Kenapa Telegram Lemot? Ternyata Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Akhir-akhir ini aplikasi Telegram sedang mengalami masalah seperti lemot atau akses saat membuka lambat. Apakah Anda merasakan hal demikian? Kalau iya, maka bukan Anda saja yang merasakan dampak terjadinya kelambatan akses sosmed yang satu ini.

Dengan terjadinya kasus ini, tentu para pengguna Telegram sangat kecewa atas layanan yang diberikan. Kini mereka bingung kenapa Telegram lemot dan bahkan tidak bisa diakses sama sekali.

Pemasalahan ini terjadi bukan hanya dirasakan oleh pengguna aplikasi saja, namun dari pengguna web browser juga mengalami hal yang serupa. Secara keseluruhan Telegram lemot bisa dirasakan ketika akan mendownload file yang berukuran besar.

Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa Telegram sendiri memang sebuah aplikasi pesan instan yang maenawarkan para penggunanya untuk mengirim file-file yang berukuran besar. Lantas kenapa belakangan ini lemot? Untuk kasus ini pastinya ada penyebab dan cara mengatasinya.

Disini Calonpengangguran sudah siapkan sebuah artikel yang membahas topik permasalahan diatas, yaitu mulai dari apa penyebab dan bagaimana cara mengatasi Telegram agar tidak lemot dan bisa bekerja secara normal. Mari simak pembahasan ini hingga selesai.

Apa Penyebab Telegram Lemot?

Kenapa Telegram Lemot

Kabar mengenai masalah Telegram lemot ini, pihaknya sampai sekarang belem memberikan keterangan resmi. Akan tetapi, biasanya permasalahan seperti ini bisa terjadi karena faktor non-teknis seperti berikut ini:

  • Terlalu banyak masuk pada grup chat.
  • Belum melakukan update Telegram versi terbaru.
  • Koneksi internet Anda sedang bermasalah.
  • Cahhe di dalam aplikasi Telegram sudah menumpul alias penuh.

Perlu diketahui, bahwa forum besar di dunia maya juga sedang membicarakan masalah ini Telegram lemot ini. Dari hasil diskusinya, menyatakan pada dasaranya Telegram memang memiliki batas speed download tertentu seperti  fitur Fair Usage Policy provider internet.

Cara Mengatasi Telegram Lemot

Setelah mengetahui penyebab non-teknis dari permasalahan Telegram mengalami lemot dalam mendownload file, disini Calonpengangguran sudah siapkan tutorial cara mengatasi kasus diatas.  Walaupun dari pihak perusahaan belum memberikan keterangan resmi terkait masalah ini, tidak ada salahnya kita mencoba memperbaiki sediri.

1. Gunakan Bot

Apa itu Bot? Ini merupakan sebuah robot dengan serangkaian kode yang mampu menjalankan perintah sesuai ketika program dibuat. Biasanya bot Telegram memang sering digunakanuntuk alat melakukan random chat dengan orang asing.

Bukan hanya itu saja, bot di Telegram juga memiliki banyak fungsi, diantaranya bisa mengumpulkan data e-commerce sampai mengunduh file besar di Telegram. Secara tidak sengaja dengan menggunakan bot ini, maka bisa menjadi sebuah solusi ketika kita akan mendownload file tetapi mengalami lemot.

Berikut ini merupakan langkah-langkah menggunakan bot ini :

  1. Pertama masuk ke aplikasi Telegram.
  2. Klik menu pencarian dan masukkan getpubliclink_bot.
  3. Silahkan aktivasi bot dengan cara menekan tombol Start
  4. Lakukan Forward file yang ingin di download pada halaman chat getpubliclink_bot.
  5. Untuk mendownload file tersebut, silahkan klik tombol Instant Download.

2. Gunakan Virtual Private Network (VPN)

Metode yang satu ini boleh Anda terapkan untuk mengatasi lemotnya proses download file di Telegram. Namun cara ini tidak menjadi jaminan kasus diatas bisa diatasi. Berdasarkan pengalaman pengguna Telegram, bahwa trik ini sudah terbukti bisa mempercepat speed unduh file dari chat personal atau group chat Telegram.

Seperti yang kita ketahui, fungsi VPN biasanya digunakan untuk suatu hal bersifat pribadi. Artinya dengan menggunakan VPN, maka secara otomatis IP Address Anda akan berganti.

3. Hapus Grup Yang Tidak Penting

Lemotnya kecepatan Download file di aplikasi Telegram, kemungkinan besar bisa disebabkan oleh banyaknya Grup yang Anda ikuti. Apalagi di dalam grup tersebut anggotanya ratusan dan setiap orang sering membagikan file-file dengan ukuran yang besar, pastinya akan semakin lambat akses unduh file.

Solusi untuk mengatasi hal ini adalah, tinggalkan atau hapus beberapa Grup yang sekiranya tidak terlalu ponting.

4. Update Telegram Versi Terbaru

Masalah lemot ketika proses download file di Telegram ini bisa disebabkan oleh pengguna masih menggunakan aplikasi versi lama. Untuk mengatasi hal ini, maka silahkan update Telegram ke versi terbaru. Dimana nantinya Anda akan bisa menikmati berbagai fitur-fitur dan hal-hal lain baru yang bersifat teknis.

Untuk meng-upadte aplikasi Telegram ini sangat mudah sekali, bagi pengguna Andorid bisa melakukannya lewat Play Store. Sedangkan iOS bisa melalui App Store.

Akhir Kata

Mungkin hanya itu saja pembahasan dari Calonpengangguran tentang Kenapa Telegram Lemot. Semoga ulasan yang mimin berikan diatas bisa membantu Anda dalam menyelesaikan kasus diatas. Sekian dan terimakasih atas waktunya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *