Apa Perbedaan Telegram dan Telegram X? Berikut ini Penjelasannya!

Aplikasi Telegram sangat populer akhir-akhir ini dan patut menjadi pilihan sebagai aplikasi chatting lain seperti WhatsApp, Line,dan lain-lain. Namun tidak semua orang tahu bahwa selain Telegram ada juga Telegram X. Lalu apa saja perbedaan Telegram dan Telegram X.

Meskipun nama kedua aplikasi tersebut mirip, masing-masing aplikasi ini memiliki beberapa perbedaan yang harus kita ketahui termasuk kelebihan dan kekurangannya sehingga kita dapat mempertimbangkan untuk memutuskan mana dari keduanya yang akan digunakan.

Apa Perbedaan Telegram dan Telegram X?

Perbedaan Telegram dan Telegram X

Telegram X adalah aplikasi yang diterbitkan oleh Telegram, dirilis pada Mei 2015 di Google Play Store. Untuk kapsitan penyimpanan Telegram versi ini tidak jauh beda dengan Telegram versi standar, namun lebih kecil dan aplikasi Telegram X memiliki beberapa fitur yang tidak dimiliki Telegram biasa. 

Dibandingkan Telegram aplikasi, Telegram X masih dalam versi beta sehingga banyak bug yang ditemukan. Jika aplikasi telegram utama mendapatkan pembaruan fitur, biasanya aplikasi telegram X membutuhkan waktu yang cukup lama untuk itu.

Saat ini, Telegram benar-benar menjadi salah satu aplikasi chatting yang menarik karena menawarkan berbagai fitur gratis yang dapat dinikmati pengguna. Pengguna Telegram biasa pasti pernah mengalami beberapa fitur keren yang tidak ditemukan di Telegram biasa namun bisa kita temukan di Telegram X.

Dengan ukuran aplikasi yang tidak jauh berbeda dengan aplikasi sebelumnya yaitu 26 MB dan 19 MB untuk Telegram X, aplikasi Telegram X ini memiliki beberapa perbedaan dibandingkan dengan Telegram biasa bahkan memiliki beberapa fitur yang tidak terdapat pada telegram biasa. Walaupun ukurannya lebih kecil dari segi fungsional Telegram X sudah bisa menjadi sarana bertukar pesan secara online.

Kelebihan dan Kekurangan Telegram X Dibanding Telegram Biasa

Perbedaan fungsional dari keduanya tetap tidak mengurangi fungsi utama dari aplikasi ini yaitu untuk bertukar pesan secara online. Nah, bagi yang belum tahu, kami telah merangkum beberapa perbedaan aplikasi Telegram dan Telegram X. Mari kita simak bersama !

1. Menu Call di Halaman Utama

Perbedaan aplikasi Telegram dan Telegram X yang pertama terletak pada menu Call atau panggilan. Pada aplikasi Telegram X kita dapat melihat daftar panggilan atau panggilan di halaman beranda. Pengguna hanya perlu mengklik menu Panggilan atau menggesek ke kiri dan kanan melalui obrolan.

2. Tulisan Telegram

Kita dapat menemukan posting Telegram di bagian atas jika kita menggunakan Telegram standar, tetapi tidak dengan aplikasi Telegram X yang ternyata tidak ada tulisannya. Perbedaan ini tentu tidak menjadi masalah dibandingkan dengan fungsi utamanya sebagai aplikasi messaging. Jika kamu menyukai aplikasi perpesanan yang tampak sederhana dan anonim, aplikasi Telegram X mungkin bisa menjadi pilihan.

3. Pilihan Bahasa

Perlu diketahui bahwa aplikasi Telegram X hanya memiliki bahasa default yang tersedia adalah bahasa Melayu dan bukan bahasa Indonesia dengan beberapa pilihan bahasa lain seperti Inggris, Jerman dan Perancis. Jika lebih suka menggunakan bahasa Indonesia Telegram standar pilihan yang baik.

4. Personalisasi Tema

Salah satu keunggulan aplikasi Telegram X dibandingkan Telegram standar adalah banyaknya jumlah warna tema. Kita bisa bebas memilih warna, sedangkan pilihan warna yang biasa ada di Telegram antara lain biru tua, arktik, standar dan monokrom. Kamu bisa mengunduh aplikasi Telegram X jika menyukai berbagai pilihan tema obrolan agar terlihat lebih ikonik.

5. Lihat Pesan Tanpa Membukanya

Selanjutnya perbedaan Telegram dan Telegram X adalah kita dapat memeriksa pesan tanpa membukanya. Cara melakukannya juga sederhana, kita hanya perlu menekan lama pada obrolan yang ingin kita lihat dan konten obrolan akan muncul secara otomatis. Kita tidak dapat memanfaatkan fitur ini di Telegram standar dan hanya tersedia di Telegram X

Beberapa fitur telah kami rangkum dan bisa menjadi pertimbangan kamu kedepannya, apakah lebih menyukai fitur standar pada aplikasi Telegram Biasa atau Telegram X. Semua itu tergantung dengan kebutuhan setiap orang. Selain itu, kami juga akan memberikan link download aplikasi Telegram Biasa dan Telegram X yang bisa dipilih sesuai keinginan:

Download Telegram Biasa Disini !

Download Telegram X Disini !

Sekian informasi tentang perbedaan Telegram dan Telegram X, setiap aplikasi memiliki kelebihannya dan kekurangannya sendiri. Bagi yang sudah terbiasa menggunakan aplikasi Telegram yang Standar tentu saja akan merasakan perbedaan. Yang terpenting adalah menggunakan fitur aplikasi secara bijak, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *