Siapa Pencetus Strategi Kompetitif Bisnis? Ini Dia Informasi Lengkapnya!

Pencetus Strategi Kompetitif Bisnis  – Kamu tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah strategi bisnis terutama kalau kamu adalah seorang pengusaha. Dalam membangun suatu bisnis, strategi memiliki peran yang sangat penting bagi keberlangsungan bisnis tersebut.

Strategi kompetitif bisnis lebih banyak dikenal dengan istilah keunggulan kompetitif yang memiliki keterkaitan dengan manajemen strategis sebuah perusahaan yang sedang berjalan. Secara sederhana, bila seseorang ingin membeli suatu produk A dan kemudian membandingkan produk tersebut dengan pesaingnya, lalu tetap memilih produk A. Maka, barang A tersebut memiliki keunggulan kompetitif dibandingkan dengan pesaing lainnya. 

Keunggulan kompetitif ini haruslah dimiliki oleh perusahaan kamu, terutama jika bidang bisnis yang kamu jalani memiliki banyak pesaing yang sama. Jika dijelaskan secara singkat, keunggulan kompetitif ini merupakan suatu istilah dalam dunia ekonomi yang berarti kemampuan sebuah usaha untuk bersaing dalam ketatnya persaingan pasar. Tidak semua usaha memiliki keunggulan kompetitif. Jika perusahaan kamu memilikinya, berarti usaha kamu memiliki nilai tambah dibanding usaha lainnya.

Jika perusahaan kamu belum memiliki keunggulan kompetitif ini, artinya kamu harus menyiapkan strategi kompetitif bisnis yang dicetuskan oleh seorang ahli bernama Michael Porter. Ia merupakan pencetus strategi kompetitif bisnis yang dikenal hingga saat ini. Jika kamu ingin mengetahui lebih banyak tentang strategi kompetitif bisnis dan pencetusnya, yuk simak artikel ini hingga selesai.

Mengenal Lebih Jauh Seputar Michael Porter, Pencetus Strategi Kompetitif Bisnis 

Pencetus Strategi Kompetitif Bisnis

Istilah strategi kompetitif bisnis atau dikenal dengan keunggulan kompetitif ini pertama kali disebutkan dalam sebuah buku yang berjudul “competitive advantage” karya Michael Porter. Michael Porter yang memiliki nama lengkap Michael Eugene Porter ini merupakan seorang Profesor yang menjabat sebagai Kepala Departemen Harvard Business School (HBS). Diketahui, HBS merupakan sekolah bisnis pascasarjana di Harvard University, Amerika Serikat. Ia memiliki keahlian utama di bidang manajemen strategis dan keunggulan kompetitif perusahaan. Michael Porter lahir di Michigan, Amerika Serikat pada tanggal 23 Mei 1947. 

Michael Porter tercatat pernah menempuh pendidikan tinggi di Princeton University dan mendapatkan gelar M.Sc pada tahun 1973. Kemudian, di tahun yang sama, ia juga berhasil meraih gelar doktor (Ph.D) di bidang Business Economics dari Harvard University, Amerika Serikat. Michael Porter merupakan seorang pencetus strategi kompetitif bisnis yang diketahui telah menulis banyak sekali buku dan juga jurnal ilmiah mengenai manajemen strategis. Salah satu teori yang terkenal dari seorang Michael adalah teorinya yang dinamakan analisis lima kekuatan Porter (Porter five forces analysis). 

Porter memiliki banyak kontribusi yang terkait dengan bidang keilmuan manajemen strategis, terbukti dengan adanya berbagai buku dan jurnal hasil karyanya yang telah mendunia. Dilansir dari berbagai sumber, Michael Porter telah menerbitkan berbagai buku terkenal mengenai manajemen, diantaranya Competitive Strategy (1980), Competitive Advantage (1985), Competition in Global Industries (1986), dan The Competitive Advantage of Nation (1990). Semua buku dan publikasinya membuat Porter menjadi terkenal di dunia dalam bidang strategi bersaing. Semua publikasi dan buku Michael Porter mampu memberikan panduan kepada para pengusaha untuk memperoleh hasil usaha yang lebih baik.

Apa yang Dimaksud Dengan Strategi Kompetitif Bisnis?

Strategi kompetitif bisnis merupakan nilai tambah dari sebuah perusahaan yang mampu menarik perhatian dan minat para konsumen untuk membeli produk dari perusahaan tersebut. Strategi kompetitif bisnis ini dapat berupa apa saja, semakin berbeda strategi yang diterapkan perusahaan, maka akan semakin bernilai baik bagi para konsumen. Salah satu contoh strategi kompetitif bisnis yang bisa diterapkan yaitu kualitas produk terbaik, adanya customer service ataupun pelayanan konsumen yang responsif, ramah, serta memuaskan bagi konsumen. 

Ada banyak sekali konsumen yang memilih setia pada satu merk produk ataupun toko dikarenakan memiliki pengalaman yang baik terkait kualitas dan pelayanan yang diberikan. Bahkan, beberapa dari konsumen ini tidak mempermasalahkan jika mereka harus membayar sedikit lebih mahal dari harga yang diberikan oleh pesaing usaha lainnya. Hal inilah yang dimaksud oleh pencetus strategi kompetitif bisnis.

6 Jenis Strategi Kompetitif Bisnis yang Wajib Kamu Tahu!

Setelah mengetahui siapa pencetus strategi kompetitif bisnis dan pengertiannya. Nah, sekarang kamu wajib tahu tentang strategi apa saja yang bisa dilakukan untuk memenangkan persaingan bisnis, yuk simak pembahasan berikut ini.

1. Strategi Cost Leadership

Cost leadership merupakan salah satu strategi untuk meningkatkan keunggulan usaha kamu dengan cara memasang harga yang murah tetapi tetap mempertahankan kualitas produk yang lebih baik dibandingkan pesaing lainnya. Caranya, mungkin kamu bisa menjual produk dalam ukuran yang lebih kecil untuk menekan biaya produksi. Strategi ini sangat cocok diterapkan untuk usaha yang menjual kebutuhan sehari-hari, pakaian, makanan, kosmetik dan juga aksesoris gadget.

2. Strategi Diferensiasi

Strategi ini dilakukan dengan cara memberikan sesuatu yang berbeda dari para pesaing atau bisa dikatakan unik agar terlihat lebih menonjol dan menarik para konsumen untuk datang. Caranya, mungkin bisa dilakukan dengan memberikan promo khusus atau mendesain interior dengan tema yang unik. Strategi ini biasa dilakukan saat usaha kamu berada di pasar yang memiliki banyak sekali pesaing dalam bisnis yang sama.

3. Strategi Aliansi

Strategi aliansi ini diterapkan dengan cara melakukan kerjasama atau partnership untuk bisa menaikkan keunggulan usaha kamu. Caranya bisa dilakukan dengan menunjuk brand ambassador atau bekerja sama sama dengan supplier terkenal untuk mendapatkan material atau bahan baku dengan kualitas tinggi. Kamu juga bisa berkolaborasi dengan usaha lainnya atau bergabung ke beberapa komunitas yang terkait dengan usaha kamu.

4. Strategi Fokus Pada Target Pasar

Strategi ini berarti mengharuskan kamu untuk mengarahkan usaha agar menyasar ke dalam pasar yang lebih spesifik. Kamu bisa lebih fokus ke target pasar yang luas dan memiliki sedikit pesaing. Kemudian hal yang paling penting yaitu strategi unik yang membuat usaha kamu berbeda juga harus memiliki peluang keuntungan yang berkelanjutan.

5. Strategi Pertumbuhan

Pengembangan dari teori pencetus strategi kompetitif bisnis yang selanjutnya adalah strategi pertumbuhan. Strategi ini dapat kamu lakukan dengan memperluas daya jual produk kamu. Misalnya, produk kamu pada awalnya hanya dijual di toko secara offline, dan kini kamu memperluas daya jualnya dengan menjual produk kamu secara online melalui berbagai media sosial dan juga aplikasi e-commerce seperti Shopee, Lazada, Blibli dan sebagainya.

6. Strategi Inovasi

Strategi ini bisa kamu lakukan dengan dua cara yaitu dengan membuat produk atau jasa yang baru dan belum ada yang pernah membuat produk tersebut sama sekali. Selain itu, kamu bisa memodifikasi produk yang sebelumnya pernah ada dan dijual di pasaran. 

Selain beberapa strategi di atas, masih ada banyak strategi kompetitif bisnis lainnya yang sesuai dengan bisnis kamu. Nah, setelah membaca artikel ini, kamu tentu sudah mengetahui siapa pencetus strategi kompetitif bisnis, pengertiannya, dan juga beberapa strategi yang bisa diterapkan untuk bisa memenangkan persaingan dalam bisnis.

Demikian pembahasan mengenai siapa pencetus strategi kompetitif bisnis yang telah kami rangkum agar dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan kamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *