Memahami Fungsi dan Peran Pasar Modal Bagi Pertumbuhan Ekonomi Nasional

Fungsi dan Peran Pasar Modal – Ekonomi nasional di Indonesia selalu dipengaruhi dari berbagai aspek dari aspek kelautan dan perikanan, aspek agraris, aspek pertambangan, aspek perindustrian, maupun dari aspek saham dan investasi.

Membahas tentang aspek saham dan investasi, bagi sebagian orang yang mungkin sudah mengenal dunia saham dan permodalan pastinya tidak asing lagi dengan istilah pasar modal. Pasar modal merupakan pasar dari berbagai macam instrumen keuangan dan finansial baik jangka pendek maupun jangka panjang yang bisa diperdagangkan. 

Di dalam pasar modal memiliki banyak sekali produk dan instrumen yang bisa dipilih oleh investor maupun trader yaitu berupa saham, obligasi, reksadana, maupun instrumen derivatif. Pada kesempatan kali ini kita tidak akan membahas tentang produk-produk pasar modal maupun cara kerjanya namun kita akan membahas lebih kepada fungsi dan peran pasar modal bagi ekonomi nasional yang ternyata memiliki posisi yang sangat krusial pasalnya pasar modal memiliki dua indikator penting sebagai fungsi sarana pendanaan serta sarana investasi. 

Berbagai Fungsi dan Peran Pasar Modal 

peran pasar modal

Sebelumnya kita telah membahas bagaimana pengaruh pasar modal bagi pertumbuhan dan perkembangan ekonomi bangsa, aspek pasar modal tidak terlepas dari bisnis, usaha, dan perusahaan yang masih merintis maupun berkembang. Pasar modal berputar seperti roda yang mana memiliki keuntungan dan kemungkinan kerugian yang akan ditanggung oleh para investor maupun trader. 

Dibalik kemungkinan ini, pasar modal masih menjadi sentral untuk dijadikan alternatif bagi para pelaku usaha maupun bisnis untuk mengembangkan modalnya dan mendapatkan dana segar tanpa harus memiliki beban hutang serta penurunan keuntungan karena pihak perusahaan biasanya akan membagi hak kepemilikan saham kepada pemilik modal dan itu akan menjadi mekanisme pasar modal yang ideal. 

Melihat pentingnya fungsi dan peran pasar modal berikut kita akan membahas berbagai fungsinya maupun perannya dalam pertumbuhan ekonomi nasional. Bisa dibilang pasar modal memiliki peran penting dalam kegiatan ekonomi karena menjadi sarana untuk mengalokasikan sumber daya ekonomi perusahaan yang memerlukan dana juga bisa memanfaatkan pasar modal untuk media mendapatkan dana segar dengan cara yang tentu saja lebih menguntungkan ketimbang harus melakukan kredit atau utang piutang. Berikut ini adalah alasan tentang peranan penting pasar modal dalam pembangunan ekonomi secara nasional:

1. Peranan Pasar Modal Bagi Perekonomian

Pertumbuhan pasar modal dalam sebuah negara bisa diukur berdasarkan ukuran pasar modal, likuiditas, volatilitas, tingkat keterbukaannya, serta indikator lainnya. Sebagian orang berpendapat bahwa perkembangan pasar modal dapat dilihat dari indeks saham pasarnya dan sebuah negara yang memiliki pasar modal yang berkembang dapat dipastikan akan memiliki intermediasi sistem keuangan yang berkembang dengan baik juga.

1. Fasilitas Transaksi dan Kesempatan Modal

Peranan pasar modal yang pertama yaitu untuk fasilitas transaksi saham dan surat berharga lain yang bisa dijual belikan dalam jangka waktu tertentu sehingga investor dapat melihat grafik harga yang sesuai dan waktu yang tepat untuk menjual sahamnya.

Selain itu pasar modal juga tentu saja memberikan kesempatan kepada masyarakat pemodal atau investor untuk mendapatkan keuntungan yang menarik dengan melakukan penggelontoran dana yang terjamin serta menjadi bagian dari aktivitas kegiatan perusahaan dengan kata lain seorang investor yang menggelontorkan dana nya dengan nominal berapapun akan memiliki kepemilikan saham atas perusahaan yang dimodali nya.

2. Peluang Kebijakan Dividen dan dan Likuidasi Saham

Adanya pasar modal memiliki peranan untuk menciptakan peluang bagi suatu perusahaan yang bertujuan memuaskan keinginan para pemegang saham terkait melalui kebijakan dividen serta stabilitas harga sekuritas yang relatif. Selain itu pasar modal juga memberikan kesempatan untuk investor agar dapat menjual kembali saham yang dimilikinya atau surat berharga lainnya serta dapat melikuidasi surat berharga dimilikinya setiap saat. 

3. Kesempatan Masyarakat Untuk Berpartisipasi Serta Memperluas Usaha

Fungsi dan peran pasar modal yaitu menciptakan kesempatan untuk masyarakat agar bisa berpartisipasi dalam pertumbuhan suatu perekonomian masyarakat umum juga mempunyai kesempatan untuk mempertimbangkan penggunaan uang mereka melalui alternatif ini. Di sisi lain pasar modal memberikan kemungkinan aktivitas bisnis untuk memperoleh dana segar dari pihak lain untuk memperluas usaha dan ekspansi bisnis.

4. Mengurangi Biaya Informasi dan Surat Berharga

Untuk mengurangi beban biaya informasi dan surat berharga adanya pasar modal dapat menghilangkan biaya tersebut. Selain itu pasar modal memiliki fungsi dan peran dalam aktivitas bisnis untuk menjadi pemisah operasi bisnis dan ekonomi dari kegiatan keuangan, para pemegang surat berharga juga dapat mendapatkan likuiditas dengan cara menjual surat berharga yang dimiliki oleh pihak lainnya.

2. Fungsi Pasar Modal Bagi Perekonomian

Setelah membahas peranan pasar modal dalam pertumbuhan ekonomi sekarang kita akan membahas tentang fungsi pasar modal yang ternyata tidak kalah penting untuk menambah modal usaha bagi perusahaan atau emiten yang sedang membutuhkan dana, melakukan pemerataan pendapatan yang dapat meningkatkan tingkat pendapatan masyarakat, menjadi sarana meningkatkan kapasitas produktivitas perusahaan menciptakan sarana tenaga kerja, dan untuk peningkatan pendapatan negara.

Sebagai indikator dalam perekonomian negara tentunya fungsi dari pasar modal dapat menyediakan fasilitas yang mempertemukan kepentingan antara pihak yang memiliki kelebihan dana serta pihak yang membutuhkan suntikan dana. 

Di sisi lain, pasar modal ternyata dapat memfasilitasi secara langsung untuk para pemilik modal agar dapat berpartisipasi dalam meraih keuntungan serta menjadi jembatan para pengusaha atau emiten dalam mendapatkan tambahan modal akar dapat menstabilkan likuiditas perusahaan melalui jual-beli efek saham atau efek utang.

Adanya pasar modal juga memiliki fungsi untuk memfasilitasi upaya perusahaan untuk meningkatkan kemampuan finansial dalam rangka perluasan relasi dan ekspansi usaha. Intinya adalah peran dan fungsi pasar modal yang paling utama yaitu sebagai sarana bagi investor agar mendapatkan keuntungan atau return dengan cara menginvestasikan dana pada instrumen yang tersedia.

Fungsi dalam perkembangan ekonomi nasional dapat memperbesar produktivitas dengan modal yang didapat serta meningkatkan pemasukan pajak bagi pemerintah tentunya. Dalam mengembangkan pasar modal menjadi sebuah alternatif sebagai sumber pembiayaan dalam pembangunan selain dari sektor perbankan dan tabungan pemerintah, pembangunan dan perekonomian nasional yang semakin pesat tentu membutuhkan dana yang semakin besar pula untuk itu itu perlu adanya pemanfaatan potensi dana masyarakat sebagai sumber pembiayaan sehingga tidak lagi tergantung pada subsidi dari pemerintah.

Di sisi lain manajemen dalam badan Usaha menjadi lebih baik karena tuntutan untuk lebih profesional adanya pasar modal berfungsi sebagai indikator dalam meningkatkan pendapatan dari sektor pajak penghematan devisa bagi pembiayaan pembangunan dapat memberikan kesempatan kerja bagi setiap orang. Untuk itu fungsi dan peran pasar modal untuk pertumbuhan dan perkembangan ekonomi nasional memiliki posisi fundamental jika pemanfaatannya dikelola dengan baik serta terstruktur.

Itulah informasi tentang fungsi dan peran pasar modal untuk menumbuhkan perekonomian secara nasional yang ternyata memiliki posisi yang sangat penting dan memberikan berbagai peluang untuk kesejahteraan masyarakat secara langsung maupun tidak langsung. Semoga informasi pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat buat kamu dan silahkan dibagikan jika ini bermanfaat buat orang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *