BPNT 2022 Berupa Apa Saja? Uang Tunai 600-200 Ribu!

BPNT merupakan singkatan dari Bantuan Pangan Non Tunai yang disalurkan oleh pemerintah dalam rangka untuk mensejahterakan masyarakat Indonesia. Sebagai salah satu bentuk bantuan, BPNT oleh kementerian sosial menjangkau jutaan keluarga penerima manfaat (KPM).  

Guna mempercepat pencairan dana BPNT kementerian sosial menggandeng PT Pos Indonesia untuk bekerjasama mengantarkan dana hingga ke rumah penerima bantuan (door to door).

Menurut kabar yang beredar, BPNT tahun 2022 akan dicairkan dalam bentuk yang berbeda dari sebelumnya dan akan dicairkan dalam bentuk lain. Pada kesempatan ini, kami akan membahas secara lengkap bantuan BPNT 2022 yang akan dicairkan oleh pemerintah.

BPNT 2022 Berupa Apa Saja?

BPNT 2022 Berupa Apa Saja

BPMT sebagai Bantuan Pangan Non Tunai yang dibagikan oleh pemerintah untuk Keluarga Penerima Manfaat (KPR), awalnya bantuan ini berubah pangan dalam bentuk sembako yang akan dibagikan secara langsung. 

Namun terdapat kabar baik untuk para penerima bansos sembako atau BPNT tahun 2022. Kali ini BPNT 2022 cair secara rapel dari bulan Januari hingga maret berupa uang tunai sebesar Rp. 200.000 per bulan yang akan cair Rp. 600.000 sekaligus melalui PT Pos Indonesia. 

” Pencairan dana BPNT 2022 ini serentak mulai hari minggu, 20 februari 2022. Kami memutuskan untuk menyalurkan BPNT tersebut melalui PT Pos Indonesia, ” Ucap menteri sosial (mensos) Tri Rismaharini, jakarta, minggu(20/2). 

Nanti nya para penerima BPNT akan akan diberikan ATM yang sudah berisikan saldo pemerintah, saldo tersebut hanya bisa dipakai untuk pembelian sembako di e-warong (elektronik warung gotong royong). BPNT ini akan diterima KPM selama satu tahun berjumlah Rp 2,4 juta dengan penyaluran Rp 200 ribu per bulan nya. 

Menurut info bantuan yang telah digelontorkan pemerintah untuk BPNT 2022 yakni dikabarkan sebanyak Rp 45,12 triliunan yang akan diberikan kepada seluruh penerima BPNT secara rata. 

Cara Daftar Kartu Bantuan Sosial

Jika kamu bukan termasuk penerima bantuan sosial sembako, kamu dapat melakukan pendaftaran sebagai berikut:

  1. Pendaftaran peserta keluarga penerima manfaat (KPM) akan dilakukan oleh kemensos
  2. Calon KPM akan mendapatkan surat pemberitahuan tentang teknis pendaftaran di tempat yang sudah ditentukan
  3. Data yang sudah diisi secara lengkap oleh calon penerima akan diproses secara paralel dan sinergis oleh bank yang telah bergabung dalam himpunan bank milik negara (Himbara), kantor kelurahan, dan kantor kabupaten/walikota
  4. Calon KPM perlu untuk membawa data pelengkap seperti halnya kartu keluarga (KK), kartu tanda penduduk (KTP), Nik serta kode unik keluarga/individu dalam data terpadu
  5. Setelah semua verifikasi data selesai, calon penerima bantuan sosial akan dibukakan rekening di bank serta mendapatkan kartu keluarga sejahtera (KKS) 
  6. Jika penerima sudah mempunyai KKS dapat langsung datang ke e-warong (elektronik warung gotong royong) terdekat 

Cara Cek menerima BPNT 2022

Apakah kamu termasuk penerima BPNT 2022?  Kamu dapat mengecek daftar penerima BPNT sendiri melalui situs resmi kementerian sosial, yang bisa kalian lakukan dengan cara dibawah ini:

  1. Masuk ke situs resmi atau klik link cekbansos.kemensos.go.id pada di safari maupun google
  2. Isi secara lengkap nama provinsi, kabupaten atau kota, kecamatan, desa atau kelurahan, sesuai dengan kartu tanda penduduk (KTP) 
  3. Kemudian masukan nama lengkap sesuai dengan nama di KTP
  4. Masukan kode Verifikasi yang tertera, kemudian tekan ‘refresh’ jika kode yang tertera kurang jelas
  5. Klik ‘cara data’ dan tunggu sampai hasil pencarian muncul

Nah, jika kamu termasuk penerima bansos sembako maka kamu akan mendapatkan tanda lolos seperti berikut:

  1. Identitas dari penerima bantuan (nama dan alamat) 
  2. Jenis bantuan yang akan diterima
  3. Tahap atau periode yang akan diterima
  4. Status bantuan yang sudah disalurkan atau pun belum
https://calonpengangguran.com/2022/02/16/aplikasi-domino-rich-penghasil-uang/

Akhir Kata

Kiranya seperti itulah bentuk bantuan BPNT 2022 berupa apa saja? yang sudah dicairkan oleh pemerintah sejak 20 februari kemarin. Akhir kata, demikian informasi lengkap mengenai BPNT 2022 berupa aja yang bisa kami sampaikan dalam kesempatan kali ini. Semoga artikel ini bermanfaat dan tunggu updatean kami selanjutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *