Arti Kata Cuan Dalam Bisnis Dalam Filosofi Tionghoa

Banyak sekali istilah bisnis yang kini tersebar dan diserap ke bahasa sehari-hari kita dan bahkan tanpa memahami artinya namun selalu kita gunakan setiap hari. Salah satunya seperti istilah cuan uang bagi sebagian orang menganggap itu adalah sebutan lain dari uang namun tidak mengherankan memang jika istilah asing dalam dunia bisnis semakin bervariasi karena pengaruh dari pengusaha Barat dan pengusaha China memiliki andil dalam dunia bisnis di Indonesia.

Arti cuan dalam bisnis dan juga cengli serta cincai yang tidak akan kamu temukan artinya di kamus Bahasa Indonesia karena memang bukan berasal dari bahasa Indonesia asli namun berasal dari bahasa Hokkien.

Histori penggunaan kata cuan yang diserap dari bahasa Hokkien (China Selatan)  tidak luput dari adanya dominasi etnis Tionghoa yang bisa dibilang banyak menduduki jabatan tinggi di perusahaan lokal maupun internasional.

Penggunaan arti kata cuan dalam bisnis tentu saja karena di Indonesia sudah banyak pengusaha etnis Tionghoa  dan penggunaan kata cuan dalam bisnis semakin populer tidak hanya di kalangan pebisnis namun di kalangan anak muda. Cuan sudah mengakar pada bahasa setiap kalangan dan dianggap sebagai pengganti kata uang atau pendapatan padahal arti sebenarnya bukan demikian.

Untuk lebih memahami seputar arti kata cuan dalam bisnis yang sering digunakan belakangan ini beserta istilah lainnya, pada kesempatan kali ini kita akan membahas lengkap istilah-istilah Tionghoa dalam dunia bisnis termasuk arti cuan dalam bisnis, cengli, cincai, dan lain-lain.

Kenapa hal ini perlu kita pelajari karena tidak mungkin kita menggunakan bahasa yang tidak diketahui makna dan artinya, sebagai warga negara Indonesia kita juga harus bisa membedakan mana bahasa asing yang memang perlu digunakan atau tidak. Mengikuti trend bahasa adalah hak yang keliru jika kita tidak memahami arti sebenarnya untuk itu sebelum menggunakannya alangkah baiknya kita pelajari agar mampu menempatkan sistem bahasa saat berkomunikasi dengan setiap orang.

Arti Cuan dalam Bisnis dan Istilah Penting Komunitas Tionghoa 

arti cuan dalam bisnis

Tanpa kita sadari, kita sudah menggunakan campuran dalam berbahasa sehari-hari dan disebut bahasa gaul atau yang sering digunakan di zaman kekinian. Arti kata cuan dalam bisnis juga pernah digunakan dalam film “Filosofi Kopi” yang diperankan oleh Rio Dewanto dan Chicco Jerikho lalu menjadi populer digunakan oleh masyarakat tahun 2015 silam.

Sudah disebutkan sebelumnya arti kata cuan dalam dunia bisnis berasal dari Hokkien, daerah yang berasal dari China Selatan laku secara bahasa arti kata cuan dalam bisnis berasal dari bahasa mandarin hanyu pinyin yang memiliki makna keuntungan, untung, atau hasil. 

Sedangkan Cengli berarti masuk akal lurus hati dan jujur dalam berbisnis lalu arti dari Cincai yaitu titik temu atau kesepakatan antara penjual dan pembeli saat bertransaksi dalam bisnis. Bahkan istilah ini kabarnya telah dijadikan prinsip 3C oleh sebagian orang di etnis Tionghoa dalam berbisnis, contohnya Basuki Tjahaja Purnama atau sering dipanggil Ahok.

Terlepas dari kontroversinya, Ahok saat ini menjadi komisaris PT. Pertamina dan sebagai etnis Tionghoa ia adalah panutan orang sukses dan jujur dalam berbisnis.  pada suatu kesempatan dan dilansir dari berbagai sumber Ahok mengembangkan perusahaan ini dengan prinsip cuan, cengli, dan cincai. Dimana cuan adalah keuntungan karena dalam berbisnis pasti butuh keuntungan, cengli berarti fairness atau bisa dikatakan kemudahan dalam berbisnis, dan terakhir cincai yaitu solusi atau mudah.

Kata Cuan Dalam Filosofi Tionghoa

Meskipun arti cuan dalam bisnis adalah keuntungan sebenarnya konsep yang ingin disampaikan bukanlah tentang keuntungan semata tapi tentang penghematan dan kesederhanaan dalam arti untuk mendapatkan kebermanfaatan dalam berbisnis.

Arti kata cuan dalam bisnis selama ini selalu dikaitkan dengan uang padahal keuntungan tidak hanya tentang uang namun bisa berarti relasi, manfaat, dan hal lainnya. Jika kita mendalami tentang filosofi Tionghoa dalam bisnis sangatlah luar biasa dan inilah mengapa banyak dari orang Tionghoa dominan dalam bisnis dan usaha.

Salah satu prinsip orang Tionghoa terkait arti cuan dalam bisnis yaitu berpegang teguh pada perkataan dan sangat menghargai kesepakatan yang menyebabkan pengusaha Tiongkok selalu jujur dan terbuka saat melakukan kesepakatan agar mencapai keputusan terbaik.

Selain itu orang Tionghoa juga memiliki prinsip yang banyak digunakan oleh kita juga dan terkadang dijadikan nasihat yaitu “waktu adalah uang” yang memberikan makna bahwa kita tidak boleh menyia-nyiakan waktu sedikitpun karena jika ingin sukses waktu yang kita harus berikan itu totalitas agar kerja keras kita terbayarkan.

Strategi Bisnis Agar Bisa Cuan ala Pengusaha Tionghoa

Fakta yang wajib kamu tahu bahwa etnis Tionghoa atau China kini mempunyai 10 persen milyuner sukses dari 2400 milyuner yang tersebar di seluruh dunia dan usia milyuner di China rata-rata 53 tahun, lalu sebenarnya apa rahasia orang Tionghoa menduduki pengusaha sukses paling banyak dan sukses lalu apa rahasia mereka bisa cuan ? Berikut adalah ulasan yang bisa kamu pahami untuk meniru gaya sukses dari pengusaha Tionghoa !

1. Selalu Bekerja Keras

Kunci Orang China bisa sukses menurut buku “Rahasia Bisnis Orang China” karya Ann Wan Seng menjelaskan bahwa kerja keras adalah harga mati untuk mencapai kesuksesan, Orang China sangat mempercayai bahwa sukses itu tidaklah instan dan harus lebih rajin bekerja keras agar usaha yang selama ini menjadi cuan. Hal ini dibuktikan dari Wealth X bahwa 94 persen orang China sukses karena Self Made atau usaha sendiri dan sangat jauh dengan persentase di dunia yang hanya 55 persen yang self made.

2. Berpikir Untuk Menabung dan Investasi

Rasio tabungan orang Tionghoa membuktikan bahwa banyak orang-orang etnis ini memprioritaskan untuk mengalokasikan sebagian besar pendapatan untuk menabung dan berinvestasi jangka panjang. Inilah yang disebut arti cuan dalam bisnis yaitu keuntungan yang dicapai secara proses dan bukan secara instan.

3. Uang yang Dihasilkan Untuk Mendapatkan Uang Kembali

Mungkin saat ini banyak orang orang yang hedonis dan berpikir uang yang kita dapatkan harus langsung dibelanjakan untuk senang-senang dan self reward. Hal ini tentu tidaklah salah namun sampai kapan penghasilan kita dibuat sesuatu yang tidak berkembang dan dibelanjakan sesuatu yang sifatnya sekunder padahal jika mengikuti prinsip cuan, cengli, dan cincai maka kita akan berpikir jangka panjang untuk mengelola uang kita agar dapat menjadi uang yang lebih banyak agar mendapat cuan.

4. Hemat dan Jangan Ragu Berdagang

Hemat disini adalah perilaku yang hanya membelanjakan uang untuk sesuatu yang benar-benar primer dan tidak membeli sesuatu yang sifatnya kesenangan sesaat. Menjaga pengeluaran dan memanajemen pemasukan adalah strategi penting arti cuan dalam bisnis. Satu lagi yang perlu dicatat adalah jangan ragu untuk berdagang karena berdagang akan memberikan kita kebebasan dan waktu untuk menghasilkan cuan. 

Akhir kata, itulah informasi tentang arti cuan dalam dunia bisnis orang Tionghoa yang prinsipnya bisa kita jadikan pedoman untuk untuk mencapai kesuksesan dalam menjalani bisnis. Semoga artikel kali ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan kita dalam dunia bisnis dan cuan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *