Apa Arti Kata Penghisap Darah Dalam KBBI? Ini Penjelasannya!

Kalian pasti sering mengucapkan kata penghisap darah atau bahkan mendengar kata penghisap darah baik itu di dunia nyata atau mendengar nya di dunia maya seperti twitter, instagram, facebook, youtube hingga televisi. Namun, tahukah kalian mengenai definisi tentang apa arti penghisap darah dalam kbbi atau kamus besar bahasa Indonesia? 

Kata-kata yang terdengar unik seperti ini akan terus dibahas oleh para netizen yang tidak pernah merasa bosan dalam mengungkapkan makna dan arti yang sebenarnya, seperti kata penghisap darah yang sekarang ini banyak diperbincangkan hingga menjadikan hal tersebut viral dan membuat para pengguna sosial media lainnya merasa penasaran. 

Penting bagi kalian untuk mengetahui makna dan arti sebenarnya agar kalian dapat paham dalam membaca kalimat yang mengandung kata tersebut. Tidak hanya itu, dengan mengetahui banyak kosa kata lain tentunya akan memudahkan kalian dalam berkomunikasi dan menyampaikan pendapat yang ingin kalian sampaikan kepada orang tersebut.

Teruntuk kalian yang penasaran dengan kata penghisap darah ini silahkan simak sampai akhir agar tidak tertinggal informasi penting nya. 

Arti Kata Penghisap Darah Menurut KBBI

Makna dan Arti Kata Penghisap Darah

Seperti yang kalian semua ketahui bahwa negara Indonesia memiliki bahasa nasional, yaitu bahasa Indonesia. Meskipun bahasa Indonesia ini digunakan sebagai bahasa sehari-hari, terkadang masih banyak kata yang terdengar asing dan kita sebagai warga negara Indonesia sendiri masih belum mengetahui makna ataupun artinya secara harfiah. 

Karena hal itu, kamus besar bahasa Indonesia (KBBI) hadir sebagai acuan berbahasa Indonesia yang baik dan benar yang telah disusun oleh lembaga yang sudah terakreditasi dan kompeten di bidang bahasa, yang tidak lain adalah Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa sebagai lembaga yang menyusun KBBI. 

Kemudian dilanjutkan oleh Balai Pustaka sebagai penerbit, serta dinaungi oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia. Dengan kata lain, kamus besar bahasa Indonesia (KBBI) ini memiliki hak paten dari pemerintah Republik Indonesia secara resmi. Nah, kembali ke pembahasan mengenai kata penghisap darah yang sedang populer sekarang ini.

Apakah kalian sudah tahu makna dan arti kata penghisap darah yang terdapat di KBBI? Jika belum mengetahui artinya simak penjelasan berikut demi menambah wawasan dan perbendaharaan kata mengenai arti penghisap darah. Penghisap darah berasal dari kata dasar hisap, arti dari kata penghisap darah dapat masuk ke dalam jenis kiasan sehingga penggunaan kata penghisap darah tidak masuk dalam arti yang sebenarnya.

Arti kata penghisap darah dalam kamus besar bahasa Indonesia (KBBI) adalah meng.i.sap darah [ki] menyuruh orang (buruh dsb) bekerja keras tetapi dengan upah yang kecil, mengambil bunga uang terlalu besar. 

Apapun maksud dari mengambil bunga uang terlampau besar dan menyuruh orang (buruh atau sebagainya) bekerja keras, tetapi dengan upah yang sangat kecil. Sedangkan makna lain kata penghisap darah yaitu:

  • Makan darah
  • Makan bunga
  • Berduka cita
  • Bersedih hati
  • Dan sebal hati

Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa arti penghisap darah adalah makan bunga, tetapi terdapat arti lain dari penghisap darah yaitu makan darah. Apakah setelah membaca makna dan arti penghisap darah kalian jadi tertarik untuk mencari dan mengetahui lebih banyak lagi arti kata lainnya dari KBBI? 

Selain kata ‘ penghisap darah’ mungkin kalian juga sedang mencari beberapa penjelasan kata-kata di bawah ini:

  • Darah – da.rah

Bakat, pembawaan

  • Mengisap bau kopi

Mencium bau kopi

  • Ambar darah

Benda yang mirip karet terapung di dalam air, warnanya merah

  • Banjir darah

Matinya orang dalam jumlah yang banyak, atau pertumpahan darah

  • Bagai menakik darah mati dari alu

( bagai menakik darah mati dari batu) 

Bekerja keras tetapi sedikit hasilnya, bagai menakik darah mati dari alu (bagai menakik darah mati dari batu) belut tanaman memanjang

  • Menghisap (mencarak) 

Terlalu banyak mengambil keuntungan dari orang lain ( menghisap darah) 

  • Beku darah

Menggumpalnya gumpalan darah untuk menghentikan pendarahan pada luka

Akhir Kata

Demikian informasi menarik tentang makna dan arti kata penghisap darah yang dapat kami sampaikan, kami harap informasi kali ini dapat menambah wawasan kamu dalam penggunaan bahasa yang baik dan benar. Jangan lupa tunggu update dari kami selanjutnya dan terimakasih sudah membaca sampai selesai!

Baca Juga:

3 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *