Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Tanpa Aplikasi

Tahukah kamu bahwa Badan Penyelenggara Jaminan Sosial atau BPJS saat ini ini telah menyediakan aplikasi serta website untuk memudahkan pengguna mengecek saldo ataupun fasilitas sosial secara online. Hal ini dilakukan agar pengguna tidak perlu datang langsung ke kantor BPJS untuk mengurus dan memastikan segala hal terkait urusan jaminan sosialnya.

Salah satu produk BPJS yang saat ini banyak dibicarakan oleh warganya dan masyarakat yaitu BPJS ketenagakerjaan, jadi jika kamu bekerja dalam sektor negeri maupun swasta akan memiliki jaminan sosial yang akan melindungi hak serta kewajiban kamu. Selain itu BPJS ketenagakerjaan digunakan untuk memberikan asuransi kepada para pekerja agar mendapatkan jaminan terutama bagi yang bekerja dalam sektor pekerjaan yang beresiko.

Sebagai seorang karyawan atau pegawai, hal ini sangatlah penting karena BPJS ketenagakerjaan akan memberikan rasa aman dari hal-hal yang tidak diinginkan kedepannya. Perlu kamu tahu bahwa resiko dalam pekerjaan akan memungkinkan seorang pekerja untuk mengalami kecelakaan kerja, pemutusan hak kerja, kematian saat bekerja, dan masih banyak lagi.

Oleh karena itu, BPJS ketenagakerjaan sangat dibutuhkan oleh para pekerja agar bisa mendapatkan hak keamanan dan perlindungan sosial secara utuh. Nah, ternyata setiap bulannya perusahaan atau seorang individu membayar premi layaknya asuransi sehingga kamu harus mengecek saldo BPJS ketenagakerjaan secara berkala. Berikut kami akan memberikan informasi tentang cara mengecek saldo BPJS ketenagakerjaan tanpa aplikasi.

Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Tanpa Aplikasi

Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Tanpa Aplikasi

Sebenarnya ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan tanpa aplikasi yaitu bisa melalui website, SMS, dan ATM. Cara-cara ini memungkinkan kamu untuk tidak datang langsung ke kantor BPJS karena tentu saja akan sangat merepotkan dan menguras waktu. 

Berikut adalah cara cek BPJS Ketenagakerjaan tanpa aplikasi dengan menggunakan website dari BPJS Ketenagakerjaan secara resmi:

  1. Langkah pertama yaitu membuka dan mengunjungi website resmi dari BPJSTKU atau kamu bisa klik link berikut Website BJSTKU
  2. Kemudian klik menu daftar pengguna dan buatlah akun pengguna baru
  3. Setelah itu pilihlah salah satu menu misalnya PU untuk penerima upah untuk pekerja yang sudah digaji, BPU untuk bukan penerima upah, dan PMI yaitu pekerja migran indonesia yang menerima upah di luar negeri
  4. Lalu isilah alamat email kamu dan klik kirim
  5. Silakan periksa inbox email kamu dan salinlah kode verifikasi yang sudah dikirimkan
  6. Jika sudah, lengkapi data diri kamu secara lengkap kemudian konfirmasi kata sandi
  7. Setelah mengirimkan data yang sudah kamu isi, lakukan login dengan alamat email serta password yang sudah kamu masukkan tadi
  8. Jika ada kolom untuk mengisi saya bukan robot maka centang dan lakukan petunjuknya
  9. Setelah masuk kedalam halaman BPJS Ketenagakerjaan maka klik menu lihat saldo JHT
  10. Selesai

Nah, itulah cara mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan tanpa menggunakan aplikasi sehingga kamu tidak perlu mendownload dan menghabiskan ruang di ponsel. Selain cara diatas, kamu bisa mengecek saldo melalui SMS dan ATM yang caranya juga tidak kalah mudah dan akan kami bahas sebagai berikut:

  1. Pertama kamu bisa menggunakan layanan SMS dengan dengan mengirimkan format seperti berikut DAFTAR(spasi)SALDO#nomor KTP#tanggal lahir (contoh: 25-11-2001)#no peserta BPJS Ketenagakerjaan#email bila ada
  2. Setelah kamu mengirimkan format tersebut silahkan kirimkan ke 2757
  3. Jika sudah terdaftar maka kamu bisa mengirim pesan untuk mengetahui dan mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan dengan format seperti berikut SALDO(spasi)nomor peserta kamu
  4. Dan kirimlah format untuk mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan tersebut ke nomor 2757
  5. Selesai

Cara Cek Saldo BPJS di Bank BRI

Selanjutnya kami akan memberikan tambahan informasi tentang cara mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan tanpa menggunakan aplikasi yaitu memanfaatkan ATM BRI. Jika kamu penasaran berikut adalah langkah-langkah yang bisa kamu ikuti:

  1. Pertama hal yang wajib yaitu kamu harus menjadi nasabah atau pemilik akun BRI mobile (BRIMO)
  2. Kemudian masukkan kartu  ATM kamu dan input PIN nya
  3. Lalu klik pilih transaksi lain dan pilih menu lainnya
  4. Kemudian pilih menu info dan klik Saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan
  5. Selesai

Akhir Kata

Itulah artikel yang bisa kami sajikan buat kamu terkait cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan tanpa aplikasi yang yang dijamin berhasil 100% sehingga kamu tidak perlu repot untuk mengunduh aplikasinya. Semoga artikel kali ini dapat membantu kamu dan jangan lupa untuk selalu update situs kami untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *