Maksud dan Perbedaan Antara Iklan Cetak dan Iklan Elektronik

Iklan Cetak dan Iklan Elektronik – Dalam produksi maupun jasa tentu saja membutuhkan iklan untuk mempromosikan dan memperkenalkan kepada calon konsumen untuk menarik minat agar dapat membelinya. Efektivitas iklan sangat menjamin bahwa sebuah produk atau jasa akan mengalami peningkatan produktivitas penjualan secara signifikan dibandingkan tidak pernah mempromosikannya dalam iklan.

Perkembangan iklan sudah sangat pesat dan memiliki metode yang dapat digunakan untuk mempromosikan produk atau jasa secara optimal, untuk itu pelaku usaha harus membuat perencanaan serta strategi yang tepat untuk menentukan iklan yang cocok dalam produk atau jasanya.

Evolusi iklan yang dulunya hanya terpusat pada iklan media cetak, kini iklan sudah bergeser ke media elektronik yang ternyata lebih mempengaruhi daripada iklan melalui media cetak. Meskipun, media elektronik sudah menampilkan berbagai variasi iklan yang menarik namun masih banyak orang yang mengandalkan iklan media cetak karena dianggap lebih murah dan relevan.

Sebut saja koran Sindo misalnya yang saat ini masih banyak masyarakat yang berlangganan untuk update berita terkini dibandingkan harus menonton televisi atau melihat media sosial.

Membahas tentang iklan cetak dan iklan elektronik yang saat ini masih digunakan banyak orang untuk mempromosikan produk atau jasanya, kenyataannya sebagian orang hanya memahami bahwa iklan cetak merupakan iklan yang bisa dibaca sedangkan iklan elektronik adalah iklan yang tampil di media elektronik seperti radio maupun televisi.

Secara konsep, definisi mudahnya memang demikian namun masih banyak hal yang perlu kita ketahui tentang maksud dari iklan cetak maupun elektronik dalam efektifitasnya mempromosikan produk atau jasa secara optimal. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini ini kita akan membahas secara lengkap tentang maksud iklan cetak maupun elektronik sehingga dapat menambah wawasan kamu untuk menentukan iklan mana yang tepat dalam proses pemasaran.

Maksud Iklan Cetak dan Iklan Elektronik Serta Jenisnya

iklan cetak dan iklan elektronik

Untuk memahami maksud dari iklan cetak dan elektronik kita harus memetakannya terlebih dahulu dari definisi serta jenisnya agar dapat mengetahui iklan mana yang optimal dan bisa digunakan dalam promosi produk atau jasa. Iklan cetak dan elektronik terbagi dari penyebarannya jika iklan cetak berbasis media yang berisi tulisan dan gambar maka iklan elektronik biasanya berbasis tulisan, gambar, video, dan audio.

Kedua iklan ini masih dibutuhkan untuk dukungan media promosi bisnis, produk, serta jasa sehingga pelaku usaha atau bisnis berlomba-lomba untuk mendapatkan sebuah exposure terbanyak dari media yang tersedia. Berikut adalah pembahasan tentang maksud dari iklan cetak maupun elektronik serta jenis-jenisnya:

1. Memahami Tentang Iklan Cetak dan Jenisnya

Adanya media cetak sudah sejak lama dibandingkan dengan media elektronik, hampir semua kalangan masyarakat sudah merasakan perkembangan media cetak pada masanya bahkan ada sebagian orang yang masih belum bisa move on dari media cetak seperti koran maupun majalah karena sudah terbiasa. Namun seiring perkembangan teknologi dan digital saat ini media cetak mulai ada pada peringkat kesekian dibandingkan dengan media lainnya seperti media elektronik dan media sosial. 

Iklan cetak memiliki ciri-ciri antara lain menggunakan kalimat yang cukup terbatas karena memiliki beberapa baris dan spesies yang telah ditentukan oleh pihak penerbit, media cetak biasanya hanya berbentuk gambar dan tulisan tanpa audio, media cetak bisa dibilang media yang paling awet dan bertahan karena bisa dibaca dan dilihat berulang kali.

Jadi, bisa disimpulkan bahwa iklan cetak merupakan iklan yang dimuat dalam media fisik seperti kertas, majalah, dan selebaran yang memuat tulisan dan gambar serta berisi informasi yang dapat dibaca dan dilihat.

Berikut adalah jenis-jenis iklan cetak yang bisa dipertimbangkan dan saat ini masih digunakan sebagai media promosi produk maupun jasa:

  • Iklan kolom surat kabar
  • Koran
  • Iklan Baris
  • Iklan Brosur
  • Iklan Spanduk
  • Iklan Media Flyer
  • Poster
  • Baliho
  • Papan Reklame

2. Memahami Tentang Iklan Elektronik dan Jenisnya

Iklan elektronik saat ini kehadirannya bisa dibilang lebih relevan daripada iklan cetak karena mampu memberikan pengaruh yang besar terhadap promosi produk maupun jasa, iklan elektronik berbentuk non fisik berbeda dengan iklan cetak yang dapat disentuh.

Penyebaran iklan elektronik tentu saja harus dibantu oleh media elektronik seperti radio dan televisi, iklan secara elektronik ini lebih diminati oleh para produsen jasa maupun produk karena memiliki privilege secara luas dan meningkatkan produktivitas penjualan secara optimal namun tidak semua produk atau jasa optimal untuk di iklankan di media elektronik ada juga produk atau jasa yang lebih optimal diiklankan melalui media cetak. 

Ciri-ciri iklan elektronik antara lain gunakan gambar yang bergerak dan audio yang dapat dilihat dan didengar iklan elektronik sifatnya informatif dengan narasi yang cukup panjang iklan elektronik sifatnya langsung dan nyata sehingga dapat memberikan kejadian yang sebenarnya, iklan elektronik juga dapat dilihat berdasarkan penayangannya. Sebelum lebih jauh membahas tentang iklan apa saja dan bagaimana efektivitas dalam iklan cetak maupun elektronik kita akan membahas terlebih dahulu tentang apa saja yang termasuk dalam iklan elektronik:

  • Iklan di televisi
  • Iklan di radio
  • Iklan di reklame digital
  • Dan masih banyak lagi.

Efektivitas Promosi Bisnis Produk dan Jasa dengan Iklan Cetak dan Iklan Elektronik 

Telah disebutkan sebelumnya bahwa setiap bisnis pasti membutuhkan promosi dengan media iklan yang dapat menunjang penjualan produk atau jasa yang mereka tawarkan, setiap iklan yang dipilih akan mempengaruhi bagaimana penjualan kamu akan berlangsung dan akan mempengaruhi tingkat penjualan secara signifikan.

Produktivitas penjualan tidak dipengaruhi oleh seberapa modern media iklan yang kita gunakan namun seberapa efektif kita memilih media iklan yang tepat untuk produktivitas bisnis kita. 

Contohnya ketika kamu memiliki usaha jual beli mobil bekas tentu saja media yang optimal yang bisa kamu gunakan yaitu media cetak karena orang perlu memperhatikan spesifikasi dari produk atau jasa yang kamu jual secara teliti dan seksama.

Berbeda jika kamu mempromosikannya melalui media elektronik yang transisi pergerakan iklan lebih cepat dan singkat sehingga orang tidak dapat menangkap makna dari promosi kamu tersebut. Ada beberapa indikator yang bisa kamu jadikan patokan untuk mengukur iklan mana yang lebih tepat untuk mempromosikan produk atau jasa yang kamu tawarkan:

  • Produk atau Jasa yang Kamu jual akan menentukan media yang cocok 
  • Tujuan promosi kamu apakah untuk mengenalkan saja atau ingin memberitahu spesifikasi produk atau jasa
  • Modal iklan yang dimiliki karena untuk iklan elektronik membutuhkan biaya yang cukup mahal dibanding media cetak
  • Siapa target pasar kamu akan menentukan media apa yang bisa optimal untuk dipilih dan jenis iklan apa yang bisa dipertimbangkan
  • Seberapa besar input yang ingin kamu dapatkan dari profit konsumen penjualan karena jika kamu ingin mendapatkan hal yang lebih mempromosikan dengan kedua media tersebut tidak ada salahnya.

Sekian informasi tentang maksud dari iklan cetak dan iklan elektronik serta efektivitasnya terhadap sebuah bisnis dan produktivitas penjualan yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan dan tujuan kamu mempromosikan produk atau jasa tersebut. Semoga informasi pada artikel kali ini dapat membantu kamu dan bermanfaat bagi kamu kedepannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *