Apa Itu Draft TikTok? Ini Penjelasan Terlengkapnya!

Tiktokers yang sudah menggunakan aplikasi ini pastinya sudah mengerti apa itu draft Tiktok dan cara menyimpannya. Tiktok jadi aplikasi populer yang kini sering digunakan untuk membuat video viral, konten Tiktok yang sangat beragam dan menarik serta fiturnya yang menunjang untuk pembuatan video estetik.

Namun, aplikasi ini bagi sebagian orang sangat sulit untuk menyimpan hasil video di penyimpanan internal perangkat karena kamu perlu beberapa langkah untuk menyimpan video Tiktok di galeri kamu. Kamu juga bisa memanfaatkan fitur draft untuk menyimpan sementara video kamu dan menyeleksi video yang layak untuk disimpan di galeri karena video memiliki kapasitas yang cukup besar dan memakan memori.

Draft Tiktok menjadi salah satu penyimpanan sementara yang bisa kamu jadikan alternatif selain menyimpan di galeri. Tiktok hadir sebagai salah satu aplikasi video yang memungkinkan kamu menyisipkan backsound maupun efek di dalamnya.

Oleh karena itu draft Tiktok memiliki fungsi sebagai tempat video kamu yang mungkin akan diunggah lain waktu ataupun di download saat ruang perangkat kamu memiliki space yang cukup. Pada pembahasan kali ini kita akan membahas lengkap tentang apa itu draft Tiktok dan cara menyimpan draft Tiktok khusus buat kamu yang belum tahu atau memiliki memori yang kecil, check it out!

Apa Itu Draft Tiktok?

Apa itu draft tiktok

Draft Tiktok merupakan fitur di aplikasi Tiktok yang memungkinkan membuat video di satu waktu, kemudian menyimpannya lalu mengunggahnya di waktu yang kamu inginkan. Fitur ini juga dimiliki oleh instagram bernama konsep, tidak hanya menyimpan saja namun kamu bisa mengedit atau menambahkan konten sebelum kamu benar-benar mengunggahnya.

Hal ini memudahkan kamu untuk memikirkan penyempurnaan video terbaik atau mencari ide lainnya tanpa terburu-buru. Jangan khawatir jika draft kamu hilang atau tidak ditemukan karena nantinya ada cara tersendiri untuk mengembalikan draft video di Tiktok. Nah, sekarang sudah paham kan tentang apa itu draft Tiktok, selanjutnya kita akan membahas cara menyimpan draft Tiktok dan bagaimana jika draft yang kamu simpan tiba2 hilang ? Berikut ulasannya: 

Cara Menyimpan Draft Tiktok 

Untuk menyimpan draft Tiktok caranya sangat mudah dan bisa kamu lakukan langsung dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini, pastikan terlebih dahulu koneksi internet kamu stabil sebelum menyimpan draft Tiktok untuk menghindari kesalahan jaringan saat proses penyimpanan, berikut langkah-langkah untuk menyimpan draft di Tiktok:

  1. Bukalah aplikasi Tiktok kamu di ponsel, masuk atau login akun kamu
  2. Klik profil Tiktok pada ikon di pojok jana bawah
  3. Bukalah draft video Tiktok pada bagian pojok kiri bawah dengan ikon file
  4. Pilih video yang ingin kamu simpan di draft Tiktok dan tunggu proses unggah
  5. Jika kamu ingin membuat privacy di draft video kamu, pilihlah menu “only me” setelah klik “who can watch this video”
  6. Upload videonya dengan menekan tombol post, tunggu prosesnya hingga selesai
  7. Kemudian buka ikon profil lagi, lalu klik ikon titik tiga di bagian pojok kanan bawah
  8. Klik menu save video maka video kamu akan terunduh di galeri kamu (opsional jika kamu menginginkan mengunduhnya)

Jika kamu belum memiliki draft video Tiktok, kamu dapat membuatnya dan klik menu save as Draft maka video tersebut akan otomatis menjadi draft Tiktok yang bisa kamu edit, simpan, maupun upload kapanpun. 

Mengapa Draft Tiktok Bisa Hilang?

Ada beberapa hal yang menyebabkan draft Tiktok yang telah kamu simpan tiba-tiba hilang yaitu kamu pernah menghapus atau uninstall aplikasi Tiktok dan pindah akun di perangkat lain. Ada beberapa usaha yang bisa kamu lakukan untuk mengembalikan draft Tiktok yang hilang namun cara ini belum menjamin apapun tapi tidak ada salahnya kamu coba.  Untuk langkah-langkahnya

  1. Masuk ke aplikasi Tiktok kamu kemudian klik ikon profil di pojok kanan bawa aplikasi
  2. Pilih ikon titik tiga untuk memilih menu laporkan masalah di menu dukungan
  3. Pilih ikon note di sudut pojok kanan atas 
  4. Kemudian tekan opsi “sampaikan umpan balik anda kepada kami”
  5. Pada halaman ini kamu bisa mengisi keluhan dan permasalahan kamu, kamu bisa mengetik “draft tiktok terhapus sendiri”
  6. Jangan lupa sertakan bukti screenshot permasalahan kamu agar lebih meyakinkan dan klik laporkan
  7. Tunggu dan pantau prosesnya

Demikian informasi tentang apa itu draft Tiktok dan cara menyimpannya di galeri serta bagaimana cara mengatasi jika draft Tiktok kamu hilang. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan bisa kamu share agar menjadi wawasan baru untuk orang lain. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *