Dampak Positif dan Negatif Perdagangan Internasional

Untuk mencapai ekonomi yang mapan, negara perlu melakukan kegiatan perdagangan internasional yang dapat membantu meningkatkan produktivitas serta pendapatan sebuah usaha. perdagangan internasional saat ini sudah dilakukan oleh banyak negara dari berbagai macam benua, aktivitas perdagangan internasional pun sudah diatur dalam kebijakan dan peraturan setiap negara agar tidak menemui masalah untuk kedepannya.

Meskipun jenis kegiatan perdagangan internasional sangat banyak yang sering dilakukan oleh pelaku usaha biasanya adalah ekspor dan impor karena ekspor dan impor memberikan pengaruh yang cukup besar terhadap perekonomian dibandingkan jenis perdagangan internasional lainnya.

Perdagangan internasional sangat dibutuhkan di setiap negara karena berbagai macam faktor seperti keterbatasan kebutuhan perbedaan teknologi serta kurangnya sumber daya manusia dan sumber daya alam. Kerjasama perdagangan internasional memberikan dampak kepada pelaku usaha berbagai sektor dari sektor kelautan, pertambangan, pendidikan, dan masih banyak lagi.

Bahkan, adanya perdagangan internasional memberikan kesempatan untuk menunjukkan bahwa produk lokal atau produk bangsa memiliki kualitas yang tidak diragukan oleh berbagai negara, di sisi lain kita sebagai warga negara Indonesia menjadi bangga karena produk kita digunakan oleh konsumen di luar negeri.

Namun, dibalik dampak positif perdagangan internasional yang saat ini ini sedang populer ada saja dampak negatif dari perdagangan internasional, untuk itu pada kesempatan kali ini kita akan mengulas secara lengkap bagaimana cara kerja perdagangan internasional sehingga menghasilkan dampak positif perdagangan internasional dan dampak negatifnya. 

Dampak Positif Perdagangan Internasional

Dampak positif perdagangan internasional

Ditinjau dari keuntungan aktivitas perdagangan internasional memang lebih banyak memiliki dampak positif perdagangan internasional yang dilakukan oleh pelaku ekonomi antar negara, dampak positif perdagangan internasional yang bisa kita pertimbangkan agar produk atau jasa kita diterima oleh konsumen lokal maupun internasional.

Secara tidak langsung produk atau jasa yang sudah go internasional di pasar global maka kualitasnya tidak bisa diragukan lagi karena untuk masuk ke dalam perdagangan internasional banyak sekali syarat dan indikator yang harus dimiliki oleh produsen untuk mencapai pasar global agar layak dipasarkan di kancah internasional.

Oleh karena itu, meskipun memiliki dampak positif perdagangan internasional yang cukup banyak namun tidak semua produk atau jasa dapat masuk ke dalam perdagangan internasional itu sendiri. Dengan mengetahui kenyataan tersebut diharapkan kita untuk semakin termotivasi mencapai pasar global karena dampak positif perdagangan internasional sangat mempengaruhi produktivitas dari bisnis atau usaha kamu tentunya. Berikut adalah dampak positif perdagangan internasional yang bisa kamu nikmati jika dapat menembus fase produk atau jasa yang go internasional:

1. Meningkatkan Grafik Ekonomi

Pertama, dampak positif perdagangan internasional tentunya akan memberikan pengaruh kepada industri dalam negeri dimana mempercepat pertumbuhan perekonomian pelaku usaha maupun negara. Permintaan dan penawaran produk untuk negara lain akan semakin meningkat dan peningkatan ini akan memberikan produktivitas dan perkembangan yang signifikan terhadap berbagai industri serta sektor ekonomi yang ada di suatu negara.

Tahukah kamu dampak positif perdagangan nasional memang mempengaruhi grafik perekonomian di suatu negara karena konversi harga yang akan diberikan kepada suatu negara tujuan ekspor tentunya berbeda dengan harga yang diberikan kepada pelaku usaha lokal.

Hal ini dikarenakan kebutuhan dan permintaan dari suatu negara sangat tinggi karena perbedaan geografis yang sangat mendasar contohnya negara Indonesia yang kaya akan rempah-rempah serta hasil lautnya yang dibutuhkan oleh negara lain yang dominan tidak memiliki wilayah laut maupun kesuburan tanahnya.

2. Memberikan Devisa Negara

Jika kamu memahami bahwa sumber devisa negara hanya berasal dari tenaga kerja Indonesia maka itu kurang tepat karena sumber devisa negara juga berasal dari produk atau jasa impor dan ekspor yang dilakukan pada aktivitas perdagangan internasional.

Hal ini merupakan salah satu dampak positif perdagangan internasional yang selalu diharapkan negara untuk meningkatkan perekonomian serta pembangunan karena bisa dibilang devisa merupakan sumber valuta asing yang digunakan sebagai alat pembayaran dari perdagangan internasional antar negara. Devisa negara bisa dibilang memiliki pengaruh yang cukup besar dalam perekonomian dan pembangunan suatu negara karena devisa yang diberikan dari perdagangan internasional memiliki nilai yang cukup besar.

3. Membuka Lapangan Kerja

Dengan adanya perdagangan internasional memberikan dampak positif untuk membuka lapangan kerja yang cukup besar serta dapat mengurangi pengangguran di suatu negara hal ini adalah sangat wajar karena permintaan dari suatu negara terkait jasa maupun produk tentunya sangat besar apalagi jika yang membutuhkan lebih dari satu negara tentunya membutuhkan tenaga kerja yang lebih untuk memenuhi kebutuhan dan permintaan dari negara tersebut.

Oleh karena itu perdagangan internasional dapat membuka lapangan kerja yang lebih banyak serta mengurangi pengangguran yang kemudian akan meningkatkan kesejahteraan penduduknya. Dampak positif perdagangan internasional yang satu ini memberikan pengaruh pada pembangunan dan pendapatan negara tentunya.

4. Terjalinnya Hubungan Internasional

Dampak positif perdagangan internasional menciptakan terjalinnya hubungan antar negara yang baik, hubungan antarnegara ini kedepannya akan memberikan manfaat tersendiri selain di dunia ekonomi karena kepercayaan suatu negara bisa ditingkatkan melalui perdagangan dan tentunya memberikan pengaruh yang besar terhadap bantuan negara lain jika suatu saat negara kita mengalami kesusahan.

Alasan mengapa negara lain harus membantu negara penyuplai nya saat mengalami kesusahan karena akan mempengaruhi pemenuhan kebutuhan dan ketersediaan sumber daya yang dibutuhkan oleh negara terkait. Untuk itu perdagangan internasional sangat perlu untuk dilakukan agar antarnegara saling memahami dan mencapai hubungan yang maksimal untuk peluang kedepannya.

5. Menarik Minat Investor Asing

Tahukah kamu bahwa keterlibatan investor dalam sebuah bisnis atau usaha sangat penting untuk perkembangan dan kemajuan bisnis tersebut dengan kita terlibat dalam perdagangan internasional maka investor memiliki minat dan ketertarikan dengan produk atau jasa yang kita tawarkan.

Mengapa bisa demikian, karena saat kita melakukan perdagangan internasional investor bersinggungan dan mengenal produk dari jasa kita sehingga kedepannya ada peluang investor tersebut untuk menanamkan modal agar bisnis kita berkembang menjadi lebih maju lagi.

Selain itu, investor juga tidak melakukan produk atau jasa kita yang sudah masuk ke pasar global karena untuk masuk ke pasar global dibutuhkan syarat atau indikator yang telah kita singgung sebelumnya agar layak untuk dipasarkan dan dipromosikan. 

Dampak Negatif Perdagangan Internasional

Selain dampak positif perdagangan internasional yang sudah kita bahas di atas, tentunya perdagangan internasional juga memiliki dampak negatif yang sangat berpengaruh terhadap suatu negara. Jadi setelah kita membahas dampak positif perdagangan internasional, selanjutnya kita akan membahas dampak negatif dari perdagangan internasional yang wajib kamu tahu:

  • Salah satu dampak negatif perdagangan internasional yang akan dirasakan oleh suatu negara yaitu  berkurangnya  produk dalam negeri karena banyaknya permintaan dari negara lain apalagi jika barang atau jasa tersebut memiliki kualitas tinggi dengan harga yang terjangkau
  • Persaingan perdagangan internasional terkadang tidak sehat karena kebijakan yang diberlakukan suatu negara seperti misalnya praktik tarif impor yang berkedok industri kemudian damping yang cukup merusak esensi perdagangan internasional itu sendiri adanya praktek ini tidak luput dari persaingan usaha.
  • Ketergantungan dengan negara maju membuat negara berkembang justru hanya menjadi konsumen karena produksi dari negara maju tentunya lebih memiliki pengaruh yang besar dalam pasar global dibandingkan produk atau jasa yang ditawarkan oleh negara berkembang.

Demikian dampak negatif dan dampak positif perdagangan internasional yang bisa kita pahami agar kita mempertimbangkan segala macam hal sebelum masuk ke dalam pasar global. Semoga informasi kali ini dapat bermanfaat bagi kamu dan jangan lupa selalu nantikan artikel dari kami yang selalu dibungkus dengan bahasa yang dapat kamu pahami dengan mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *