Apa Itu MMR Mobile Legends? Ini Penjelasan dan Cara Melihatnya!

Sebagai seorang gamer, baik pemula maupun yang sudah sering bermain pasti tidak asing dengan game mobile legends. Game yang sudah sangat mendunia ini disukai banyak orang. Para gamer sangat tertarik dengan cara bermain yang seru. Namun apakah Anda sudah tahu apa itu MMR mobile legends?

Mengenal MMR Mobile Legends

Game mobile legends bisa dikatakan telah merajai dunia game beberapa tahun belakangan game yang satu ini masih begitu diminati. Bahkan di Indonesia pun memiliki komunitas game yang cukup besar dan membentuk lingkungan esport di dalamnya.

Jika ingin membahas lebih mendalam, di dalam game terdapat berbagai istilah game yang memiliki fungsi masing-masing seperti istilah MMR. Bagi penyuka game Mobile Legends pasti tidak asing lagi dengan istilah MMR. Namun jika belum mengetahuinya, tidak perlu khawatir.

Berbeda bagi yang masih newbie tentunya bingung dengan apa itu MMR mobile legends dan apa fungsinya. Nah, agar tidak semakin bingung terutama bagi yang masih newbie, dalam artikel ini akan dibahas apa itu MMR mobile legends dan fungsinya. Simak penjelasannya di bawah ini!

Apa itu MMR Mobile Legends?

apa itu mmr mobile legends

MMR merupakan sebuah singkatan Match Ranking Rate yang bisa diartikan sebagai sebuah poin kemenangan pada suatu hero dalam mobile legends. Sebelumnya istilah MMR juga terdapat pada game DOTA, namun dalam game mobile legends MMR memiliki tampilan yang berbeda.

Setiap hero dalam mobile legends memiliki nilai MMR yang dinyatakan dengan power. MMR hanya akan ditemukan dalam mode ranked dan didapatkan setelah pemain memainkan 15 match ranked. Penjelasan tersebut dapat membuat Anda paham apa itu MMR mobile legends.

Nilai MMR menentukan rating pemain karena nilai inilah yang mendasari perhitungan ranking pada pemain dengan MMR tertinggi hingga terendah. Tak jarang ada pemain yang mendapatkan top global pada hero yang dimilikinya karena nilai MMR heronya yang terhitung tinggi.

Cara Menghitung MMR Mobile Legends

Bertambahnya nilai MMR atau power dari hero bisa bertambah maupun berkurang dengan skala tertentu. Ada 3 ketentuan yang harus dipenuhi pemain untuk melihat dan menghitung nilai MMRnya yakni:

  1. Pemain dengan nilai MMR di bawah 2000.

Bagi Anda yang memiliki nilai MMR di bawah 2000 dapat menghasilkan 20-25 poin ketika menang. Sementara untuk nilai MMR akan berkurang 1-3 poin ketika kalah dalam pertandingan.

  1. Pemain dengan nilai MMR antara 2000-3500.

Bagi Anda yang bisa mendapatkan 7-14 poin jika menang pertandingan dan nilai MMR akan dikurangi 2 poin jika kalah. Maka usahakan untuk mempertahankan atau menambah poin Anda agar dapat menang.

  1. Pemain dengan nilai MMR di atas 3500.

Anda akan mendapatkan tambahan 1 poin jika menang. Sementara itu poin akan berkurang 15-20 poin jika kalah dalam pertandingan. Setiap Anda kalah, pengurangan poin akan terus terjadi dan menyebabkan kerugian pada diri Anda.

Dilihat dari ketentuan di atas, semakin banyak nilai MMR tantangannya juga semakin berat dan pemotongan nilai MMR juga semakin banyak. Oleh karenanya, pemain perlu meningkatkan kemampuan dan ketelitiannya dalam setiap pertandingan. Namun, ada faktor lain yang bisa mempengaruhi nilai MMR.

Salah faktor yang bisa mempengaruhi adalah perolehan medali bronze, silver hingga MVP dalam setiap pertandingan. Semakin sering menang bahkan mencapai MVP, maka pemain akan mendapatkan skor maksimal dan bisa meminimalisir pemotongan poin akibat kekalahan.

Cara Cek MMR Mobile Legends

Tentunya setiap pemain ingin melihat seberapa besar nilai MMR pada masing-masing hero yang bisa dicek dengan cara :

  1. Buka Leaderboard yang letaknya di bagian bawah akun ML.
  2. Setelah itu klik bagian tab hero.
  3. Setelah terbuka, Anda sebagai pemain bisa melihat seluruh nilai MMR hero mobile legends dari yang tertinggi. Pada tampilan tersebut, Anda juga akan melihat siapa saja top global hero beserta nama akun ML-nya.

Nah itu adalah penjelasan tentang apa itu MMR mobile legends. Apakah Anda sudah paham apa itu MMR mobile legends? Tingkatkan skill hero Anda agar bisa bersaing sebagai top lokal atau top global.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *