa calonpengangguran sampaikan tentang Kasus Penipuan Tiktok Shop COD Harga Murah. Semoga artikel ini bisa membantu kalian semua agar terhindar dari aksi penipuan diatas, sekian dan terima kasih.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *