Pengertian Mendelegasikan Pekerjaan, Manfaat Serta Tipsnya!

Dalam menjalani pekerjaan setiap orang memiliki tanggung jawab dan porsinya masing-masing oleh karena itu setiap bidang pekerjaan harus dilakukan oleh ahlinya agar pekerjaan tersebut berjalan dengan baik. 

Pernahkah kamu mendengar bahwa ada seorang atasan maupun karyawan yang merangkap pekerjaan satu dengan pekerjaan lainnya, jika pernah melihat hal ini pasti kamu merasa bahwa pekerjaan tersebut akan terlihat tidak selesai-selesai dan berantakan.

Pada dasarnya atasan memang diwajibkan untuk memimpin dan mengontrol karyawannya namun tidak harus semuanya dilakukan sendiri karena banyak profesi yang bisa membantu pekerjaan dari atasan seperti Manajer, HRD, GA, sekretaris, dan masih banyak lagi. 

Maka itu, mendelegasikan pekerjaan sangatlah penting dan menjadi kunci kesuksesan karena semakin meningkat karir dan proyek dalam suatu perusahaan, seorang atasan akan semakin banyak membutuhkan tenaga kerja yang membantunya untuk menangani berbagai macam urusan dan tentunya tidak bisa di handle sendirian oleh seorang atasan.

Lalu sebenarnya apa sih pengertian mendelegasikan pekerjaan dan bagaimana tips bagi atasan atau perusahaan yang ingin melakukan delegasi. Bagi kamu yang penasaran, pada pembahasan kali ini kita akan mengulas secara lengkap tentang pengertian maupun tips dalam delegasi pekerjaan yang bisa membantu perusahaan untuk meningkatkan kesuksesan serta menyelesaikan sebuah pekerjaan secara optimal. 

Meskipun banyak perusahaan atau atasan yang menyepelekan manfaat dari delegasi pekerjaan karena bisa dibilang harus mengeluarkan pengeluaran yang lebih dalam hal gaji tapi hal yang didapatkan ternyata berbanding lurus lho!

Pengertian Mendelegasikan Pekerjaan dan Manfaatnya!

pengertian mendelegasikan pekerjaan

Pengertian mendelegasikan pekerjaan yaitu penyerahan atau pelimpahan wewenang dari satu orang ke orang lain agar suatu pekerjaan dapat berjalan dengan lebih efektif demi mencapai suatu tujuan tertentu. Meskipun tujuan dari berbagai pekerjaan berbeda-beda dan dikerjakan dalam divisinya masing-masing namun hakikatnya tujuan utama dari setiap pekerjaan tersebut yaitu kemajuan dalam perusahaan.

Hal ini dilakukan karena atasan tidak bisa mengorganisir setiap pekerjaan yang ada sendirian lalu akan diserahkan kepada manajer dan manajer tentunya tidak bisa menghandle semua pekerjaan yang ada sehingga memberikan tanggung jawab dan penyerahan tugas kepada setiap orang yang ada dalam divisi divisi yang sudah disediakan.

Mendelegasikan pekerjaan berarti memberikan sebagian tugas atau wewenang kepada anggota tim yang yang ditunjuk untuk melakukan pekerjaan tersebut. Dalam memilih orang atau anggota tim untuk melaksanakan suatu pekerjaan tentunya melalui pertimbangan tersendiri, pertimbangan tersebut antara lain memiliki kompetensi di bidang terkait dapat dipercaya serta profesional.

Untuk itu dalam mendelegasikan pekerjaan ada beberapa komponen yang harus diperhatikan, komponen ini sangat penting sebelum melakukan delegasi dalam sebuah perusahaan. Kamu bisa menjadikan komponen ini sebagai tolak ukur dalam memilih orang yang tepat serta delegasi pekerjaan yang sesuai untuk keberhasilan dan kesuksesan perusahaan kamu:

  • Wewenang, yaitu kekuasaan atau hak seseorang dalam menggunakan sumber daya yang ada untuk efisiensi dalam mencapai  tujuan bersama. Oleh karena itu biasanya wewenang akan diberikan kepada ada orang atau tim kerja yang tepat agar tidak disalahgunakan
  • Tanggung Jawab merupakan kewajiban seseorang atau tim kerja dalam menyelesaikan sebuah pekerjaan yang diberikan
  • Akuntabilitas, jika tadi tanggung jawab merupakan sebuah kewajiban untuk melaksanakan pekerjaan secara tepat dan profesional, akuntabilitas merupakan wujud dari rasa tanggung jawab untuk memberikan kepuasan kepada pihak yang telah memberikan wewenang dan delegasi kepadanya

Banyak manfaat yang akan didapatkan dalam mendelegasikan sebuah pekerjaan kepada orang lain yang tentunya akan lebih membuat pekerjaan serta pembagian tugas di perusahaan lebih efektif. Bayangkan jika di dalam perusahaan tidak ada delegasi dalam suatu pekerjaan maka tentu saja tidak ada keseimbangan dan kestabilan dalam perusahaan.

Jadi manfaat adanya delegasi dalam sebuah pekerjaan akan meningkatkan pendapatan dan keuntungan dalam jangka panjang, hal lain yang menjadi tolak ukur untuk setiap atasan memahami pengertian mendelegasikan pekerjaan adalah konsep kerjasama dan kepercayaan satu sama lain untuk mencapai tujuan yang sama.

Tips Mendelegasikan Pekerjaan Secara Efektif

Berikut tips untuk mendelegasikan pekerjaan secara efektif dalam memaksimalkan performa perusahaan:

1. Menentukan Pekerjaan yang Akan Didelegasikan

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah membaca kemampuan dari seseorang atau tim kerja yang akan dipercayakan untuk menjalankan suatu pekerjaan. Intinya jangan pernah mendelegasikan suatu pekerjaan yang penting dan beresiko kepada ada seseorang atau tim kerja yang baru karena kamu harus memperhitungkan apapun yang mungkin akan terjadi dan akan menambah pekerjaan kamu nantinya. 

Luangkan waktu untuk mengetahui kekurangan dan kelebihan dari seseorang atau anggota tim kamu yang akan diberikan delegasi sehingga kau bisa menentukan dengan tepat pekerjaan yang akan didelegasikan. Kamu juga bisa meminta bantuan dari rekan kerja yang lain untuk memberikan masukan untuk menentukan pekerjaan yang akan didelegasikan.

2. Memilih Orang dan Pekerjaan yang Sesuai

Strategi dalam melakukan delegasi pekerjaan masih berkaitan dengan penjelasan sebelumnya yaitu menentukan delegasi yang tepat untuk orang yang tepat. Hal ini merupakan kunci utama untuk dalam kesuksesan project maupun peningkatan target perusahaan, memilih orang yang tepat memang bukanlah hal yang mudah dan harus melihat seberapa besar pengaruh dari orang tersebut untuk meningkatkan kesuksesan perusahaan kamu.

Namun kamu bisa melihat track recordnya selama bekerja denganmu untuk menjalankan beberapa tugas kecil maupun besar, kamu juga bisa melakukan uji coba terlebih dahulu serta memberikan target yang wajib dikerjakan oleh seseorang atau tim kerja yang akan kau berikan delegasi.

Dari situ kamu akan mengetahui kompetensi dari orang atau tim kerja tersebut untuk melaksanakan sebuah pekerjaan penting yang akan kamu berikan.

3. Selalu Berkomunikasi 

Jangan biarkan jabatan kamu menghalangi komunikasi antar karyawan dan divisi sehingga kamu akan kehilangan kesempatan untuk mempelajari kompetensi dari pekerjaan yang mereka jalani. Tips dalam menjalankan delegasi pekerjaan agar lancar dan sesuai ekspektasi yaitu dengan cara berkomunikasi secara real-time dengan orang atau tim kerja yang kamu berikan delegasi tersebut.

Semakin jelas arahan yang kamu berikan kepada orang atau tim kerja untuk melaksanakan pekerjaannya maka target dan tujuan kamu akan tercapai. Pentingnya komunikasi akan memberikan peluang keberhasilan pada proyek atau pekerjaan yang sedang dijalani.

Jangan lupa apa untuk terus memperhatikan kesulitan yang sedang dihadapi oleh tim kerja kamu agar mereka tidak merasa berpikir sendirian sampai tertekan.

4. Evaluasi Secara Berkala dan Mengatasi Masalah Bersama

Delegasi pekerjaan memang lebih ke arah memberikan tanggungjawab kepada seorang individu maupun tim kerja untuk melaksanakan pekerjaan secara maksimal, namun kamu jangan sampai lupa bahwa evaluasi harus terus dilakukan untuk melihat apakah pekerjaan sudah ada di jalur yang tepat atau malah mengalami sebuah kendala yang harus diselesaikan.

Jika terjadi sebuah masalah maka kamu sebagai atasan atau manajer harus memikirkan solusinya secara bersama-sama dan tidak lepas tangan atas kondisi yang terjadi. Cobalah untuk memberikan kesempatan kepada ada seseorang atau tim kerja untuk menyampaikan masukkan ataupun solusi kemudian kumpulkan dan pertimbangkan opsi terbaik dalam pengambilan keputusan.

5. Apresiasi dan Reward

Hal terakhir yang bisa kamu lakukan sebagai atasan atau manajer tentu saja memberikan apresiasi dan reward sebagai penghargaan kepada seseorang atau tim kerja yang sudah melakukan pekerjaannya dengan baik sehingga mereka bersemangat untuk melaksanakan pekerjaan selanjutnya dan memberikan yang terbaik terhadap perusahaan.

Kamu bisa memberikan apresiasi atau polri word berupa hal kecil karena mereka sudah mencapai target dari perusahaan sehingga mereka akan merasa dihargai oleh atasan maupun perusahaan atas usahanya.

Akhir Kata

Sekian informasi yang bisa kami sampaikan tentang pengertian mendelegasikan pekerjaan lengkap dengan manfaat dan komponen pentingnya serta tips yang bisa kamu lakukan sebagai atasan maupun manajer untuk melakukan yang terbaik terkait delegasi pekerjaan kepada seseorang atau tim kerja dalam perusahaan. Semoga informasi kali ini dapat bermanfaat dan nantikan artikel dari situs kami selanjutnya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *