Apa Arti Pantek Viral di TikTok? Ini Maksud dan Maknanya!

Arti Pantek Viral di TikTok – Bahasa merupakan sarana bagi kita untuk berkomunikasi dengan orang lain agar bisa menjalin hubungan yang baik antar sesama. Seperti yang kita ketahui, Indonesia memiliki banyak suku, budaya, dan bahasa yang tentunya memiliki perbedaan antara satu dengan yang lainnya. Menurut data dari laboratorium kebinekaan bahasa dan sastra, ini jumlah bahasa daerah sebanyak 718 bahasa yang tersebar di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Tahukah kamu, bahwa beberapa bahasa daerah dengan bunyi yang sama akan memiliki arti yang berbeda ada di daerah lainnya. Sedikit informasi untuk kamu, kata ‘lawang’ dalam bahasa Jawa berarti pintu, namun lain halnya jika kamu berada di daerah Lampung, di daerah Lampung kata ‘lawang’ memiliki arti gila.

Saat ini, Tiktok menjadi salah satu media sosial yang sering kali memunculkan trend bahasa baru yang terkadang tidak kita mengerti. Salah satu kata yang viral dan sering kali disebutkan oleh para warga Tiktok adalah kata ‘pantek’. Belakangan ini, kata pantek menjadi viral di berbagai media sosial seperti Tiktok, Instagram, dan Twitter.

Banyak yang tidak mengetahui arti pantek viral di tiktok ini, karena kata ini berasal dari bahasa daerah. Banyak yang penasaran dengan arti kata pantek ini sehingga berusaha untuk mencari artinya. Bagi kamu yang penasaran, yuk simak artikel edisi kali ini yang akan membahas seputar arti pantek viral di tiktok yang informasinya akan dirangkum khusus untuk kamu, check it out !

Arti Kata Pantek Viral dari Berbagai Bahasa di Indonesia

Arti Pantek Viral di TikTok

Kata pantek belakangan ini viral di berbagai media sosial seperti Tiktok, Instagram, Facebook, hingga Youtube. Tidak diketahui mengapa kata ini bisa viral dan digunakan oleh para warganet. Bahkan, kata ini digunakan dalam sebuah lagu yang berjudul DJ pantek pantek di tiktok yang juga menjadi hits serta banyak dicari oleh para warganet.

Sebagian orang yang mungkin akan asing dengan kata ini karena belum pernah mendengar sebelumnya. Sedikit informasi, kata pantek ini memiliki arti yang beragam baik dalam bahasa Indonesia maupun bahasa daerah lainnya. Oleh karena itu, kamu harus mengetahui arti kata pantek yang akan diulas lebih lanjut berikut ini.

1. Arti Kata Pantek dalam KBBI

Jika ditinjau dari Kamus Besar Bahasa Indonesia, arti pantek viral di tiktok ini dapat diartikan sebagai pasak, paku semat. Sehingga memantek merujuk pada kata melekatkan (kayu, bambu, dan sebagainya) dengan pantek. Sedangkan, terpantek dapat merujuk pada kata tertancap/terpasak (berkaitan dengan paku, pisau, dan sebagainya). 

Contoh : Tepat di tengah pohon jambu tersebut terpantek sebilah pisau yang tajam.

2. Arti Kata Pantek dalam Bahasa Minang

Kata ‘Pantek’ juga ada di dalam bahasa Minang yaitu suku yang berada di daerah Sumatera Barat. Kata pantek dalam bahasa Minang termasuk salah jenis kata yang digunakan untuk mengumpat dan memiliki arti yang kasar atau tidak pantas dikatakan kepada orang lain. 

Menurut informasi, kata Pantek dalam Bahasa Minang merujuk pada alat kelamin wanita. Oleh karena itu, kata ini tidak pantas diucapkan kepada orang lain terutama saat kamu berbicara dengan orang Minang asli. Jangan coba-coba ya sob !

3. Arti Kata Pantek dalam Bahasa Madura

Selain daerah Minang, Kata pantek atau pante’ juga biasa digunakan oleh orang Madura. Salah satu daerah yang berada di Provinsi di Jawa Timur ini biasa menggunakan kata pantek sebagai umpatan untuk mengungkapkan perasaan kesal kepada orang lain.

Pate’ atau pantek dalam Bahasa Madura berarti ‘anjing’, hal ini tentu sangat kasar apabila ditujukan kepada orang lain. Oleh karena itu, kamu sebaiknya menghindari menggunakan kata ini walaupun kamu sedang kesal ya sob karena kata ini sangat tidak pantas apalagi ditujukan kepada manusia.

Sebagai masyarakat yang memiliki norma dan aturan, kita mesti berhati-hati dalam berkata apalagi jika kamu belum mengetahui artinya.

Nah, demikian pembahasan mengenai arti pantek viral di tiktok yang telah ditinjau dari berbagai bahasa di Indonesia yang informasinya telah kami rangkum untuk kamu. Jangan lupa untuk selalu mengupdate artikel dari situs kami untuk informasi yang menarik dan tentunya bermanfaat untuk kamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *