Faktor Pentingnya Perancangan Produk Kerajinan Untuk Pasar Global

Faktor Pentingnya Perancangan Produk Kerajinan Untuk Pasar Global – Pasar global selalu menjadi target dari penjualan produk atau jasa, hal ini terjadi karena pasar global memiliki persaingan antar negara sehingga produk atau jasa akan dijangkau secara luas yang membuat pelaku usaha atau bisnis berlomba-lomba untuk terus mengembangkan dan meningkatkan produktivitas serta kualitas sehingga dengan mudah bisa masuk ke dalam pasar global. 

Untuk masuk ke dalam pasar global tentu tidaklah mudah karena ada berbagai proses yang cukup panjang. Selain untuk meningkatkan keuntungan, produk atau jasa kita akan memiliki nilai prestise yang tinggi karena bisa dibilang sudah tembus pasar internasional sehingga banyak orang yang merasa percaya akan kualitasnya.

Membahas tentang produk atau jasa yang bisa masuk ke dalam pasar global apakah produk kerajinan juga bisa menembus fase ini? Jawabannya sangat bisa apalagi saat ini kerajinan sudah masuk dalam subsektor ekonomi kreatif yang sedang dikembangkan oleh pemerintah dan masyarakat.

Kerajinan memiliki ciri khas yang unik dan menjadi identitas dari bangsa sehingga produk kerajinan mempunyai potensi yang besar untuk bisa masuk ke dalam pasar global karena kompetitor alaminya hanya berasal dari bangsa atau pelaku usaha dan bisnis di negeri sendiri.

Untuk itu, kerajinan yang memiliki kualitas tinggi tentunya harus mencakup bentuk, fungsi, nilai budaya dan teknik pembuatan yang mumpuni sehingga dapat diterima konsumen.  Pada pembahasan kali ini kita akan mengulas tentang faktor pentingnya perancangan produk kerajinan untuk pasar global, yuk kita simak bersama !

Faktor Pentingnya Perancangan Produk Kerajinan Untuk Pasar Global 

Faktor Pentingnya Perancangan Produk Kerajinan Untuk Pasar Global

Inisiatif pemerintah untuk mengembangkan produktivitas kerajinan dalam ekonomi kreatif memungkinkan kerajinan dapat dihasilkan dalam jumlah banyak atau dengan kata lain berbasis industri sehingga dapat memenuhi kebutuhan dan permintaan dalam pasar global. 

Faktor pentingnya perancangan produk kerajinan untuk pasar global dapat memberikan kesempatan serta potensi yang luas bagi produktivitas kerajinan dengan kualitas terbaik. Daya tarik dari produksi kerajinan pada dasarnya konsumen menyukai sesuatu yang berbeda serta memiliki keunikan dan ciri khas.

Hal ini mendorong konsumen untuk mencari keunikan tersebut dari berbagai sumber produk maupun jasa, oleh karena itu kerajinan menjadi primadona yang dicari oleh setiap orang yang menyukai tentang budaya, adat, nilai tradisi yang hanya dimiliki oleh beberapa negara saja termasuk Indonesia.

Produk kerajinan merupakan modal yang cukup menjanjikan bagi masyarakat lokal karena memiliki berbagai macam keunikan dari setiap daerah dan budaya. Pengrajin kerajinan an-nasr dapat bersaing di pasar global harus memiliki rancangan yang tepat serta memiliki pengetahuan akan produk yang dihasilkan.

Ide dan gagasan yang inovatif serta kreatif dalam menciptakan produk kerajinan sangat penting di dalam proses perancangan produk yang diawali dengan pencarian ide, pembuatan gambar atau sketsa, dan persiapan produksi. Berikut adalah berbagai macam faktor pentingnya perancangan kerajinan untuk pasar global:

1. Menemukan Ide Produk Kerajinan 

Biasanya pengrajin sangat jarang memiliki usaha secara independen atau sendiri, hal itu dikarenakan pengrajin memiliki kelompok yang memiliki tugas dalam bidangnya masing-masing sehingga membutuhkan berbagai elemen untuk menghasilkan sebuah kerajinan. 

Untuk membuat sebuah kerajinan perlu adanya ide produk kerajinan yang bisa dikembangkan melalui kelompok pengrajin, setiap kelompok kerajinan dapat mengadakan brainstorming atau curah pendapat agar mendapatkan ide produk kerajinan yang tepat. 

Setiap anggota dalam kelompok ini harus mengekspresikan diri untuk menghasilkan ide dan gagasan yang bervariasi jangan sampai ada yang takut salah karena kunci sukses dari tahap ini yaitu menemukan ide terbaik berdasarkan masukan dari semua anggota. 

Ketika ide tersebut disepakati bersama oleh kelompok pengrajin maka motivasi untuk menciptakan dan menghasilkan sebuah kerajinan dapat memiliki proses yang lancar serta optimal. Temukan ide dan gagasan yang terbaik melalui pertimbangan kelompok dari proses awal hingga akhir.

2. Proses Rasionalisasi

Faktor pentingnya perancangan produk kerajinan untuk pasar global selanjutnya yaitu rasionalisasi yang menjadi proses untuk mengevaluasi ide dan gagasan yang muncul dengan dikaitkan beberapa pertimbangan teknis di antaranya yaitu bagaimana cara menggunakan produk tersebut dalam kurung (fungsi), apakah bisa untuk diproduksi dengan teknik yang ada (teknik), bagaimana proporsi serta ukuran yang sesuai untuk menghasilkan produk tersebut agar mudah dibawa serta mudah dikirim (bentuk), apa yang menjadi ketertarikan bagi konsumen terkait produk kerajinan tersebut (nilai budaya), dan sebagainya. 

Hal ini perlu dipertimbangkan secara matang sebagai faktor pentingnya perancangan kerajinan dalam pasar global sehingga produk tersebut dapat menarik perhatian konsumen pasar global dalam semua aspek. 

Rasionalisasi sangat dibutuhkan karena  dalam usaha dan dan bisnis tentunya memiliki kompetitor serta resiko yang akan dihadapi kedepannya sehingga kita harus memiliki rancangan untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan yang mengakibatkan usaha atau bisnis kita tidak optimal.

3. Membuat Studi Model (Prototyping)

Studi model merupakan sketsa ide yang dibuat pada proses sebelumnya menjadi format dimensi. Perancangan produk kerajinan dalam pasar global tentunya akan dibuat dalam tiga dimensi namun ketika kamu membuat studi model dengan dua dimensi kamu akan memperoleh gambaran detail tentang apa yang ingin kamu buat serta dapat membantu dalam proses produksi kerajinan tersebut. 

Alat bantu yang bisa digunakan dalam membuat studi model diantaranya yaitu gunting cutter, lem, selotip dan lain-lain yang mendukung untuk penggambaran sketsa produk kerajinan. Alasan mengapa prototype atau pembuatan studi model menjadi faktor pentingnya produk kerajinan untuk pasar global karena dalam membuat sebuah konsep perlu adanya pemetaan terlebih dahulu agar detail-detail di kecil dapat diperhatikan sehingga tidak melupakan bagian terpenting yang harus dibuat dalam produk kerajinan. 

Banyak pengrajin yang sudah memiliki pengalaman terkadang meninggalkan faktor ini, hal ini tentu tidaklah salah karena untuk membuat studi model atau prototipe merupakan pilihan dari masing-masing pengrajin. 

Namun yang perlu diingat adalah untuk membuat inovasi produk kerajinan kita akan selalu membutuhkan yang namanya pembuatan studi model sehingga dapat memudahkan kita menulis dan menggambar ide dan gagasan untuk menghasilkan produktivitas kerajinan terbaik.

4. Menentukan Desain Akhir

Setelah membuat prototype atau studi model tentunya akan ada beberapa opsi yang akan dihasilkan dari konsep tersebut sehingga pengrajin bisa memilih konsep studi model mana yang cocok dan sesuai untuk menjadi produk kerajinan.

Penetapan desain akhir ini bisa dilakukan dengan diskusi dan evaluasi kelompok pengrajin sehingga menghasilkan umpan balik yang bermanfaat untuk menentukan desain akhir yang bisa dipilih dengan kesepakatan bersama. 

Desain yang dipilih akan diproduksi sehingga menjadi kerajinan yang berkualitas serta memiliki nilai jual maksimal, itulah mengapa prototype sangat dibutuhkan meskipun pengrajin sudah memiliki ide dan gagasan yang telah digunakan sejak lama agar menghasilkan produk kerajinan yg elegan, kreatif, dan inovatif.

Akhir kata, itulah informasi yang bisa kami sampaikan terkait dengan Faktor Pentingnya Perancan perancangan produk kerajinan untuk pasar global sehingga produk yang dihasilkan memiliki kualitas dan nilai yang dapat bersaing di pasar global. Semoga informasi kali ini dapat bermanfaat dan nantikan selalu informasi dari situs kami ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *