Kenapa Jangkauan FB Pro Menurun? Ini Penyebab dan Solusinya!

Melihat banyaknya warganet yang tertarik dengan fitur baru Facebook, yakni Facebook Profesional membuat banyak sekali pertanyaan terkait hal tersebut. Salah satu pertanyaan yang paling sering ditanyakan adalah Kenapa Jangkauan FB Pro Menurun?

Pada kesempatan kali ini calonpengangguran akan membantu Anda semua dalam memahami skema kerja FB Pro dan mengatasi persoalan jangkauan konten yang tiba-tiba menurun agar kembali normal.

Untuk mengetahui informasi detail terkait hal tersebut, teman teman semua bisa membaca artikel ini sampai selesai ya! Agar tidak salah mengartikan dan bisa paham step by step mengatasinya.

Beberapa Penyebab Jangkauan FB Pro Menurun

kenapa jangkauan fb pro menurun

Sebelum membahas lebih jauh terkait pertanyaan teman teman semua, saya ingatkan kembali pihak Facebook pasti memiliki algoritma khusus terkait konten yang kalian buat, oleh karena itu seleksi video berkualitas akan terus dilakukan pihak Facebook dengan tujuan menyajikan konten berkualitas sehingga pengguna bisa menikmati semua konten dengan nyaman dan aman.

Algoritma Facebook Berubah

Seperti yang sudah penulis sampaikan diatas, pihak FB memiliki algoritma khusus terhadap konten-konten yang kalian buat. Adapun beberapa hal yang berkaitan dengan algoritma FB adalah relevansi, kualitas, kebaruan, dan interaksi konten.

Ini semua bisa saja berubah sewaktu-waktu, karena pihak FB akan selalu berusaha memperbarui peraturan dengan tujuan menyajikan konten yang sesuai dengan keinginan pengguna atau penonton. Oleh karena itu penyebab berubahnya algoritma adalah perilaku dan preferensi pengguna.

Setelah melakukan riset diketahui bahwa algoritma Facebook saat ini lebih menekankan konten dari teman dan keluarga, sementara konten halaman publik tidak terlalu diinginkan oleh pihak FB itu sendiri.

Dengan berubah tersebut, pastinya para kreator FB Pro wajib membuat konten pribadi yang lebih menarik dan mampu menarik perhatian pengikut atau teman masing-masing.

Berdasarkan penjelasan diatas, pembaca semua harusnya paham kalau algoritma FB menyukai konten yang relevan dengan kebutuhan pengikut. Tidak hanya itu saja, interaksi juga perlu dilakukan, seperti    klik tautan, komentar, bagikan, simpan, dan reaksi.

Bersaing Dengan Platform Lain

Pastinya pembaca semua tahu bukan, Facebook bukan satu-satu aplikasi yang menyediakan fitur share video dan bisa menghasilkan uang dari video tersebut. Ada banyak sekali platform saingan Facebook, seperti Tiktok, Instagram, Youtube, dan lain sebagainya.

Dari banyaknya platform tersebut, saya rasa Youtube yang memiliki sistem kerja yang hampir sama dengan FB Pro. Pada sistem monet YT tidak perlu diragukan lagi kualitas, karena konten-konten asli saja yang bisa mendapat uang dari aplikasi ini.

Oleh karena itu, pihak FB terus melakukan perbaikan terutama pada kualitas konten yang bisa dan boleh menghasikan uang. Jadi bisa saja menurunnya jangkau konten yang kalian buat disebabkan oleh kebijakan resmi dari pihak Facebook, kedepannya usahakan untuk membuat konten asli dan berkualitas.

Konten Gado-Gado

Diatas adalah dua penyebab secara internal pihak Facebook itu sendiri, sementara penyebab yang berkaitan dengan konten tidak satu tema atau Gado-gado adalah penyebab dari pihak anda sendiri.

Meski ini tidak 100 persen benar, tapi sebaiknya teman teman semua membuat konten satu tema saja, ini dilakukan agar pengikut anda semua tahu konten yang kalian buat apa kedepannya.

Konten Duplikat

Tidak hanya konten harus tema, penyebab lainnya adalah konten duplikat. Ini berkaitan dengan algoritma Facebook terbaru.

Kalau dulu, mungkin saja kalian masih bisa memposting konten milik orang lain dan mendapat jangkauan luas. Namun berkat kecanggihan sistem yang dimiliki Facebook hal tersebut tidak lagi berlaku.

Konten yang dinyatakan duplikat tidak akan disebar luaskan oleh Facebook, sehingga jumlah penontonnya tidak akan meningkat. Selain itu, konten duplikat tidak akan bisa lolos monet dari pihak FB.

Tidak Konsisten

Perlu kalian ingat semua, menjadi kreator di FB Pro bukanlah persoalan gampang, karena kalian harus mengikuti algoritma FB yang bisa berubah kapan saja. Selain itu, kalian harus meluangkan waktu untuk membuat konten secara konsisten.

Contoh, dalam seminggu kalian harus membuat konten paling tidak 5 video, ini harus dilakukan untuk minggu selanjutnya. Kalau diminggu selanjutnya jumlah konten yang kalian posting menurun, maka pihak FB akan memberi cap jelek pada akun mu.

Memang sangat sulit untuk konsisten membuat konten, tapi kalau kalian ingin berhasil menjadi kreator FB sebaiknya mulai sekarang curah hati dan pikiran untuk membuat konten setiap hari.

Baiklah, mungkin hanya itu yang bisa calonpengangguran sampaikan kepada pembaca semua terkait Kenapa Jangkauan FB Pro menurun beserta cara mengatasinya. Semoga informasi singkat ini bisa bermanfaat, sekian dan terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *