Apa Arti PPDTA Dalam Bahasa Gaul? Ini Penjelasan Dari Singkatan Viral Ini!

Arti PPDTA Dalam Bahasa Gaul – Pernahkah kamu menggunakan bahasa gaul dalam berkomunikasi sehari-hari atau bahkan berkomunikasi di media sosial? Jika pernah, sudah berapa banyak bahasa gaul yang kamu gunakan dalam berkomunikasi. Pastinya banyak sekali ya karena memang bahasa gaul yang tersebar memiliki arti yang berbeda-beda bahkan ada juga bahasa gaul yang berasal dari singkatan kata.

Seiring berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi, bahasa gaul terkadang menjadi bahasa sehari-hari yang tanpa kita sadari selalu digunakan dalam berbicara dengan orang lain. Bahkan, saking banyaknya bahasa gaul membuat orang-orang masih sangat asing mendengar bahasa-bahasa yang seharusnya memiliki arti atau kepanjangan yang simple. 

Dalam media sosial seperti Tiktok, Facebook, Twitter, dan lain-lain bahasa gaul sangat sering digunakan oleh kaum milenial sebagai bahasa yang cukup dianggap keren sehingga bagi orang-orang yang kurang update terkait bahasa gaul akan merasa tertinggal serta bingung sebenarnya apa arti dari bahasa gaul yang dimaksud.

Seperti salah satu istilah yang akan kami bahas dalam artikel kali ini yaitu arti PPDTA dalam bahasa gaul. Belakangan ini banyak orang yang menggunakan bahasa PPDTA saat berkomunikasi dengan orang lain, namun sayangnya istilah ini masih banyak belum diketahui oleh masyarakat maupun warganet sehingga kata kunci untuk mencari arti kata ini cukup populer dan membuat kami tertarik untuk membahasnya lebih detail.

Jika kamu penasaran dengan arti kata PPDTA dalam bahasa gaul kekinian serta manfaatnya dalam menggunakan bahasa ini saat berkomunikasi, mungkin kamu sudah menunggu-nunggu artikel ini untuk mengetahui secara lengkap tentang istilah gaul satu ini agar tidak salah paham saat menggunakannya dan dapat memahami arti kata ini saat berkomunikasi. Berikut adalah ulasan lengkapnya dan kami harap dibaca sampai habis ya!

Arti PPDTA Dalam Bahasa Gaul

Arti PPDTA Dalam Bahasa Gaul

Saat mendengar maupun membaca istilah PPDTA memang agak terasa asing dan sulit mengejanya namun istilah  ini bisa dibilang cukup viral dan banyak orang serta warga net yang menggunakannya. Apakah kamu penasaran sebenarnya apa arti dari istilah ini?

Sebenarnya istilah ini merupakan singkatan dari kata Pura Pura Dak Tahu Aja atau pura pura tidak tahu saja. Istilah ini ini memiliki kedekatan dengan istilah seperti tidak peduli, mengabaikan, tidak ikut campur, dan sebagainya. 

Namun penggunaan istilah ini biasanya untuk menghargai dan menghormati lawan bicara kita agar obrolan menjadi lebih santai dan nyaman.

Misalnya, jika kamu dan orang lain sedang asyik berbicara namun ada sebuah kata yang sebenarnya bisa diabaikan tapi malah dibahas dan membuat perasaan tidak enak lawan bicara kamu karena kesalahan berbicara, kekeliruan kata, dan lain-lain.

Ketika hal tersebut menjadi sorotan, tentu saja orang yang sedang kita ajak berkomunikasi menjadi salah tingkah dan kaku karena merasa tidak percaya diri lagi untuk meneruskan obrolan. Jadi pura-pura gak tahu aja merupakan solusi serta pilihan terbaik dalam berkomunikasi.

Penggunaan PPDTA tidak diungkapkan secara gamblang namun menjadi istilah yang bisa digunakan dengan arti yang sama.

Bisa dibilang arti PPDTA dalam bahasa gaul memiliki makna yang positif karena penggunaannya untuk menghargai serta membuat sebuah obrolan atau pembicaraan menjadi lebih santai serta dapat membuat suasana menjadi lebih cair dan fleksibel.

Mungkin kamu pernah melakukan aktivitas PPDTA tanpa disadari karena ini merupakan kode etik dalam pergaulan dunia maya atau dunia nyata.

Setelah mengetahui arti PPDTA dalam bahasa gaul yang ternyata merupakan sebuah singkatan untuk menunjukkan rasa penghargaan kepada orang lain saat sedang melakukan obrolan dan pembicaraan.

Baca Juga:

Penggunaan Singkatan PPDTA Dalam Komunikasi

Berikutnya kami akan membahas tentang manfaat penggunaan kata ini dalam berkomunikasi sehingga kamu bisa menjadikan kata ini sebagai istilah baru dalam bahasa gaul:

1. Membuat Obrolan Menjadi Nyaman

Arti kata PPDTA ternyata sangat simpel dan mudah dipahami namun bagi orang yang belum terbiasa menggunakan istilah ini tentu masih terasa bingung karena bisa dibilang pura-pura tidak tahu bisa digunakan dalam konteks apapun sehingga tidak tahu harus menggunakan istilah ini kapan dan dimana.

Bagi kamu yang merasakan hal ini merupakan hal yang sangat wajar karena istilah  ini bisa berarti tidak peduli namun intinya bukan seperti itu.

Ketika menggunakan istilah ini biasanya seseorang hanya ingin membuat obrolan yang sedang berlangsung menjadi lebih nyaman dan tidak terganggu oleh hal-hal yang sifatnya tidak penting serta merusak suasana. Biasanya PPDTA diungkapkan dalam hati untuk menjawab rasa janggal saat ada kata-kata yang mungkin harus dikoreksi oleh pendengar.

Jadi, istilah ini sebenarnya bisa dibilang untuk mencari aman agar tidak ada salah paham nantinya. Pendengar maupun lawan bicara cara bisa lebih fokus kepada topik obrolan yang seru dan menyenangkan daripada harus membahas sesuatu yang mungkin akan membuat masalah.

2. Menjaga Perasaan Lawan Bicara

Selain membuat obrolan dengan lawan bicara menjadi lebih nyaman dan tidak kaku, arti kata ini bisa menjadi ungkapan untuk menjaga perasaan lawan bicara kamu agar tidak merasa tersinggung dan menganggap kamu tidak menghargainya.

Jika kamu sudah mengetahui karakter lawan bicara kamu biasanya pura-pura tidak tahu adalah langkah terbaik untuk menjaga perasaan lawan bicara agar obrolan tetap terjalin dengan lancar.

Pentingnya menjaga perasaan lawan bicara agar kamu tidak perlu mencari kesalahan serta membuat suasana menjadi tidak enak yang akan menyebabkan lawan bicara kamu berhenti berbicara.

Perlu kamu tahu bahwa fakta yang kamu dengar terkadang tidak sengaja diucapkan oleh orang yang sedang berbicara dengan kamu sehingga agar tidak membuat dia merasa malu dan salah tingkah lebih baik pura-pura tidak tahu saja.

Jika kamu masih nekat untuk membahas obrolan yang tidak sengaja dia ucapkan tersebut maka jangan salahkan jika obrolan akan menjadi di tidak enak dan terasa hambar karena suasananya tidak lagi seperti awal. Jangan heran jika suasana akan menjadi lebih canggung antara kamu dan lawan bicara kamu.

3. Menghindari Agar Tidak Ikut Campur

Selanjutnya arti kata PPTDA dalam bahasa gaul biasanya digunakan saat seseorang tidak ingin terlalu ikut campur dengan urusan orang lain karena hal tersebut akan memberikan dampak negatif bagi hubungan pertemanan ataupun percintaan. Langkah untuk pura-pura tidak tahu menjadi hal yang yang bisa digunakan sebagai kode etik pergaulan.

Bukan karena tidak peduli, tapi terkadang kepedulian kita bisa saja dianggap sebagai tindakan ikut campur jika situasi dan kondisinya tidak tepat. Oleh karena itu, untuk mencari aman dan menjaga hubungan agar selalu baik maka pura-pura tidak tahu aja merupakan solusi terbaik ketika merasa obrolan sudah ke arah yang lebih privat.

4. Ungkapan Telah Mengetahui yang Sebenarnya

Agar kamu tidak salah paham terkait istilah pura-pura tidak tahu aja, kata ini harus kamu imbangi dengan kepedulian dan mendengar secara seksama obrolan dari lawan bicara seolah-olah kamu mengerti dan menghargai apa yang dia ungkapkan. Selebihnya ketika obrolan tersebut sudah selesai maka lupakan dan pura-pura tidak mendengar dan mengetahuinya.

Jadi, ketika ada orang yang bertanya terkait obrolan yang sudah kamu dengar tadi maka kamu bisa mengatakan bahwa kamu pura-pura tidak tahu yang sebenarnya. Namun bagi orang yang mengerti gerak tubuh serta kata-kata tersebut tentunya sudah memahami makna yang tersembunyi bahwa sebenarnya kamu sudah mengetahui yang dia tanyakan namun tidak ingin membahasnya.

5. Menghindari Perasaan Kepo dan Menyalahkan Orang Lain

Terakhir, manfaat memahami dan menggunakan kata PPDTA yaitu menghindari perasaan kepo yang nantinya berujung pada gosip yang tentunya memiliki dampak negatif bagi dirimu dan lawan bicaramu sehingga pura-pura tidak tahu merupakan langkah yang tepat untuk menghindari rasa penasaran pada diri kamu.

Perlu kamu tahu bahwa membahas sesuatu yang tidak penting, tidak akan memberikan manfaat sekalipun kepadamu. Hal yang akan terjadi hanyalah menyalahkan dan menjustifikasi orang lain atas apa yang dilakukan sehingga pura-pura tidak tahu menjadi langkah terbaik untuk intropeksi diri sendiri serta tidak menganggap orang lain salah sepenuhnya.

Akhir kata, sekian artikel yang memuat informasi tentang apa arti PPDTA dalam bahasa gaul yang saat ini sering digunakan oleh orang-orang serta warganet di media sosial maupun dalam bahasa sehari-hari. Semoga pembahasan kali ini dapat bermanfaat  dan jangan lupa ya untuk update selalu artikel dari situs kami!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *