Apa Arti Semboyan Bhinneka Tunggal Ika? Ini Makna Kalimat Tersebut!

Saat sedang sekolah pasti kamu sering mendengar semboyan Bhinneka Tunggal Ika terkait dengan visi misi dari bangsa Indonesia dimana bangsa kita memiliki berbagai macam budaya serta adat istiadat yang tentunya harus memiliki pedoman agar dapat menyatukan perbedaan serta keanekaragaman yang ada. Namun, sebenarnya ada yang masih belum memahami apa arti semboyan Bhinneka Tunggal Ika.

Jika kamu sedang mencari sebenarnya apa sih arti dari semboyan tersebut, singkatnya arti semboyan Bhinneka Tunggal Ika yaitu berbeda-beda namun tetap satu jua. Arti ini memang bisa dibilang masih sangat umum dan banyak orang yang kurang memahami makna yang terkandung di dalam semboyan ini sebenarnya.

Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang makna, fungsi, dan contoh dari semboyan Bhinneka Tunggal Ika sehingga kamu dapat memahami dengan jelas mengenai semboyan ini. Kami harapkan kamu membacanya sampai habis ya karena sebagai bangsa Indonesia kita harus memahami pedoman ini untuk terus hidup rukun dan berdampingan.

Apa Arti Semboyan Bhinneka Tunggal Ika?

Apa Arti Semboyan Bhinneka Tunggal Ika

Seperti kita tahu, Bhinneka Tunggal Ika berasal dari bahasa Sansekerta dan merupakan semboyan dari bangsa Indonesia yang tertulis pada lambang burung Garuda tepatnya pada pita yang digenggam. Kata Bhinneka Tunggal Ika ternyata diambil dari sebuah kitab yang dinamakan kitab Sutasoma karangan Mpu Tantular. 

Dalam bahasa Jawa kuno kata Bhinneka memiliki arti yaitu “beranekaragam dan berbeda-beda”, kata Tunggal berarti adalah “satu” dan kata Ika artinya” itu”. Jika diartikan secara harfiah kata Bhinneka Tunggal Ika memiliki arti beraneka satu itu, yang berarti meskipun bangsa Indonesia memiliki perbedaan dan keanekaragaman dalam budaya, agama, serta adat istiadat namun bangsa Indonesia tetap menjadi satu kesatuan dan persatuan.

Arti kata semboyan ini biasanya menjadi gambaran persatuan serta kesatuan bangsa yang memiliki ras suku, kepercayaan, bahasa, dan lain-lain yang berbeda-beda namun harus tetap saling tolong-menolong dan bersatu agar menjadi bangsa yang kuat dan utuh. Jika kamu bertanya terkait fungsi dari Bhinneka Tunggal Ika, fungsinya yaitu itu sebagai landasan untuk persatuan dan kesatuan bangsa.

Peran semboyan negara ini menjadi pegangan yang diikuti oleh bangsa Indonesia untuk membentuk dan menanamkan kepada masyarakat agar menghargai adanya keberagaman serta perbedaan tanpa memicu konflik. Setiap masyarakat harus memahami bahwa semboyan ini memberi pengertian untuk memberikan rasa kepercayaan satu sama lain karena meskipun berbeda namun kita merupakan satu bangsa yang yang sama.

Bagaimana Implementasi dan Contoh dari Bhinneka Tunggal Ika?

Selanjutnya kita akan membahas tentang apa saja sih contoh dari semboyan Bhinneka Tunggal Ika yang ada pada bangsa Indonesia, berikut adalah berbagai hal yang harus kamu pahami terkait semboyan yang menjadi pegangan dari kerukunan bangsa serta sebagai pemersatu dalam perbedaan dan keanekaragaman yang ada:

  • Keberagaman Suku
  • Keberagaman Agama
  • Keberagaman Ras 
  • Keberagaman Antar Golongan
  • Keberagaman Etnis
  • Integrasi Nasional

Nah, itulah beberapa contoh dari semboyan Bhinneka Tunggal Ika di mana perbedaan tersebut memang nyata dan harus menjadi suatu hal yang dipertimbangkan setiap masyarakat untuk terus hidup berdampingan secara damai dan tentram.

Adanya perbedaan tidak harus dijadikan sebuah konflik dan masalah karena perbedaan adalah anugerah Tuhan yang harus dihargai dan dilestarikan sebagai kekayaan dan identitas bangsa. Berikut ini kami akan memberikan bagaimana implementasi dari semboyan Bhinneka Tunggal Ika yang harus dilakukan oleh warga negara Indonesia:

1. Toleransi Dalam Perbedaan

Toleransi merupakan sikap yang dijadikan pandangan untuk menciptakan rasa saling menghargai dan menghormati yang nantinya akan menimbulkan kerukunan serta menyuburkan rasa kepercayaan satu sama lain meskipun memiliki perbedaan agama, etnis, ras, dan masih banyak lagi.

Rasa toleransi saat ini selalu menjadi wacana yang diharapkan bisa menjadi kebiasaan masyarakat dan bangsa Indonesia agar selalu menghargai adanya keanekaragaman dan bisa hidup berdampingan.

2. Menerapkan Musyawarah

Musyawarah menjadi salah satu hal yang wajib dilakukan saat akan menentukan sesuatu hal yang sifatnya kepentingan bersama. Musyawarah memberikan kesatuan dalam kebersamaan untuk mencapai mufakat sehingga bisa memberikan solusi terbaik yang disepakati secara kompak tanpa ada rasa dendam satu sama lain.

Musyawarah harus dilakukan dengan orang-orang terkait sehingga bisa memberikan keputusan yang paling tepat, hal ini juga untuk menghindari adanya main hakim sendiri.

3. Perilaku Inklusif dan Sikap Pluralistik

Setelah kamu memahami arti semboyan Bhinneka Tunggal Ika, untuk mengimplementasikan semboyan tersebut seorang individu harus berperilaku inklusif dan memiliki sikap pluralistik di mana na dirinya sebagai seorang individu atau bagian dari kelompok masyarakat yang saling menghargai dan menjalin kerukunan di balik perbedaan.

Perilaku ini harus menjadi kebiasaan untuk tidak berkata dan mendiskriminasi perbedaan serta keanekaragaman bangsa.

Akhir Kata

Akhir kata, itulah artikel yang bisa kami sajikan tentang apa arti semboyan Bhinneka Tunggal Ika dan bagaimana mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari agar tercipta kedamaian serta kerukunan dalam hidup berdampingan. Semoga informasi ini dapat bermanfaat dan jangan lupa untuk selalu update artikel dari kami ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *