Konsep Utama Dalam Dunia Investasi Yang Perlu Diketahui Bagi Pemula!

Konsep Utama Dalam Dunia Investasi – Perusahaan-perusahaan besar telah tumbuh banyak di negara Indonesia, dalam prakteknya perusahaan tersebut memberikan sebuah kesempatan bagi kita untuk menanamkan modal dan menjadi pemilik saham , atau yang biasa disebut investasi. Banyak jenis investasi yang diberikan oleh perusahaan besar yang ada di Indonesia. Salah satu yang paling terkenal adalah investasi Reksadana, investasi kripto, dan investasi trading. Banyak konsep yang dapat berguna dalam menanamkan saham, konsep tersebut dapat dijadikan hal untuk masuk ke penerapan ke dunia investasi yang sebenarnya. Artikel ini akan menjelaskan bagaimana investasi dan cara berinvestasi. Hal ini dijelaskan dalam satu konsep. Daripada penasaran mari kita simak konsep utama dalam investasi, begini informasinya.

Konsep Utama Dalam Dunia Investasi, Berikut Penjelasan Lengkapnya!

Konsep Utama Dalam Dunia Investasi

Sebelum kita masuk kedalam konsepnya kita harus mengetahui dulu apa yang dijelaskan disini. Supaya kita dapat mengerti sub bab yang akan diberikan satu persatu. Penjelasan yang pertama kita harus mengetahui pengertian tentang investasi, yang kedua jenis-jenis investasi,ketiga klasifikasi investasi dan yang terakhir adalah strategi investasi. Berikut adalah konsep utama investasi berikut penjelasan lengkapnya.

1.Pengertian Investasi

Beberapa sumber memberikan banyak sekali pengertian mengenai investasi. Tetapi hanya dua pengertian yang menjadi pokok penjelasan investasi. Berikut adalah dua pengertian investasi dari beberapa sumber.

  • Investasi adalah penempatan dana atau modal yang kita miliki Dengan segala jenis bentuk sumber kekayaan lain, selama masa tertentu yang diharapkan dapat menambah nilai profit yang didapatkan saat kita menanam modal yang kita tempatkan.
  • Penjelasan yang kedua adalah penundaan konsumsi terhadap pendapatan yang kita dapatkan sekarang. Lalu menempatkan pendapatan kita sekarang guna mencapai pendapatan yang lebih tinggi dimasa yang akan datang.

Itulah pengertian mengenai konsep utama dalam investasi yang jika disimpulkan adalah, kita harus menempatkan modal kita di sumber kekayaan lain (perusahaan) yaitu investasi, lalu kita mendapatkan keuntungan dimasa yang akan datang dengan pendapatan atau profit yang meningkat dari hasil yang kita tanam sebelumnya.

2. Kegunaan Konsep Utama Dalam Investasi.

Selain pengertian kita juga harus mengetahui kegunaan dari konsep utama dalam investasi. Hal ini bertujuan agar kita dapat menentukan setiap peluang yang diberikan saat kita berinvestasi. Berikut kegunaannya.

  1. Menyiapkan aset untuk masa depan. Dimana kita dapat memperkirakan naik dan turunnya harga jual beli barang.
  2. Naiknya harga barang saat ini. Tidak bisa dipungkiri naiknya harga barang dipengaruhi dollar Amerika yang naik sehingga berpengaruh terhadap barang-barang pokok. Dan investasi adalah jalan keluar yang baik.
  3. Persiapan untuk perekonomian yang semakin tidak stabil.
  4. Menyiapkan Dana kita untuk pensiun.
  5. Menghindari efek terkena inflasi yang terjadi di negara.

Itulah kegunaan-kegunaan konsep utama dalam investasi perlu diketahui bahwa investasi adalah salah satu penjamin masa depan dalam segi ekonomi dan keuangan. Hal ini cukup bagus karena dengan kita mengambil kesempatan perputaran uang maka tidak mungkin profit yang kita dapatkan akan semakin bertambah, tentunya kita juga harus memainkan strategi saham. Karena tidak terus menerus kita selalu bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidup kita. Kita juga pasti akan pensiun saat umur kita sudah mulai masuk di umur senja. Dan waktu untuk kita beristirahat. Itulah kegunaan-kegunaan dari konsep utama dalam investasi, yang kita harus mengerti sebelum kita berinvestasi dan menjadi modal awal sebelum masuk ke dunia saham. Setidaknya kita sudah mempunyai strategi yang matang dalam berinvestasi.

3. Jenis-Jenis Investasi Berikut Penjelasannya

Banyak sekali jenis-jenis investasi yang beredar di Indonesia. Dari investasi yang sudah diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan sampai investasi yang memiliki resiko karena tidak diawasi yang sering disebut investasi bodong. Tetapi terlepas dari jenis investasi tersebut, kita akan mengetahui jenis-jenis investasi agar kita dapat menentukan pilihan kita ingin berinvestasi dengan cara dan jenis apa. Investasi tidak harus menginvestasikan uang atau modalnya di suatu perusahaan besar. Tetapi banyak orang yang tidak sadar bahwa orang itu juga sedang berinvestasi meskipun untuk pengelolaan, pemilik lah yang menjadi penanggung jawabnya, rugi atau tidak nya aset yang diinvestasikan. Contoh dari investasi tersebut adalah investasi tanah, hewan ternak,kebun, sawah dan lain-lain. Jenis dari investasi tersebut adalah Investasi pada Aktiva Riil. Untuk resiko dari investasi ini sangatlah kecil karena dalam pengelolaan, pengembangan da pengawasan pemilik modal lah yang mengendalikan, tetapi untuk pengembalian atau profit tidak terlalu besar tetapi tetap mendapatkan laba yang lumayan.

Ada lagi jenis investasi yang disebut “investasi keuangan”. Investasi ini berbentuk seperti Reksadana, obligasi dan lain-lain. Investasi ini lebih mengandalkan perputaran uang pada naik atau turunnya pasar yang kita beri modal saat itu. Resiko yang diberikan cukup besar karena untuk pengendalianya bukan kita yang mengelola,dan mengembangkan kita hanya diberi wewenang mengawasi. Keuntungan yang didapat memang cukup besar tetapi hal itu juga dibarengi dengan resiko yang cukup besar. Ancaman kerugian dan likuiditas sering kali menghantui para pemegang saham. Belum lagi harga 1 lot yang lumayan tinggi apalagi di perusahaan yang memiliki resiko yang kecil seperti gudang garam, Unilever dan lain-lain. Untuk jangka waktu terkadang masih belum dipastikan terkadang kita harus sabar menunggu berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun, tetapi untuk keuntungan jangan ditanya bahkan ada sekali mendapatkan profit hingga ratusan juta. Hal itu dibarengi peluang dan strategi yang matang.

4. Investasi Aset Nyata

Konsep utama dalam investasi menjelaskan mengenai investasi aset nyata. Investasi tersebut adalah investasi Dimana kita akan mendapatkan profit yang besar dengan barang berharga yang kita miliki. Investasi ini melibatkan emas, berlian dan properti. Sebenarnya melihat fungsinya investasi ini bergantung pada naik turunnya harga aset tersebut. Banyak orang yang sudah menggunakan investasi ini dikarenakan cukup kecil resiko yang diberikan, tetapi dalam pendapatan profit cukup besar. Mengapa bisa begitu. Pasalnya untuk emas,berlian dan properti adalah aset yang harga pasarnya selalu tinggi dan jikalau menurun harga nya itu tidak terlalu jatuh harganya. Tidak ada risiko likuiditas karena kita tidak bergantung pada  perusahaan. Kita juga dapat mengawasi dan mengelola aset yang kita miliki. 

Dalam investasi ini mungkin akan memerlukan modal yang banyak karena berhubungan dengan emas, berlian dan properti yang harganya lumayan cukup tinggi. Tetapi balik lagi ke awal resiko yang diberikan sangat sangat kecil dan peluang keuntungan cukup besar. Itulah konsep utama dalam investasi, yang dapat menjadi pilihan kita. Dalam artikel ini setidaknya memberikan sebuah strategi awal untuk memulai investasi, yang terpenting adalah kita dapat membaca peluang cukup baik.

Demikian artikel tentang Konsep utama dalam dunia investasi, begini informasinya semoga dapat bermanfaat bagi kita yang ingin memulai investasi. Nantikan update dari kami selanjutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *