Pengertian Modal Pasif Jangka Pendek dan Jenisnya Secara Lengkap

Modal Pasif Jangka Pendek – Modal merupakan salah satu hal yang tidak bisa dipisahkan dalam dunia bisnis, usaha investasi, dan berbagai aktivitas lainnya yang memiliki tujuan untuk memperoleh keuntungan maupun penghasilan. Modal merupakan salah satu faktor penting dari kegiatan produksi agar kegiatan usahanya dapat terus berjalan dan menghasilkan keuntungan. 

Bagi sebuah perusahaan yang baru dirintis, modal digunakan untuk dapat menjalankan kegiatan usahanya mulai dari bahan baku hingga segala keperluan operasional dalam kegiatan usaha. Sedangkan, bagi perusahaan atau bidang usaha yang sudah berdiri lama, modal dapat digunakan untuk mengembangkan usaha maupun memperluas pangsa pasar dari bisnis tersebut. 

Modal sendiri memiliki banyak jenis dan dibagi kedalam beberapa kategori baik berdasarkan sumber, pemilik, wujud dan juga sifatnya. Salah satu jenis modal yang banyak digunakan oleh suatu perusahaan yaitu modal pasif jangka pendek. Modal pasif adalah salah satu jenis modal yang didapatkan dari hasil pinjaman kredit baik jangka panjang maupun jangka pendek. Model pasir sendiri dibagi menjadi dua kelompok berdasarkan sumbernya yaitu modal asing dan modal sendiri.

Ada banyak contoh modal pasif yang digunakan oleh beberapa perusahaan sebagai sumber modal dalam menjalankan kegiatan usahanya. Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas salah topik mengenai pengertian modal pasif jangka pendek sebagai salah satu sumber modal dalam kegiatan usaha suatu perusahaan. Selain membahas pengertian, akan dibahas pula mengenai jenis modal pasif jangka pendek beserta manfaatnya bagi suatu perusahaan. Bagi kamu yang penasaran dengan pembahasan mengenai modal pasif jangka pendek, yuk langsung saja kita simak ulasan lengkapnya berikut ini ya, stay tune !

Pengertian Modal Pasif Jangka Pendek Beserta Contohnya !

modal pasif jangka pendek

Sebelum membahas tentang pengertian modal pasif beserta jenis dan manfaatnya, ada baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu mengenai pengertian modal. Secara umum, model dapat diartikan sebagai sumber dana yang digunakan untuk menjalankan suatu kegiatan usaha dari suatu perusahaan. Pada umumnya, modal ini digunakan untuk segala hal yang berkaitan dengan kegiatan operasional suatu perusahaan dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan atau penghasilan yang tentunya lebih besar dari modal yang dikeluarkan sebelumnya.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, modal sendiri memiliki berbagai jenis dan dibagi kedalam beberapa kategori berdasarkan sumber, sifat, kepemilikan dan wujudnya. Salah satu jenis modal yang cukup banyak digunakan oleh perusahaan sebagai sumber modal untuk menjalankan kegiatan usaha yaitu modal pasif. Modal pasif dibagi lagi menjadi dua jenis yaitu modal pasif jangka panjang dan modal pasif jangka pendek.

Modal pasif merupakan sumber modal yang didapatkan dari hasil meminjam ataupun kredit baik jangka panjang maupun jangka pendek. Modal pasif jangka pendek merupakan modal pinjaman dengan jangka waktu yang singkat yaitu maksimal 1 tahun dan dapat diperpanjang tergantung dengan kesepakatan antara debitur dengan kreditur. Contoh dari modal pasif jangka pendek ini antara lain kredit wesel, kredit rekening koran, kredit dari penjual, dan lain sebagainya.

Berikut Contoh Modal Pasif Jangka Pendek yang Wajib Kamu Tahu !

Setelah mengetahui pengertian modal pasif jangka pendek, untuk lebih memahami lagi terkait dengan modal pasif jangka pendek, berikut akan kami jelaskan mengenai contoh modal pasif jangka pendek yang biasanya digunakan oleh berbagai perusahaan sebagai sumber modal dalam menjalankan kegiatan usahanya.

  1. Kredit Wesel atau Bill of Exchange

Bill of exchange atau wesel merupakan salah satu jenis surat berharga yang didalamnya berisi tagihan dan juga surat perintah tertulis yang ditujukan kepada seseorang dengan tujuan untuk membayar sejumlah uang kepada pihak yang ditunjuk. Wesel digunakan sebagai alat pembayaran piutang yang biasanya digunakan dalam aktivitas berbisnis dan aktivitas lainnya. 

Wesel dapat berfungsi sebagai alat pengirim uang dan juga sebagai pembayar kredit. Tujuan diterbitkannya wesel yaitu agar debitur segera melakukan pembayaran pada tanggal dan jumlah yang telah ditentukan sesuai yang disebutkan dalam wesel tersebut.

  1. Kredit Rekening Koran

Pinjaman rekening koran merupakan salah satu jenis modal yang sering digunakan oleh perusahaan untuk mendanai kegiatan usahanya. Pinjaman rekening koran merupakan pinjaman di mana plafon pinjamannya dicantumkan pada rekening koran debitur sesuai dengan kesepakatan antara bank dengan debitur berdasarkan perjanjian kredit atau pengakuan hutang. 

Jenis pinjaman ini pada umumnya digunakan sebagai modal untuk membiayai kerja debitur sehari-hari. Jangka waktu pinjaman kredit rekening koran ini biasanya 1 tahun dan dapat diperpanjang dengan syarat dan ketentuan berlaku.

  1. Kredit Penjual

Contoh modal pasif jangka pendek selanjutnya yaitu kredit penjual yakni kredit yang diberikan oleh penjual kepada pembeli. Biasanya, kredit ini banyak ditemukan di pasar grosir contohnya transaksi antara supplier dengan distributor atau pengecer. Nantinya, kredit ini akan dibayarkan oleh pembeli dalam jangka waktu tertentu sesuai dengan kesepakatan antara pembeli dan penjual.

  1. Kredit Pembeli

Selanjutnya, kredit dari pembeli merupakan kredit yang diberikan oleh sebuah perusahaan sebagai pembeli kepada pemasok dari mentahnya atau barang lainnya. Di sini, pembeli membayar harga barang yang dibelinya terlebih dahulu dan setelah beberapa waktu dapat dikatakan bahwa pembelinya memberikan kredit pembeli kepada penjual atau pemasok bahan mentah atau barang dagangan.

Nah, itulah beberapa contoh modal pasif jangka pendek yang digunakan kan oleh perusahaan sebagai modal dalam menjalankan kegiatan usahanya. Berbagai jenis modal tentu membawa manfaat bagi sebuah perusahaan dalam menjalankan kegiatan usahanya.

Manfaat Modal Bagi Sebuah Perusahaan yang Wajib Kamu Ketahui !

Berikut ini merupakan beberapa manfaat modal bagi satu perusahaan, diantaranya yaitu :

  • Mempermudah dalam melakukan pendirian perusahaan baru, dalam hal ini berdirinya suatu perusahaan tentu memerlukan modal untuk menjalankan kegiatan usahanya sehingga nantinya dapat memperoleh keuntungan. Oleh karena itu, modal bermanfaat bagi berdirinya suatu perusahaan baru.
  • Membantu perusahaan dalam berkembang, perusahaan yang sedang melakukan ekspansi tentu membutuhkan dana yang besar dan dana ini tidak selalu tersedia secara cukup, sehingga modal diperlukan kan rangka mengatasi anggaran dalam rangka pengembangan perusahaan.
  • Meningkatkan nilai investasi, dalam sebuah perusahaan yang sedang berkembang diperlukan adanya investasi dari pihak lain sehingga dapat mendorong perkembangan perusahaan lebih pesat.
  • Memperlancar proses alih teknologi, di zaman yang serba canggih seperti sekarang ini, perusahaan perlu mengembangkan teknologi yang lebih mutakhir. Namun, untuk mengembangkan teknologi tersebut diperlukan dana yang cukup besar, dalam hal ini modal berfungsi untuk membantu mendapatkan teknologi tersebut dengan memberikan suntikan dana bagi sebuah perusahaan yang akan melakukan proses alih teknologi.

Nah, demikian pembahasan mengenai pengertian modal pasif jangka pendek beserta jenis dan manfaat bagi sebuah perusahaan yang informasinya telah kami sajikan untuk kamu. Semoga artikel edisi kali ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan kamu seputar bisnis dan ekonomi. Jangan lupa apa untuk mengupdate artikel dari situs kami setiap hari dan sampai jumpa di artikel edisi selanjutnya ya !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *