Mudah Banget! Begini Tips Memilih Influencer yang Tepat Untuk Bisnis

Pemasaran bisnis melalui bantuan influencer adalah bentuk pemasaran yang melibatkan penggunaan media sosial influencer untuk mempromosikan produk atau layanan. Hal ini bisa terbilang strategi yang efektif untuk menjangkau konsumen yang besar dengan sedikit usaha dan dapat dengan mudah diprediksi pendapatan dan keuntungannya.

Dunia media sosial yang selalu berubah menjadi cara terbaik untuk terlibat dengan konsumen dan mengembangkan merek dari produk dan jasa yang kita tawarkan. Dengan begitu banyak influencer di media sosial, mungkin sulit untuk mengetahui dari mana harus memulai atau bagaimana tips memilih influencer yang tepat untuk bisnis kita. 

Dalam artikel ini kami akan mengeksplorasi beberapa cara yang bisa kamu jadikan inspirasi untuk menemukan influencer yang sempurna untuk memasarkan bisnis kamu. Tempat yang baik untuk memulai adalah dengan mengidentifikasi jenis konten yang kamu inginkan dari seorang influencer. Hal terpenting saat memilih influencer adalah memastikan bahwa mereka cocok dengan bisnis kamu. 

Kamu tidak boleh hanya memilih influencer pertama yang kamu temukan, tetapi luangkan waktu untuk meneliti dan menemukan yang terbaik. Dengan munculnya media sosial dan prevalensi influencer, kampanye pemasaran mulai mengandalkan influencer media sosial. Jenis yang paling umum disebut endorse, di mana pengiklan akan membayar influencer untuk mempromosikan produk. 

Hal ini dikarenakan Influencer adalah orang yang memiliki kekuatan untuk mempengaruhi orang lain. Lebih khusus lagi, seorang influencer adalah seseorang yang dapat membentuk pikiran dan tindakan orang-orang di sekitarnya. Setiap bisnis tentunya ingin bekerja sama dengan influencer yang tidak hanya jujur tetapi juga menyediakan konten berkualitas.

Kualitas penting lainnya adalah keterlibatan, sebuah bisnis juga menginginkan influencer yang mampu melibatkan calon konsumen dan membuat mereka tertarik pada produk atau layanan bisnis yang ditawarkan. Untuk membahas lebih detail tentang cara memilih influencer yang tepat untuk bisnis, berikut rangkuman informasinya.

Kriteria Berkualitas Dalam Memilih Influencer yang Tepat Untuk Sebuah Bisnis

Tips Memilih Influencer yang Tepat Untuk Bisnis

Meskipun peluang influencer marketing sangat menjanjikan, sebagai pemilik bisnis tentunya kita tidak boleh sembarangan untuk memilih influencer yang tepat dalam memasarkan bisnis. Jika kita keliru dalam menentukan influencer maka tujuan dari pemasaran produk dan layanan tidak akan tercapai. 

Jangan melihat influencer dari kepopulerannya saja namun harus melihat kualitas dari individu tersebut karena seorang influencer akan menjadi simbol dalam memperkenalkan produk dan layanan kepada publik. Berikut adalah cara untuk memilih influencer yang sesuai untuk bisnis yang mungkin bisa kamu jadikan referensi:

1. Melakukan Riset dan Mengecek Histori dari Influencer

Langkah pertama untuk tips memilih influencer yang tepat untuk bisnis yaitu melakukan riset terlebih dahulu terkait jumlah followers, konten yang pernah diposting, tingkat engagement, kepopuleran, serta pemberitaan. 

Jadi ketika kamu memiliki beberapa opsi influencer yang akan dipilih, kamu harus melihat dari beberapa konteks yang sudah kami sebutkan tadi. Memilih influencer tidak hanya dilihat dari banyaknya follower saja namun harus dilihat dari seberapa besar influencer dapat memberikan positive impact. 

Semakin banyak informasi yang kamu ketahui terkait riwayat atau histori influencer tersebut maka semakin banyak hal yang dapat kamu pertimbangkan. Misalnya kamu bisa melihat apakah pernah ada kompetitor kamu yang bermitra dengan influencer tersebut karena pastinya kamu menginginkan memiliki influencer yang sama dan dikira ikut-ikutan. 

Selain itu. Kamu juga bisa melihat kualitas dari influencer tersebut apakah banyak brand ternama yang pernah bekerja sama dan hal ini tentu menjadi nilai plus. Jadi melakukan reset dan melihat history dari investor tersebut merupakan langkah awal yang paling penting untuk menentukan kontrak kerjasama yang sesuai dengan bisnis kamu. 

2. Melihat Orisinalitas dari Influencer dan Sesuaikan dengan Anggaran

Selanjutnya untuk memilih influencer yang tepat yaitu mengecek kembali keaslian dari followers influencer tersebut karena seperti yang kita tahu saat ini banyak alat serta jasa yang digunakan oleh influencer untuk membeli followers palsu. Hal ini tentu saja akan merugikan kamu karena produk atau jasa yang kamu percayakan kepada influencer tersebut tentunya tidak akan memiliki pengaruh apapun karena followernya palsu serta pasif.

Usahakan untuk mencari tahu terlebih dahulu tentang influencer yang akan kamu ajak kerjasama. Kamu bisa melakukan list beberapa opsi influencer agar kamu dapat mempertimbangkan kelebihan serta kekurangannya. Selain itu, kamu juga harus mempertimbangkan anggaran dalam memasarkan produk ataupun jasa melalui influencer.

Jangan memaksakan diri untuk bekerja sama dengan influencer yang biayanya di luar dari anggaran yang sudah kamu sediakan, hal ini termasuk strategi bisnis yang harus dipikirkan secara matang karena jika sampai salah melangkah akan menghadapi resiko yang cukup tinggi. Jangan ragu untuk bertanya terkait budget dari influencer dan jika tidak sesuai dengan dana yang kamu sediakan bergeserlah ke kandidat influencer lainnya.

3. Influencer Memiliki Kecocokan Dengan Bisnis dan Skala Promosi 

Selanjutnya langkah yang tidak kalah penting dalam menentukan influencer yang tepat dalam sebuah bisnis yaitu influencer tersebut memiliki kecocokan dari target konsumen bisnis. Misalnya kamu memiliki produk yang target pasarnya adalah anak muda maka influencer yang cocok adalah anak muda yang berumur 20 sampai 35 tahun karena hal ini sangat menentukan dalam produktivitas produk dan jasa.

Setelah menemukan influencer yang cocok dengan target bisnis maka sesuaikan dengan skala promosi bisnis kamu agar dapat memberikan pengaruh yang besar. Misalnya jika baru saja membangun dan merintis bisnis kamu, temukan influencer dengan skala followers yang lebih kecil dan biaya yang murah. Sebaliknya jika kamu termasuk dalam kategori bisnis yang sudah berkembang tidak ada salahnya untuk memilih influencer dengan biaya yang besar. 

4. Perhatikan Reputasi dan Engagement

Sebelumnya telah kami singgung bahwa reputasi dan engagement memiliki peranan yang sangat penting dalam menentukan influencer yang cocok dengan bisnis. Reputasi disini memberikan pengaruh yang cukup besar karena follower saja tidak cukup jika influencer tersebut memiliki citra negatif di mata masyarakat.

Pastinya kamu tidak ingin citra negatif influencer tersebut berdampak buruk pada produk atau jasa yang ditawarkan. Jika kamu memaksakan diri untuk mempromosikan produk atau layanan kepada influencer yang bermasalah misalnya sedang kontroversial akhir-akhir ini maka bukannya tidak mungkin produk atau jasa kamu akan mendapatkan efek buruk dan tidak akan menarik konsumen manapun.

Selain reputasi yang baik, engagement juga sangat dibutuhkan untuk memilih influencer yang tepat karena followers tidak selalu berperan sebagai fans, ada juga followers yang hanya mengikuti seseorang public figure karena ingin melakukan ujaran kebencian serta penasaran terkait berita negatif yang sedang viral. Jadi kamu harus memperhatikan hal ini lebih teliti lagi karena pemasaran influencer dapat mempengaruhi produk dan penjualan nantinya.

5. Kualitas Konten dan Riwayat Kerjasama

Selanjutnya, tips memilih influencer yang tepat untuk bisnis yaitu memeriksa kualitas konten, jika influencer tersebut memiliki kuantitas upload konten dengan jeda waktu yang sering maka tidak menutup kemungkinan promosi yang kamu percayakan akan tertutup konten-konten yang over. Jadi, pilihlah influencer yang bijak memposting sesuatu dengan fair sehingga produk atau jasa yang kamu tawarkan dapat menjangkau konsumen yang diinginkan. 

Salah satu hal yang tidak boleh dilupakan oleh pemilik bisnis saat ingin mempercayakan produknya dipromosikan oleh influencer yaitu pastikan kerjasama yang dilakukannya selama ini memiliki riwayat yang baik. Sehingga tidak dapat diragukan lagi kualitasnya, lalu siapkan perjanjian hitam diatas putih dan dilengkapi materai untuk menghindari kerugian di masa mendatang meskipun influencer tersebut memiliki hubungan dekat denganmu.

Sekian informasi yang bisa kami rangkum tentang tips memilih influencer yang tepat untuk bisnis sehingga kamu bisa menjangkau konsumen sesuai target pasar dan mendapatkan impact positif dalam mendapatkan keuntungan penjualan. Semoga informasi kali ini dapat bermanfaat buat kamu dan sampai jumpa di artikel selanjutnya ya! 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *