Aplikasi BOP 2021, Ini Penjelasan Lengkap dan Cara Menggunakannya!

Aplikasi online tidak hanya tentang game dan keuangan saja tapi juga pendidikan sudah banyak yang menggunakan aplikasi berbasis online. Salah satunya yaitu BOP atau Bantuan Operasional Penyelenggara, bagi yang sudah ada di dunia pendidikan khususnya tingkat pendidik dan pengajar PAUD pasti sudah tidak asing lagi dengan aplikasi BOP 2021. Aplikasi ini sangat penting bagi yang berkecimpung di dunia PAUD, aplikasi ini hadir sebagai aplikasi terbaru dari aplikasi BOP dari Kemendikbud untuk pendidikan kesetaraan dan jenjang PAUD.

Fungsi dari aplikasi BOP 2021 yaitu sebagai platform mengolah data, SK nominal, lembar kerja himpunan rekap proposal, laporan Bantuan Operasional Penyelenggara, mencairkan dana bantuan, dan masih banyak lagi. Sebenarnya aplikasi ini tidak hadir dalam bentuk aplikasi namun lebih kepada situs atau website yang bisa diakses di berbagai berangkat. Jika ingin menginstalnya melalui laptop, PC, ponsel, tablet, dan lain-lain dengan menggunakan alamat BOP 2021 resmi atau bisa klik disini

Seputar Tentang Aplikasi Bantuan Operasional Penyelenggara 2021

Aplikasi BOP 2021

Dukungan aplikasi ini diberikan langsung  oleh  Kemendikbud kepada staf dan guru PAUD. BOP ini sendiri ditransfer langsung  ke rekening dana PAUD dan program ini sudah berjalan sejak lama. Selain BOP yang sebenarnya, sekolah juga berhak mendapatkan BOS dan keduanya sangat dibutuhkan oleh  sekolah. 

Alokasi dana operasional ini dapat digunakan untuk beberapa tujuan, antara lain penerimaan siswa baru, pengembangan perpustakaan, pelaksanaan kegiatan pendidikan dan ekstrakurikuler, pelaksanaan penilaian pembelajaran, administrasi sekolah, pengembangan profesional guru dan staf, listrik dan pembiayaan pelayanan, pemeliharaan sarana dan prasarana sekolah, menyediakan alat multimedia pendidikan, dan menyelenggarakan acara peningkatan kualifikasi tenaga ahli.

Aplikasi ini benar-benar membantu setiap sekolah dalam memberikan laporan keuangan dan kegiatan tanpa harus ribet. Kita tidak benar-benar mengirim file laporan, namun kita harus menginputnya. Penyampaian BOP Online merupakan penyampaian data non fisik. Namun, data dikirim langsung dengan memasukkan rincian  beberapa informasi terkait pelaporan dalam waktu 3 bulan setelah sekolah  melaksanakan proses belajar mengajar. 

Input data haruslah sesuai dengan data sebenarnya, hal ini karena jika jumlah input data kurang atau lebih, dapat menjadi kendala dalam pembayaran BOP sekolah di kemudian hari, sehingga tentu saja akan menjadi masalah di kemudian hari. Oleh karena itu, kita harus lebih berhati-hati dalam memasukkan detail data sebelum menyimpan data dan melaporkannya ke aplikasi. 

Kita juga dapat memeriksa setiap kali memasukkan data sebelum menyimpannya agar lebih teliti. Pertama, kita perlu memeriksa detail tampilan yang disimpan dan dibuat oleh aplikasi. Jika ingin memasukkan data BOP online sekolah, mungkin ada beberapa persiapan dan langkah. Kita dapat melihat betapa mudah dan sulitnya mengisi data, masukkan data  jumlah yang digunakan. Namun, kesalahan sekecil apapun dapat mempengaruhi masa depan sekolah dimana akan mengalami keterlambatan atau kesulitan dalam tahap  pencairan dana selanjutnya.

Cara Menggunakan Aplikasi BOP 2021

Bagi yang menjadi tenaga pendidik di untuk pendidikan kesetaraan dan PAUD wajib sekali mengetahui cara kerja atau cara menggunakan aplikasi ini agar tidak salah dan bingung saat diberi kewenangan dalam mengatur data-data yang tersedia di aplikasi BOP 2021, berikut adalah langkah-langkah yang bisa diikuti untuk cara menggunakan aplikasi ini:

  1. Buka situs BOP 2021 dengan klik link  disini
  2. Setelah masuk ke halaman situs, silakan klik SSO lalu login ke aplikasi BOP dengan masukkan username dan password dari instansi terkait
  3. Di aplikasi ini, kita akan sering menggunakan dua menu yang bisa dibilang penting yaitu menu data laporan dan menu data perencanaan
  4. Klik menu data perencanaan, lalu gulir ke bawah
  5. Setelah itu akan muncul formulir rencana kegiatan anggaran satuan yang bisa diisi, isi sesuai kebutuhan dan jangan lupa klik simpan
  6. Kemudian klik menu data laporan, atur rincian penggunaan data dan selesai

Itulah informasi tentang Cara Menggunakan Aplikasi BOP 2021. Disini kamu tidak perlu khawatir, karena biasanya sosialisasi BOP dan pengisiannya pasti akan dilakukan oleh instansi secara detail agar pendidik tidak mengalami kesulitan dalam menggunakan aplikasi ini. Kita juga bisa membuka situsnya dan melihat dokumen FAQ pada situs tersebut untuk pertanyaan dan penggunaan lebih lanjut. Semoga bermanfaat !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *