Apa Itu Blue Whale Challenged Instagram? Waspada & Pahami Maksudnya!

Apa Itu Blue Whale Challenged Instagram? Blue Whale Challenged Instagram merupakan salah satu tantangan para pemain untuk melakukan beberapa tindakan yang menyakiti diri sendiri dari seorang kurator atau master yang tidak diketahui.

Pada akhir tantangan, pemain nantinya akan diminta untuk mengakhiri hidupnya melalui cara yang tragis, dengan melompat dari atas gedung ataupun menabrakkan diri ke kereta api yang berjalan.

Dengan adanya tagar #BlueWhaleChallenge, terdapat aksi gila yang menyebar di media sosial. Nantinya, remaja akan memunculkan emosinya tidak stabil atau mengalami depresi untuk bunuh diri.

Apa Itu Blue Whale Challenged Instagram ?

Apa Itu Blue Whale Challenged Instagram

Pemain Blue Whale nantinya akan diminta untuk melaksanakan beberapa tantangan yang mengerikan sekitar 49 hari oleh si kurator.

Tantangan mengerikan yang saya maksud diantaranya ada tanda tertentu misalnya f57, f40, bahkan terdapat gambaran ikan paus di bagian tubuh terutama pada tangan dan kaki dengan adanya silet atau pisau.

Lalu adanya tontonan video horor yang dikirim kurator, duduk di atas atap pada pukul 4.20 pagi, dan masih banyak tantangan lain yang intinya akan menyakiti diri sendiri.

Pada hari ke-50, tantangan ini akan diakhiri untuk bunuh diri diberikan. Mereka harus memposting foto selfie sesaat sebelum melakukan aksi mereka dan menuliskan salam perpisahan misalnya ‘Goodbye’ atau ‘End’.

Permainan ini juga dianggap menjadi penyebab utama 80 sampai 130 anak remaja melakukan aksi bunuh diri pada bulan November 2015 sampai April 2016 di negara Rusia.

Polisi Rusia bahkan mengatakan bahwa para ‘kurator’ ini akan mendekati korbannya melalui media sosial.

Walaupun begitu masih banyak yang meragukan kebenaran game ini. Ada beberapa orang yang berpendapat bahwa game ini hanyalah mitos media sosial yang dibesar-besarkan tanpa adanya bukti yang benar.

Namun para netizen pada akhirnya memposting peringatan supaya para orang tua tetap waspada terhadap penggunaan media sosial dan jauh lebih peduli dengan perilaku anak.

Banyak anak-anak di luar negeri yang tiba-tiba melakukan aksi bunuh diri akibat adanya depresi, bullying, sampai pelecehan seksual. Bahkan, mereka menyimpan seluruh kemarahan dan rasa malu sendirian sampai bunuh diri menjadi pilihan yang tepat.

Oleh karena itu, dengan memberikan perhatian, peduli dengan kegiatan anak di sekolah, dan menjadi teman curhat bagi anak kamu tentu ini bisa menjadi benteng bagi anak supaya tidak melakukan tindakan tersebut.

Bagaimana Dapat mengenali Gejala Blue Whale Challenged Instagram ?

Seperti yang pihak NSPCC atau Lembaga pemerhatian anak di Inggris, memberikan arahan bagaimana cara mendeteksi ‘online grooming’. Apalagi ketika remaja mulai memunculkan emosionalnya dengan kelompok dunia maya.  Kamu bisa melindungi anak sendiri dan mencegah kejadian buruk yang akan terjadi.

Terdapat sejumlah gejala, namun tidak selalu tampak sebab para pelaku telah terlatih untuk selalu bertindak secara hati-hati, apalagi dalam mencegahnya supay tindakan yang dilakukan oleh orang tersebut tidak diketahui. Dibawah ini terdapat beberapa gejala yakni :

  • Anak menjadi sangat tertutup, apalagi tentang apa yang dilakukan pada dunia maya.
  • Anak telah menghabiskan waktu yang banyak di internet dan media sosial.
  • Anak mengganti tampilan layar pada ponsel atau laptop miliknya pada saat didekati orang tua.
  • Anak marah sesudah menggunakan internet ataupun mengirim pesan teks.
  • Anak mempunyai banyak nomor telepon baru ataupun alamat email di perangkatnya.

Bahkan Pusat Perlindungan Online dan Eksploitasi Anak (CEOP) di Inggris menyatakan bahwa sedang jika ada perubahan perilaku anak dalam melakukan sesuatu itu normal, dan penting untuk tidak bereaksi berlebihan.

Dengan adanya percakapan yang terbuka tersebut COEP menjadi jalan yang efektif untuk mengetahui penyebab dari adanya  perubahan perilaku, mengatasi masalahnya secara langsung serta memberikan dukungan pada anak.

Organisasi ThinkUKnow membuat sebuah program pendidikan yang menyatakan bahwa harus dijelaskan kepada anak jika semua diskusi tidak akan ada hukuman dari orang tua.

Anak-anak, sering tidak mau membicarakan masalah sendiri kepada orang tuanya karena takut akses internet yang dimiliki akan dicabut.

Untuk itu, para orang tua hendaknya harus waspada dan mengetahui Apa Itu Blue Whale Challenged Instagram? Agar anaknya tidak mengalami hal seperti ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *