Pengertian dan Contoh Kegiatan Kerajinan Dalam Ekonomi Kreatif

Kegiatan Kerajinan Dalam Ekonomi Kreatif – Bidang perekonomian selalu berkembang dan memiliki inovasi baru untuk meningkatkan kegiatan produksi dan konsumsi masyarakat serta membuka lapangan pekerjaan baru agar semua orang dapat memiliki pendapatan atau keuntungan. Kegiatan kerajinan selalu memberikan ketertarikan pada konsumen apalagi yang menyukai produk lokal atau buatan tangan yang bernilai estetika tinggi serta fungsi yang diharapkan.

Kerajinan selalu memanfaatkan bahan sumber daya alam, bahan yang murah, kurang berguna, sepele, mudah didapatkan menjadi barang yang bernilai rupiah dan bisa dijual di skala lokal maupun internasional.

Kerajinan kebanyakan dibuat oleh tangan manusia dengan keindahan atau funal dan memiliki estetika, meskipun tidak semua kerajinan memberikan nilai estetika namun fungsi yang dibuat dari bahan kerajinan biasanya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Kebutuhan masyarakat akan kerajinan semakin tinggi meski sudah banyak benda atau barang modern dengan fungsi yang sama namun kerajinan tetap saja menjadi daya tarik khas sebuah daerah dan telah meluas menjadi buah tangan yang istimewa dan tergantung dari bahan dan kesulitannya maka akan bernilai cukup mahal. 

Melihat peluang dan kesempatan ini, produksi kerajinan masuk dalam kategori ekonomi kreatif yang memprioritaskan kreativitas dan ekonomi, 

konsepnya yaitu memanfaatkan sumber daya manusia dan ide serta pengetahuan dan kreativitas sebagai faktor utama produksi. Perkembangan kegiatan kerajinan dalam ekonomi kreatif terbukti dapat meningkat pada angka 5,76 persen dan ini tentunya lebih tinggi dari kegiatan bidang pertambangan, perikanan dan lain-lain.

Hal ini menunjukan kerajinan dalam ekonomi kreatif memiliki tempat khusus di dalam perekonomian. Untuk lebih detail bagaimana kegiatan kerajinan dalam ekonomi kreatif dan cara kerja serta peluangnya, mari kita bahas bersama pada kesempatan kali ini

Keuntungan dan Fungsi Kegiatan Kerajinan dalam Ekonomi Kreatif

Ekonomi kreatif merupakan konsep baru dalam perekonomian untuk lebih menghargai sebuah karya dan kearifan budaya lokal agar dapat dikenal dan mendunia, bisa dibilang bahwa kegiatan kerajinan ekonomi kreatif lebih menggabungkan industri komersial dan produk keterampilan budaya.

Dukungan pemerintah dengan kegiatan kerajinan dalam ekonomi kreatif ditunjukkan secara nyata dengan memperkenalkan batik, tenun, dan masih banyak lagi lalu sebenarnya jeuntungan dan fungsi dari kegiatan kerajinan dalam ekonomi kreatif berikut ini pembahasannya:

  • Memanfaatkan sumber daya alam yang tersedia secara kreatif
  • Membuka lapangan kerja bagi masyarakat lokal
  • Hadirnya produk inovasi baru yang bernilai tinggi
  • Ramah lingkungan dan mengutamakan pemanfaatan barang yang sederhana dan istimewa
  • Daur ulang dan pemanfaatan limbah yang kreatif 
  • Mengembangkan budaya dan identitas bangsa
  • Mengembangkan dunia bisnis yang sehat 
  • Output dan income yang dihasilkan menjanjikan
  • Menambah variasi ekonomi dan membangun citra produksi lokal 

Masih banyak hal yang bisa dicapai dengan kegiatan kerajinan dalam ekonomi kreatif, ini adalah suatu pembaharuan san strategi bangsa untuk menghidupkan kreativitas dan peluang dalam pasar lokal maupun internasional.

Perekonomian tidak melulu tentang sesuatu yang menghasilkan limbah, merusak lingkungan, menyebabkan polusi tapi pengelolaan sumber daya manusia dan sumber daya alam yang stabil akan mendapatkan manfaat dan keuntungan yang besar dalam persaingan bisnis.

Keyakinan ini muncul bukan karena hal yang sifatnya absurd tapi hadir karena memang potensi kerajinan tangan maupun kerajinan terapan hanya dimiliki oleh bangsa kita dan itu adalah ciri khas yang tidak bisa ditiru oleh kompetitor negara lain. 

Peluang Bisnis Kegiatan Kerajinan Dalam Ekonomi Kreatif

kegiatan kerajinan dalam ekonomi kreatif

Peluang bisnis kerajinan pada ekonomi kreatif menunjukkan perkembangan yang bisa dipertimbangkan, modal yang digunakan pada usaha kerajinan pun tidak besar namun memakan waktu yang cukup banyak.

Hal inilah yang menjadikan kerajinan dapat terus berkembang dan tidak akan hilang seiring waktu apalagi pengrajin yang bahannya berasal dari limbah dan barang bekas tentunya ini akan semakin menguntungkan selama pelaku usaha dapat membaca memprediksi peluang pasar. Pelaku usaha kegiatan kerajinan dalam ekonomi kreatif bisa bertahan lama jika mampu mengikuti perubahan dan menjawab problematika kebutuhan masyarakat. 

Menariknya, untuk mengembangkan produk kerajinan bisa dilakukan oleh siapa saja dari pelajar, ibu rumah tangga, dan siapapun bisa melakukannya. Kemudian peluang yang memudahkan pelaku usaha kerajinan yaitu media sosial dan toko online, kedua peluang tersebut dapat memberikan kesempatan yang besar  bagi yang ingin mempromosikan produknya di pasar lokal maupun internasional.

Tips yang bisa kamu lakukan sebagai pelaku usaha kerajinan untuk menciptakan bisnis yang sukses yaitu memperluas relasi dan jangan ragu menjual kerajinan. Selalu tingkatkan kualitas menggunakan teknik promosi yang menjamin produk dilihat oleh target pasar kamu. Kamu juga bisa menitipkan hasil kerajinan di tempat wisata terdekat karena turis atau wisatawan tentu saja akan berminat untuk membeli buah tangan sebagai moment berliburnya. Kamu juga bisa memberikan ciri khas pada produk kerajinan yang kamu buat dengan daerah yang kamu tempati.

List Kegiatan Kerajinan Dalam Ekonomi Kreatif

Setelah kamu memahami keuntungan, fungsi dan peluangnya tentu kamu akan berpikir usaha kerajinan apa yang bisa kamu coba sekarang sebagai langkah awal kamu dalam ekonomi kreatif dan membuka peruntungan dalam bisnis yang cukup menjanjikan ini. Jadi apa saja kegiatan kerajinan dalam ekonomi kreatif yuk simak pembahasan berikut ini:

1. Kerajinan Batik 

Batik merupakan warisan budaya Indonesia yang sudah menembus mancanegara bahkan sampai banyak yang ingin mengakui kerajinan batik Indonesia yang sudah dicatatkan di Unesco ini dan termasuk dalam kekayaan budaya tak benda. Batik di Indonesia sangat beraneka ragam dan menunjukkan filosofi bangsa, kerajinan batik bisa jadi salah satu kerajinan yang bisa kamu pilih sebagai bentuk kegiatan ekonomi kreatif.

2. Kerajinan Pahat dan Ukiran

Seni pahat dan ukir memberikan nilai estetika yang sangat mahal karena seni ukir membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menghasilkan karya kerajinan yang dapat diperjualbelikan. Seni pahat atau ukir memang jarang memberikan fungsi namun tetap saja banyak diminati oleh kolektor maupun konsumen

3. Kerajinan Anyaman

Kerajinan anyaman dalam ekonomi kreatif juga memberikan peluang yang bagus karena memberikan fungsi dan nilai estetik dalam kehidupan. Hasil dari kerajinan anyaman ini seperti topi, tikar, tas, dan masih banyak lagi.Kerajinan anyaman bisa kamu pertimbangan sebagai bisnis dalam ekonomi kreatif yang menjanjikan.

4. Kerajinan Tenun dan Kain dalam Fashion

Salah satu yang banyak diminati dalam kerajinan ekonomi kreatif adalah kain tenun, kain, desain yang biasanya digunakan dalam fashion seperti baju, gaun, pakaian pernikahan dan adat serta sebagai simbol tertentu. Kerajinan ini sangat menarik perhatian dalam ekonomi kreatif dan bisa kamu pilih untuk kegiatan bisnis masa depan kamu. 

4. Kerajinan Arsitektur

Kerajinan arsitektur dalam hal ini mencakup guci, desain interior, sofa, lukisan, dan masih banyak lagi. Kerajinan arsitektur lebih memfokuskan pada tampilan dan desain yang bisa dinikmati oleh konsumen. Ekonomi kreatif ini sudah sangat berkembang bahkan di kancah internasional sebagai bentuk keindahan dan seni.

Itulah informasi yang bisa kami sampaikan terkait kerajinan dalam ekonomi kreatif serta peluang dan keuntungannya yang bisa dicoba untuk bisnis jangka panjang. Kamu juga bisa menampilkan citra budaya Indonesia yang mempesona. Semoga artikel kali ini dapat bermanfaat bagi semua pembaca dan nantikan update artikel selanjutnya ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *