Cara Mendesain Kemasan Produk Agar Menarik Bagi Para Konsumen!

Cara Mendesain Kemasan Produk Agar Menarik – Era globalisasi seperti sekarang ini, membuat persaingan pasar semakin sengit terjadi diantara para pedagang. Sebagian besar konsumen juga sudah semakin selektif dalam memilih produk yang akan dibeli. Ada banyak faktor yang menjadi penyebab seseorang memilih suatu produk untuk dibelinya, mulai dari kualitas, harga, hingga varian. Faktor lainnya yang dapat berfungsi sebagai penarik minat konsumen saat ini yaitu estetika. Keindahan atau estetika produk dapat menjadi suatu “perangkap emosional” yang digunakan para penjual untuk menarik perhatian para konsumen sehingga mau membeli produknya.

Saat ini, persaingan produk bukan hanya pada kualitas yang unggul atau teknologi pendukung yang canggih saja, tetapi juga ada pada usaha para seller dalam mendapatkan nilai tambah untuk menciptakan daya tarik produk kepada para konsumen. Salah satu hal yang dapat dilakukan untuk menciptakan daya tarik adalah melalui desain produk. Daya tarik suatu produk tentu tidak dapat dipisahkan dari kemasannya karena kemasan adalah faktor utama yang berhadapan langsung dengan para konsumen. Oleh karena itu, kemasan produk harus dapat memberikan pengaruh kepada konsumen untuk memberikan respon positif berupa keyakinan untuk membeli produk tersebut.

Hal inilah yang menjadikan desain kemasan produk memiliki peranan yang cukup penting dalam rangka menarik minat para konsumen untuk membeli sehingga penjualan produk tersebut dapat meningkat. Jika kamu seorang pebisnis, kamu harus mulai memperhatikan desain kemasan produk untuk menambah nilai jualnya. Terutama, jika produk kamu banyak dijual dipasaran, itu berarti kamu membutuhkan sesuatu yang bisa membuat produk kamu ini berbeda dengan produk lainnya yaitu melalui kemasan. Mulai dari bentuk, warna, huruf, ilustrasi harus memiliki karakteristik tersendiri. Dalam artikel kali ini, akan dibahas mengenai tips dan trik cara mendesain kemasan produk agar menarik minat konsumen untuk membeli. 

Apa Saja Fungsi Dari Suatu Kemasan Produk ? Simak Penjelasan Lengkapnya Disini!

Sebelum membahas terkait cara mendesain kemasan produk agar menarik, ada baiknya kamu mengetahui fungsi dari kemasan produk itu sendiri. Berikut ada fungsi kemasan produk yang harus ketahui.

  1. Berperan dalam meningkatkan brand awareness dan juga kualitas produk karena semakin dikenal sekaligus juga dipercaya oleh para konsumen.
  2. Berperan dalam proses pemasaran karena pada kemasan tercantum berbagai informasi terkait identitas produk seperti merk, alamat perusahaan produsen, jenis, label produk, expired date, dan juga kandungan gizi.
  3. Berperan dalam menjaga kualitas produk di dalamnya, membuat makanan menjadi lebih tahan lama, pakaian tidak kusut, dan barang lainnya tetap aman sehingga dapat digunakan oleh para konsumen.

Kemasan produk secara tidak langsung dapat membujuk dan meyakinkan para konsumen untuk mau membeli produk tersebut melalui desain visualnya. Menurut penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan, kegiatan penginderaan manusia paling banyak melalui indera penglihatan sebanyak 80%. Oleh karena itu, unsur grafis dari suatu kemasan seperti warna, bentuk, dan tata letak menjadi unsur visual yang memiliki peranan besar dalam proses penyampaian visual communication. Karena desain kemasan memiliki peran penting dalam meningkatkan daya jual produk, maka kamu harus tahu cara mendesain kemasan produk agar menarik. Berikut ini merupakan faktor yang menjadi pertimbangan dalam desain kemasan produk yang harus kamu tahu.

  1. Faktor pelindung
  2. Faktor ekonomi/biaya produksi
  3. Faktor distribusi
  4. Faktor komunikasi
  5. Faktor ergonomis/kemudahan
  6. Faktor keindahan/estetika
  7. Faktor identitas produk
  8. Faktor promosi produk
  9. Faktor kelestarian lingkungan

6 Tips dan Trik Cara Mendesain Kemasan Produk Agar Menarik Bagi Para Konsumen Untuk Membeli Produk

Cara Mendesain Kemasan Produk Agar Menarik

Bagi kamu para pebisnis pemula yang baru memulai usaha produsen, tentu kamu memiliki pertanyaan terkait bagaimana cara mendesain kemasan produk agar menarik. Berikut ini tips dan trik yang akan kami rangkum buat kamu sebagai acuan dalam mendesain kemasan produk milik kamu.

1. Gunakan Warna Dasar yang Cerah dan Berbeda Dari Produk Lainnya

Dalam membuat kemasan produk yang unik dan menarik, dapat didukung oleh pilihan warna yang cerah dan berbeda dari yang lain. Kamu bisa mencoba melakukan riset dan pengamatan pada produk yang serupa milik kompetitor bisnis kamu. Perhatikan warna yang biasa digunakan oleh produk mereka, kamu bisa mulai memilh warna kemasan yang berbeda untuk produk kamu. 

Warna kemasan yang cerah biasanya menjadi salah satu pilihan karena warna cerah akan cenderung lebih mencolok dan dapat menarik perhatian apabila diletakkan di rak atau etalase toko bersama produk lainnya. Hal ini menjadi tips pertama cara mendesain kemasan produk agar menarik.

2. Gunakan Desain Kemasan yang Sederhana

Dalam membuat kemasan produk, buatlah desain kemasan yang simpel namun tetap menarik bagi konsumen, lalu berilah kesan unik pada kemasan produk kamu. Buatlah desain yang memudahkan konsumen dalam membawanya. Hindari membuat desain yang rumit karena dapat membingungkan para konsumen.

3. Cantumkan Data Legalitas dari Lembaga Pemerintah Terkait

Tips dan trik cara mendesain kemasan produk agar menarik yang berikutnya adalah dengan mencantumkan data legalitas dari lembaga pemerintahan yang berwenang. Tujuannya agar meyakinkan para pembeli bahwa produk kamu terjamin dan terpercaya dalam segi kesehatan. Contoh legalitas ini yaitu dari BPOM, Dinas kesehatan dan juga sertifikasi halal dari MUI.

4. Gunakan Gambar yang Menarik Pada Kemasan

Para konsumen terutama di Indonesia cenderung lebih mudah menerima sesuatu melalui visual. Oleh karena itu, kamu bisa menambahkan gambar supaya bisa menarik minat konsumen untuk membeli. Kamu bisa menambahkan gambar lucu berupa karikatur yang secara tidak langsung masih berkaitan dengan produk tanpa terkesan kaku.

5. Tambahkan Informasi Penting Lainnya Dengan Menggunakan Font yang Menarik

Selanjutnya, kamu perlu memikirkan informasi apa saja yang perlu kamu tambahkan pada kemasan produk tersebut karena informasi tersebut sangat penting bagi para konsumen. Oleh karena itu, kamu perlu membuat informasi yang singkat namun tidak terlalu padat, gunakan gambar yang unik dan juga font huruf yang menarik. Tujuannya, agar para konsumen tidak mengabaikan informasi tersebut dan tetap mengetahui keunikannya.

6. Gunakan Bahan Kemasan yang Berbeda Namun Tetap Terjangkau

Tips yang terakhir cara mendesain kemasan produk agar menarik yaitu dengan menggunakan bahan berbeda namun tetap unik dan mudah didaur ulang agar lebih ramah lingkungan. Kamu bisa menggunakan alternatif bahan kemasan dengan menggunakan kertas daur ulang ataupun bahan lain yang mudah didaur ulang untuk tetap menghemat anggaran produksi. Namun, kamu tetap harus memperhatikan keamanan kemasan terhadap bahan makanan. 

Ketahui, apakah bahan tersebut aman dan tidak akan mempengaruhi kualitas produk kamu. Apabila kamu menggunakan bahan kemasan daur ulang, keuntungan pertama yang akan kamu dapatkan adalah produk kamu akan dikenal sebagai produk ramah lingkungan. Selain itu, dalam segi ekonomis kemasan daur ulang memiliki harga yang lebih murah dan yang terakhir, produk kamu akan memiliki kesan yang unik dan berbeda dari produk lainnya.

Nah, itulah tips dan trik yang bisa kamu ikuti terkait cara mendesain kemasan produk agar menarik minat konsumen untuk membeli sehingga dapat menaikkan daya jual produk kamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *