Apa Arti Kata Antusias Menurut KBBI? Ini Penjelasan Lengkapnya!

Apa Arti Kata Antusias Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia – Dari judul di atas, perkiraanmu memang tepat karena kita pada kesempatan kali ini akan membahas tentang apa arti kata antusias yang banyak dicari oleh netizen dan bagaimana penggunaan kata ini di kehidupan sehari-hari atau dalam komunikasi. Semakin banyak istilah serta kata baru yang masih asing di telinga kita namun sering digunakan oleh warganet atau orang lain saat berkomunikasi. 

Sebenarnya kata antusias bukanlah kata yang baru atau tidak termasuk dalam bahasa gaul namun masih banyak orang yang belum mengerti apa arti kata antusias dan kapan kita harus menggunakan kata ini. Arti kata antusias sering digunakan sebagai ekspresi perasaan yang menggebu-gebu terkait suatu hal. Biasanya antusias juga berkaitan dengan pencapaian serta harapan sehingga arti kata antusias dapat memiliki makna positif dan negatif. 

Bagi kamu yang sedang mencari arti kata dari antusias dan kapan kata ini bisa digunakan dalam pembicaraan serta percakapan, kamu sudah membaca artikel yang tepat karena kami akan membahas seputar antusias pada diri seorang individu dan sebenarnya makna apa yang terkandung dari kata antusias. Kami harap artikel kali ini kamu baca sampai habis ya karena akan bermanfaat untuk menambah wawasan dalam berbahasa.

Apa Arti Kata Antusias

Apa Arti Kata Antusias

Tahukah kamu bahwa acuan kita dalam mengartikan sebuah istilah atau kata dalam bahasa Indonesia yaitu Kamus Besar Bahasa Indonesia. Kamus besar bahasa Indonesia dapat kita akses secara cetak maupun online sehingga memudahkan pengguna yang ingin mencari istilah asing yang mungkin baru saja didengar. 

Termasuk dalam mengartikan kata antusias kita bisa menggunakan KBBI secara online yang mana arti kata antusias terdiri dari 4 suku kata yaitu an-tu-si-as. Antusias merupakan kata dasar sehingga dapat diberi imbuhan untuk menandakan bahwa kata tersebut bersifat aktif atau pasif. 

Antusias dalam KBBI diartikan sebagai rasa bergairah dan bersemangat, rasa gairah dan semangat ini muncul pada individu yang memiliki keinginan yang kuat serta tekad untuk mencapai suatu hal. Kata antusias biasanya digunakan untuk berkomunikasi dalam kehidupan formal maupun nonformal dan biasanya digunakan untuk menyebut seseorang yang sangat tertarik dengan suatu hal dan memperhatikannya secara serius.

Misalnya “kamu sangat antusias ya dengan perlombaan ini”, dari kalimat tersebut mungkin kamu sudah mendapatkan gambaran secara garis besar bahwa kata antusias biasanya digunakan untuk menunjukkan seseorang yang bergairah atau bersemangat mengikuti aktivitas atau menyukai sesuatu hal dengan tujuan tertentu misalnya untuk kemenangan.

Mungkin kita teringat bahwa arti kata antusias sangat dekat dengan arti kata ambisi, lalu apa perbedaan keduanya? Gampangnya bahwa kata ambisi lebih identik dengan keinginan keras untuk mencapai suatu hal yang diinginkan, sedangkan antusias lebih ke arah semangat serta termotivasi melakukan suatu hal terlepas dari hasil akhir. Ada beberapa alasan ketika orang antusias seperti menyukai hal tersebut (passion), terlihat menarik, tertantang, dan sebagainya.

Baca Juga:

Kapan Harus Menggunakan Kata Antusias dan Contoh Kata Antusias

Sebelumnya sudah kita singgung bahwa penggunaan kata antusias tidak bisa digunakan sembarangan karena akan menjadi rancu dan akan memiliki makna yang berbeda. Jadi sebenarnya kapan harus menggunakan kata antusias dan apa saja contoh kata antusias? Pertama kita akan menjawab sebenarnya kapan kata ini bisa digunakan yaitu saat kamu merasa semangat melakukan sesuatu dan tertantang untuk mengikuti hal tersebut.

Kata ini juga bisa disampaikan kepada orang lain yang terlihat bersemangat dan bergairah ketika menjalankan aktivitasnya seperti mengikuti lomba, pergi ke sebuah tempat, serta aktivitas lainnya. Untuk memberikan kamu penjelasan lebih detail lagi kami akan memberikan contoh kata antusias seperti berikut:

  • Ternyata kamu sangat antusias mengikuti mata kuliah ini ya
  • Mengapa kamu sangat antusias mengikuti lomba ini?
  • Saya merasa antusias ketika ada dalam komunitas seni
  • Kamu terlihat antusias ketika bertemu dengan orang itu
  • Saya sangat senang melihatmu antusias memenangkan pertandingan ini
  • Kamu tampak antusias berbicara bahasa Inggris dibandingkan bahasa daerah
  • Kamu sangat cocok mengikuti olahraga ini karena kamu terlihat antusias saat melakukannya
  • Dan masin banyak lagi

Jadi, itulah beberapa contoh kata antusias yang mungkin bisa kamu gunakan atau bisa dijadikan gambaran agar bisa menggunakan kata ini secara tepat. Intinya jika kamu melihat diri kamu atau orang lain terlihat bergairah atau bersemangat ketika melakukan sesuatu atau memikirkan sesuatu maka itu disebut antusias.

Akhir kata, demikianlah artikel yang dapat kami rangkum tentang apa arti kata antusias lengkap dengan penggunaan dan contohnya. Kami harap artikel kali ini dapat memberikan kamu inspirasi dan menambah wawasan dalam berbahasa Indonesia yang baik dan benar. Sampai jumpa di artikel kami selanjutnya yang akan selalu memberikan informasi terbaru!

3 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *