Cara Membuat dan Menjual NFT di OpenSea, Berikut Langkah-Langkahnya!

Belum lama ini, viral sebuah pemuda yang menjual foto selfinya di NFT. Penghasilan dari menjual foto tersebut bisa mencapai milyaran rupiah. Apakah Anda tertarik untuk mencobanya? Silahkan simak penjelasan yang akan saya berikan dibawah ini.

Ghozali atau biasa disebut zali kini sedang ramai diperbincangkan oleh semua orang di dunia. Pastinya Anda pernah mendengar nama tersebut bukan? Pemuda tersebut menjadi kaya raya berkat menjual foto selfinya sendiri dalam bentuk NFT.

NFT merupakan non-fungible token yang saat ini masih ramai diperbincangkan. Seperti foto Godzali yang dijadikan NFT telah meraup uang sebesar 9 milyar, NFT merupakan sebuah trend yang masih sangat baru.

Viralnya sosok yang bernama Ghozali Everyday NFT, membuat banyak orang ingin mengikuti langkahnya dalam menjual karya mereka dalam bentuk no-fungible token. Apakah Anda juga tertarik untuk memulai hal tersebut? Jika iya, silahkan simak penjelasan yang akan saya berikan ini.

Sekilas Tentang NFT

Cara Membuat dan Menjual NFT di OpenSea

NFT merupakan sebuah singkatan dari Non Fungible Token, NFT ini merupakan aset digital dalam mata uang kripto. Non Fungible Token sendiri merupakan sebuah bukti kepemilikan dalam sebuah barang yang dibili menggunakan mata uang kripto.

Terdapat banyak barang yang dapat ditransaksikan dalam bentuk NFT. Contohnya seperti karya seni, vidio, musik dan masih banyak lainnya yang berbentuk format PNG, JPG, GIF atau MP4. Untuk mendapatkan NFT, kita harus mengeluarkan uang dalam bentuk kripto sebagai tanda kepemilikan.

Tidak hanya untuk kalangan orang kaya saja yang dapat membeli NFT, siapapun dan dimana pun Anda dalam untuk bertransaksi NFT. Seperti Anda dapat membeli atau menjual NFT melalui sebuah paltfrom yang bernama OpenSea.

OpenSea merupakan marketplace terbesar untuk saat ini melakukan jual beli NFT. Apakah Anda sudah mengetahui hal tersebut? Atau malah sudah menjual belikan karya dalam bentuk NFT? Bagi Anda yang masih awam dalam hal NFT, dapat menyimak penjelasan yang akan saya berikan ini sampai tuntas.

Cara Membuat dan Menjual NFT di OpenSea

Seperti yang sudah saya jelaskan diatas bahwa, untuk melakukan jual beli NFT kita dapat menggunakan platfrom yang bernama OpenSea. Untuk melakukan jual beli NFT, kita harus melalui blockchain Etherium sebab diperlukannya biaya gas atau gas fee.

Tetapi, Anda dapat menjual NFT secara gratis loh! Silahkan ikuti langkah-langkah yang saya berikan seperti dibawah ini:

  • Pertama, pastikan bahwa Anda memiliki akun MetaMask atau Wallet lainnya yang dapat bertransaksi menggunakan kripto ETH.
  • Jika sudah memilikinya, silahkan masuk ke situs OpenSea.io, dan klik Create.
  • Nantinya Anda dapat memiliki Wallet yang akan menamung hasil dari penjualan NFT tersebut.
  • Jika sudah memiliki Wallet, sekarang Anda dapat menjual NFT dalam bentuk Foto, Audio, Vidio, dan lainnya.
  • Masukan File yang ingin Anda ubah menjadi NFT, sekarang silahkan masukan Nama, Deskripsi, Supplay dan informasi lainnya yang diminta oleh situs tersebut.
  • Untuk bagian Blockchain, silahkan ubag terlebih dahulu menjadi Polygon.
  • Jika sudah, klik Create, dan lanjut klik Sell untuk menjualnya.
  • Masukan harga yang ingin Anda cantumkan, pastikan bahwa Anda mencantumkan harga dalam bentuk ETH dan jangka waktu penjualan akan dilakukan.
  • Klik Complete Listing

Setelah semua yang saya jelaskan diatas sudah Anda lakukan. Sekarang Anda sudah berhasil untuk menjual NFT di OpenSea, tentunya penjualan tersebut gratis tanpa dipungung gas fee.

Sekarang, Anda hanya tinggal menunggu sampai NFT tersebut dibeli oleh seseorang dan saldo penjualan akan langsung masuk ke Wallet Anda. Wajib untuk Anda ketahui, bahwa nantinya Anda akan tetap dikenakan biaya sebesar 2.5% dari keuntungan yang didapatkan dalam penjualan NFT.

Penutup

Seperti itulah informasi yang hanya dapat Calonpengangguran berikan untuk Anda semua tentang Cara Membuat dan Menjual NFT di OpenSea. Semoga informasi yang saya berikan ini dapat membantu Anda dalam melakukan jual beli NFT di OpenSea.io.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *